Tips Membeli Sepeda Murah dan Rekomendasinya


Dalam beberapa tahun terakhir, pamor dari sepeda semakin naik lantaran pandemi. Semua orang akhirnya membelinya untuk keperluan olahraga dan menjaga daya tahan tubuh. Sayangnya harga produk ini cukup mahal, sepeda murah jarang ada di pasaran.

Sebenarnya sepeda murah cukup mudah ditemukan di pasaran. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mencari tempat membeli yang tepat saja. Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan beberapa hal agar sepeda yang dibeli benar-benar sesuai kebutuhan.

Tips Membeli Sepeda Murah

Sebelum memutuskan untuk membeli sepeda murah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Dengan melakukan tips di bawah ini, sepeda yang dibeli akan sesuai dengan keinginan dan juga awet.

1. Lakukan Riset Pasar dan Harga

Harga murah untuk sepeda khususnya yang dipakai untuk dewasa tetap berada di angka Rp1 jutaan ke atas. Itulah kenapa Anda disarankan untuk melakukan riset pasar terlebih dahulu. Gunanya untuk mengetahui harga pasaran untuk merek-merek tertentu.

Riset ini juga bermanfaat untuk Anda yang ingin sekali mengecek merek apa yang sedang mengalami tren. Jadi, bisa memilih mana saja yang sekiranya cocok dan sesuai dengan bujet. Setelah melakukan riset coba daftar sekitar 3-5 sepeda.

Dari semua daftar sepeda itu, Anda bisa membuat penilaian sendiri mulai dari harga, fasilitas, sampai ke urusan warna. Sepeda yang paling mendekati keinginan bisa langsung dibeli.

2. Cari Tahu Kebutuhan Beli Sepeda

Anda membeli sepeda pasti ada alasannya, misal membeli sepeda untuk keperluan pergi ke tempat kerja. Selanjutnya, beli sepeda untuk berbelanja sampai melakukan olahraga. Kebutuhan yang Anda miliki ini akan menentukan jenis sepeda.

Kalau Anda menggunakan sepeda untuk olahraga, tentu jenis sepeda gunung bisa dipakai. Berbeda kalau menggunakan sepeda untuk kebutuhan ke pasar, pasti yang dibeli adalah sepeda mini yang memiliki keranjang di bagian depannya.

Kalau sepeda yang bisa dipakai ke kantor bisa sepeda gunung atau sepeda lipat. Tergantung dengan jarak dari rumah dan medan yang akan dilalui ya. Kalau medannya cukup sulit, tentu sepeda gunung lebih direkomendasikan.

3. Mengecek Ulasan dari Pengguna

Sebenarnya produk jenis apapun memiliki tipe pengguna yang beraneka ragam. Misal sepeda dengan merek tertentu cocok untuk kalangan penyuka olahraga. Bukan dipakai oleh mereka yang hobi untuk koleksi atau sekadar punya saja.

Untuk itu, coba cek dahulu bagaimana ulasan dari pengguna yang pernah membelinya. Komentar atau ulasan positif dan negatif bisa saja muncul, tapi Anda tidak boleh melihat satu saja. Baca banyak ulasan untuk membuat kesimpulan.

Misal kesimpulan yang Anda miliki saat ini adalah sepeda itu tidak begitu cocok. Bisa ganti ke merek lagi. Usahakan tidak mencari ulasan yang sempurna. Bagaimanapun pasti ada sisi miring dan kelebihan yang akan ditawarkan.

4. Membeli di Tempat yang Tepat

Wajib beli di tempat yang tepat baik itu toko online atau offline. Kalau beli di toko yang ada display-nya, coba cek banyak merek dan membandingkan. Bila perlu, Anda bisa bertanya dahulu ke sales terkait kelebihan produknya.

Kalau Anda memutuskan untuk beli secara online. Pilih juga platform yang memang sudah terpercaya. Tujuannya untuk menghindari tindakan penipuan yang sudah banyak terjadi. Apalagi Anda bayar dulu baru barang dikirim, kecuali ada COD.

Salah satu toko online yang cukup direkomendasikan adalah Bhinneka.com. Di sana Anda bisa beli sepeda atau produk apapun mulai elektronik, digital, sampai kesehatan. Toko ini adalah toko online pertama di Indonesia yang terjamin aman.

