10 Mainan Anak yang Ditarik dari Peredaran Karena Berbahaya (Bagian 2)

Share:

Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (10 Mainan Anak yang Ditarik dari Peredaran Karena Berbahaya - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Slime Ball Slinger

Anak laki-laki biasanya terkenal akan kenakalannya. Jadi, mainan yang biasanya dibeli dan dimainkan adalah mainan yang fungsinya memang untuk menjahili orang. Nah, ada sebuah mainan unik yang menggabungkan antara ketapel dengan bola slime. Mainan tersebut adalah Slime Ball Slinger.

Ketapel ini bisa melontarkan bola slime sejauh 9 meter. Jelas mainan ini akan membuat anak kecil jadi senang. Satu hal yang anak kecil tidak paham adalah, dengan ketapel tersebut, mereka bisa membuat seseorang mengalami cidera. Bola slime memang terlihat tidak berbahaya, tapi, bola slime bisa diganti dengan hal lain. Bagaimana jika batu yang digunakan?

Gilbert  U-238 Atomic Energy Lab

Di tahun 50an adalah era dimana banyak penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan. Menjadi ilmuwan, orang tua mana sih yang tidak mau anaknya menjadi seorang ilmuwan sukses? Beruntungnya, di tahun 1950, ada sebuah mainan yang dimana bisa membuat seorang anak merasa seperti seorang ilmuwan. Mainan itu adalah Gilbert U-238 Atomic Energy Lab.

Sungguh nama permainan yang keren ya? Mainan tersebut dibuat oleh A.C. Gilbert. Gilbert memiliki harapan bahwa mainan ciptaannya tersebut bisa laku keras di pasaran. Sayang, mainan ciptaannya tersebut dikategorikan sebagai salah satu mainan yang berbahaya. Mainan Gilbert U-238 Atomic Energy Lab ditengarai mengandung zat radioaktif, uranium.

Snacktime Cabbage Patch Doll

Di luar negeri sepertinya banyak dijual mainan-mainan yang unik. Salah satu mainan unik yang dijual adalah Cabbage Patch Dolls. Boneka ini merupakan boneka yang sangat populer pada tahun 80an. Setiap anak pasti ingin memiliki boneka unik ini. Keunikan boneka ini adalah, boneka ini bisa mengunyah apapun yang kita masukkan ke mulutnya.

Cabbage Patch Dolls memiliki mulut mekanikal yang dirancang untuk meniru mulut manusia ketika mengunyah makanan. Dan anak-anak dipersilahkan memasukkan makanan yang terbuat dari plastik ke dalam mulut sang boneka. Tapi, mulut boneka ini tidak bisa membedakan yang mana makanan, yang mana jari manusia. Mainan ini dibuat oleh perusahaan Mattel.

Hannah Montana Pop Star Card Game

Mainan anak yang dijual, terlebih dahulu harus melalui quality check. Selain memeriksa apakah mainan rusak atau tidak, quality check juga memeriksa apakah mainan yang dijual itu berbahaya atau tidak. Ada satu mainan yang kala itu lolos quality check yaitu Hannah Montana Pop Star Card Game. Padahal, setelah diteliti, mainan tersebut mengandung zat berbahaya yaitu arsenik.

Arsenik adalah salah satu racun paling berbahaya di dunia. Bisa mengakibatkan kematian apabila terkontaminasi. Oleh American Academy of Pediatrics, ada batasan tertentu dimana sebuah mainan tidak boleh mengandung zat berbahaya. Nah, Hannah Montana Pop Star Card Game ini dideteksi memiliki kandungan arsenik yang jauh melebihi batasan tersebut. Akhirnya, mainan tersebut ditarik dari pasaran.

CSI Fingerprint Examination Kit

Berlaku seperti polisi dan divisi yang berhubungan dengan polisi bukanlah hal yang baru lagi bagi anak-anak jaman sekarang. CSI Fingerprint Examination Kit adalah sebuah mainan yang membuat anak-anak bisa berlaku seperti seorang anggota polisi yang tengah menangangi sebuah kasus. 

Mainan ini dibuat karena terinspirasi oleh salah satu serial televisi yang tayang di channel CBS yaitu CSI: Crime Scene Investigation.

CSI Fingerprint Examination Kit membuat anak-anak bisa mencari sidik jari seseorang dengan bermodalkan bubuk khusus dan kuas. Seru ya jika dibayangkan? Tapi, bubuk yang digunakan dalam mainan ini diduga mengandung materi yang berbahaya. Materi berbahaya yang dimaksud adalah asbestos. Di tahun 2007, Asbestos Disease Awareness Organization memerintahkan untuk melarang mainan ini untuk dijual.