10 Makanan yang Membantu Meringankan Sakit Perut

Share:

Sakit perut bisa terjadi sewaktu-waktu, dari karena lapar sampai karena tubuh kemasukan bakteri yang kemudian memicu sakit perut. Meski mungkin tergolong penyakit ringan, perut yang sakit tetap mengganggu karena Anda bisa tidak nyaman bekerja, sementara tubuh jadi tidak bisa optimal dalam beraktivitas. Apalagi kalau sakit yang terjadi juga campur melilit.

Biasanya, orang menggunakan balsem atau minyak tertentu untuk mengatasi sakit perut. Namun, Anda juga bisa mengonsumsi makanan-makanan yang bermanfaat dalam meringankan sakit perut yang Anda alami. Berikut ini di antaranya.

Jus wortel

Jus wortel dapat diminum sebagai sarana mengatasi sakit perut yang Anda derita. Buat jus dari wortel, dan tambahkan beberapa tangkai daun mint di dalamnya. Minuman segar itu berfungsi seperti obat, dan dapat membantu menenangkan sakit perut.

Makanan bertepung

Makanan bertepung, seperti nasi, bisa dimakan selama Anda mengalami sakit perut. Makanan semacam itu dapat menenangkan perut Anda dan memberi rasa nyaman.

Yoghurt

Yoghurt memiliki sifat probiotik yang menjadikannya sebagai salah satu makanan terbaik dan alami untuk mengatasi sakit perut. Selain dapat menyembuhkan rasa tidak nyaman pada perut, yoghurt juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Cuka sari apel

Campurkan satu sendok makan cuka sari apel ke dalam secangkir air hangat dan madu. Minuman ini akan melancarkan pencernaan, dan mengurangi kram serta gas dalam perut Anda.

Oat

Semangkuk gandum hangat dengan susu bisa membantu mengatasi sakit perut yang Anda derita. Oat mengandung serat yang baik dalam menyembuhkan sakit perut.

Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain, yang membantu memecah makanan yang dapat mengiritasi lambung. Kandungan enzim tersebut menjadikan pepaya sebagai makanan terbaik yang bisa dikonsumsi saat sakit perut.

Teh jahe

Teh jahe adalah obat alami dalam mengatasi sakit perut. Tidak hanya memberi efek menenangkan, teh jahe juga mampu membantu mengurangi rasa gelisah yang Anda rasakan akibat sakit perut.

Pisang

Tak jauh beda dengan pepaya, pisang juga dianggap makanan terbaik untuk sakit perut, selain membantu menyembuhkan diare. Pisang mengandung kalium dan elektrolit yang mampu memerangi dehidrasi pada tubuh.

Air kelapa

Air kelapa mengandung gula alami yang membantu memberikan kalori serta elektrolit. Kandungan kalium dalam air kelapa bahkan dapat mendetoks (membersihkan racun) perut.

Apel

Apel kaya serat larut, selain mengandung pektin dan enzim lain yang membantu memecah dan menyingkirkan partikel makanan dalam tubuh. Mengonsumsi satu apel per hari dapat menjauhkan Anda dari berbagai risiko penyakit, termasuk sakit perut.