5. Memilih Lokasi Terdekat

Alasan untuk memilih lokasi paling dekat sebenarnya sederhana saja. Sepeda memiliki ukuran besar dan cukup berat. Kalau pengiriman dilakukan di toko agak jauh, ongkos kirim bisa saja lebih mahal dari sepeda yang dibeli itu.

Usahakan untuk cari yang terdekat saja. Dengan begitu, proses pengiriman bisa berjalan dengan cepat. Selain itu, risiko terjadi kerusakan juga cukup kecil.

Rekomendasi Sepeda Murah

Setelah mengetahui tips untuk membeli sepeda murah, sekarang saat untuk melihat rekomendasinya. Nah, untuk Anda yang baru hobi bersepeda, berikut daftarnya:

1. United Bike Detroit 1.0

Salah satu sepeda terbaik dengan harga cuma Rp1 jutaan saja. Sepeda ini memiliki roda dengan ukuran 27 inci dan cukup baik untuk menambahkan traksi.

Rem sudah cakram, bodi kokoh, dan cukup ramping. Cocok sekali untuk penggunaan harian atau berolahraga. Dengan Detroit 1.0, Anda bisa melesat cepat di jalanan.

2. Polygon Bikes Monarch 5

Sebagai salah satu merek terbaik di kelasnya, Polygon menghadirkan produk dengan kekuatan bodi dan keseimbangan yang sempurna.

Menaiki sepeda ini akan minim terjadi kecelakaan di jalanan. Monarch 5 ini dibanderol Rp4 jutaan.

3. Viva Cycle Morelli 560 V2.0

Rem cakram mekanik dan bodi kokoh menjadi andalan dari Morelli 560 ini. Dengan harga Rp1 jutaan, Anda masih bisa mendapatkan sepeda dengan kualitas cukup premium.

4. Polygon Bikes Monarch 2 Lady

Versi Monarch 2 memiliki warna yang cewek banget. Meski sepeda ini dibuat untuk semua kalangan, nama Lady yang disematkan memang ditujukan untuk wanita.

Keunggulan sepeda ini terletak pada rem yang sangat empuk. Perawatannya juga cukup mudah dilakukan.

5. Tabibitho Mischief 2.0

Meski hanya sejutaan, sepeda ini memiliki kualitas yang tinggi. Apalagi jenis dengan yang digunakan adalah cakram ganda. Terpenting dari semua, sepeda ini sangat menarik dari segi tampilan.

Merawat Sepeda Murah yang Tepat

Sepeda dengan harga cukup mahal dan sepeda dengan harga miring kemungkinan ada perbedaan dari segi bahan dan kualitas. Untuk itu, Anda harus melakukan perawatan ekstra untuk menghindari kerusakan. Berikut beberapa cara merawat sepeda agar awet.

1. Rutin Mencuci

Lakukan pencucian secara rutin setiap harinya atau saat dibutuhkan. Misal habis dipakai di jalanan kotor atau terkena hujan. Pencucian akan menghindari korosi dan mencegah noda menempel.

2. Mengecek Komponen secara Berkala

Cek semua komponen sepeda mulai dari pedal dan sadel. Pengecekan ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya bagian yang rusak atau tidak.

Selanjutnya pada roda dan bagian rem juga harus rajin diberi oli. Jadi tidak terlalu seret dan empuk saat digunakan.

3. Rutin Perawatan

Sebulan atau dua bulan sekali coba ke bengkel sepeda. Minta teknisi melakukan pengecekan rutin untuk mencegah kerusakan yang fatal.

Ternyata membeli sepeda murah tidak ribet dan bisa dilakukan langsung dari rumah. Apalagi tidak semua orang sempat keluar untuk berbelanja. Cukup dengan HP atau menggunakan PC, berbagai jenis produk bisa diboyong pulang dengan aman.

Kalau Anda saat ini sedang ingin membeli banyak perabot khususnya elektronik dalam jumlah banyak untuk bisnis, ada baiknya untuk menggunakan Bhinneka saja. Mengapa? Karena dengan menggunakan Bhinneka, proses order akan cepat dan terjamin aman.

Jadi, selain membeli sepeda murah aneka merek, Anda juga bisa beli berbagai peralatan. Bahkan, produk digital pun ada di Bhinneka. Pokoknya serba lengkap dan barang yang ingin dibeli bisa langsung dikirim sampai rumah atau kantor.