10 Tips Alami agar Anda Bisa Tidur Lebih Cepat


Sulit tidur bisa diatasi salah satunya dengan konsumsi obat tidur. Tetapi cara ini tidak direkomendasikan untuk jangka panjang. Beberapa metode alami bisa digunakan untuk mengatasi sulit tidur dan membuat Anda tidur cepat.

Dilansir dari Medical News Today, beberapa metode alami berikut bisa dipraktikkan untuk mengatasi sulit tidur dan membuat Anda tidur cepat.

1. Ciptakan Pola Tidur yang Konsisten

Pola tidur yang tidak teratur bisa mengganggu ritme sirkadian tubuh. Tidur pada waktu yang sama setiap malam bisa membantu jam tubuh memprediksi kapan harus tidur.

2. Matikan Lampu

Cahaya juga mempengaruhi ritme sirkadian yang membantu otak dan tubuh menilai malam hari untuk tidur. Dengan menjaga ruangan segelap mungkin saat tidur akan membantu Anda lebih mudah terlelap.

3. Hindari tidur siang di siang hari

Tidur siang di siang hari, terutama yang berlangsung lebih dari 2 jam, juga dapat mengganggu ritme sirkadian. Setelah kurang tidur pada malam hari, Anda mungkin akan tergoda untuk tidur siang yang lama. Tetapi, cobalah untuk menghindarinya karena dapat merusak siklus tidur yang sehat.

4. Berolahraga

Sebuah penelitian mengamati 305 orang berusia di atas 40 tahun dengan kesulitan tidur. Penelitian ini menemukan program olahraga dengan intensitas sedang atau tinggi dapat meningkat kualitas tidur.

5. Jangan Gunakan Ponsel Anda 

Saat tidur, jauhkanlah ponsel dari Anda. Ponsel memiliki cahaya yang bisa mempengaruhi ritme sirkadian, sehingga Anda sulit tidur.

6. Baca Buku

Membaca dapat membuat Anda rileks dan mencegah kecemasan yang bisa mengganggu tidur seseorang. Namun, ada baiknya menghindari buku yang menyebabkan respons emosional yang kuat.

7. Hindari Kafein

Kafein merupakan stimulan yang bisa merangsang Anda tetap terjaga dan bisa mengganggu pola tidur. Karenanya, hindari kafein setidaknya empat jam sebelum tidur. 

8. Meditasi

Meditasi bisa membantu mengurangi kecemasan yang sering mengganggu tidur. Sebuah penelitian pada orang dewasa dengan kesulitan tidur menemukan bila meditasi meningkatkan kualitas tidur dibandingkan mereka yang tidak melakukan meditasi.

9. Hitung Mundur

Salah satu metode lama untuk menginduksi tidur adalah menghitung mundur perlahan dari 100. Ada beberapa teori mengapa hal ini bisa berhasil, salah satunya adalah kebosanan dan bisa mengalihkan seseorang dari pikiran cemas.

10. Atur Suhu Ruangan

Aturlah suhu kamar Anda dengan suhu yang membuat Anda merasa nyaman. Meski suhu kenyamanan orang berbeda, namun National Sleep Foundation merekomendasikan suhu kamar sekitar 16-19 derajat Celcius untuk meningkatkan kualitas tidur.

Metode satu dengan yang lain akan bekerja secara berbeda untuk orang yang berbeda. Bila salah satu metode tidak berhasil untuk Anda, cobalah metode yang lainnya supaya Anda dapat cepat tidur.