10 Mainan Anak yang Ditarik dari Peredaran Karena Berbahaya (Bagian 1)

Share:

Anak-anak identik dengan aktivitas bermain dan berbagai alat permainan. Karenanya, orang tua pun biasanya memanjakan anak-anak dengan berbagai mainan, dari mobil-mobilan, boneka, pistol mainan, dan aneka mainan lainnya. Tujuannya tentu untuk menyenangkan hati sang anak.

Sayangnya, di antara banyak mainan yang mengibur dan menyenangkan anak, ada pula mainan-mainan yang belakangan diketahui berbahaya untuk mereka. Karena latar belakang itu, mainan-mainan berbahaya itu pun lalu ditarik dari peredaran. Sepuluh mainan berikut ini di antaranya.

Sky Dancers

Apa yang bisa membuat anak perempuan tersenyum bahagia? Salah satu jawabannya adalah boneka Barbie. Ya, boneka Barbie adalah salah satu mainan yang sangat populer untuk anak perempuan. Selain Barbie, hal-hal yang berhubungan dengan boneka cantik dan semacamnya juga menarik dimainkan oleh anak perempuan. Salah satunya adalah Sky Dancers.

Sky Dancers adalah mainan yang sangat populer bagi anak perempuan di era 90an. Mainan boneka ini bila ditaruh di lantai, akan terlontar ke atas sembari berputar. Menarik bukan? Kelihatannya menarik, tapi ternyata tidak juga. 

Menurut beberapa laporan, tidak sedikit anak yang mengalami luka-luka akibat bermain Sky Dancers. Penyebabnya, Sky Dancers terlontar ke atas tanpa arah yang jelas dan dalam kecepatan yang lumayan. Alhasil, mainan ini dilarang edar di tahun 2000.

Aqua Leisure Baby Boat

Biar masih bayi, tetaplah mereka membutuhkan yang namanya hiburan berupa mainan. Tentunya sebagai orang tua harus berhati-hati dalam memilih mainan yang sekiranya aman untuk dimainkan oleh bayi. Ada 1 mainan yang memang sengaja diciptakan khusus untuk bayi. Mainan tersebut adalah Aqua Leisure Baby Boat.

Aqua Leisure Baby Boat merupakan semacam balon yang bisa dipakaikan pada anak agar bisa mengapung di permukaan kolam. Dikira aman, ternyata mainan ini memiliki satu masalah yang sangat fatal. 

Aqua Leisure Baby Boat memiliki bagian kaki yang mudah rusak. Bisa mengakibatkan kebocoran dan membuat bayi tenggelam. Setidaknya ada 30 kasus bayi tenggelam karena menggunakan mainan ini.

Pistol Mainan

Bukan mobil-mobilan melainkan pistol yang menjadi mainan favorit bagi anak laki-laki. Ya, aneh ya jika ada anak laki-laki main Barbie. Di Amerika, mainan pistol yang dijual di pasaran, dibuat semirip mungkin seperti pistol sungguhan. Tentu saja ini membuat orang bingung, mana yang pistol asli, mana yang palsu.

Kebingungan ini akhirnya menjadi mimpi buruk yang menjadi nyata. Di tahun 2014, seorang polisi di Cleveland, terpaksa menembak dan menewaskan seorang bocah laki-laki berumur 12 tahun. Bocah laki-laki tersebut terlihat sedang bermain-main dengan pistol yang ternyata hanya mainan. 

Pembelaan sang polisi, dirinya mengira bahwa anak tersebut sedang bermain dengan pistol sungguhan dan membahayakan nyawa warga sekitar. Akhirnya, di tahun 1989 muncul peraturan bahwa pistol mainan di bagian ujungnya harus diberi warna oranye untuk membedakan dengan pistol asli.

Polly Pockets

Barbie bukanlah satu-satunya mainan yang populer di kalangan anak perempuan. Masih ada banyak mainan lain yang memang sengaja dibuat untuk membuat anak perempuan bahagia. Salah satu mainan yang cukup populer di tahun 2000-an adalah maianan anak bernama Polly Pockets. Sayang, mainan ini umurnya tidak bisa bertahan lama.

Di tahun 2006, sang pembuat Polly Pockets yaitu Mattel, menarik ulang mainan produksinya sebanyak lebih dari 4 juta Polly Pockets. Kenapa? Karena banyak anak yang secara tidak sengaja menelan magnet yang terdapat pada Polly Pockets. Polly Pockets adalah boneka yang pakaiannya bisa diganti sesuka hati. Untuk membuat pakaian tersebut menempel, digunakannyalah magnet.

Banzai Body Bumpers

Adu badan dengan orang lain tentunya hal yang berbahaya. Bagaimana jika adu badan menggunakan pelindung semacam balon? Ya, mainan tersebut benar-benar ada dan dijual dengan bebas, diberi nama Banzai Body Bumpers. Mainan dijual dan hanya bisa dimainkan oleh anak kecil saja.

Meski digunakan layaknya peralatan pelindung, masih ada beberapa bagian tubuh yang tidak tertutup dengan balon seperti tangan, kaki, dan kepala. Jadi, jika anak kecil saling menabrakan badan, Banzai Body Bumpers hanya melindungi beberapa bagian tubuh saja. Bagian tubuh lainnya bisa mengalami cidera serius.

Baca lanjutannya: 10 Mainan Anak yang Ditarik dari Peredaran Karena Berbahaya (Bagian 2)