Tips Menemukan Perusahaan Internet Terbaik

Share:


Untuk sebagian besar bisnis dan bahkan rumah, akses internet dari internet service provider adalah hal yang sangat penting. Sebagian besar bisnis menggunakan akses internet untuk segala hal mulai dari komunikasi pelanggan (email, VOIP, dll) hingga pemrosesan kartu kredit. Tanpa akses internet, beberapa bisnis tidak dapat beroperasi. 

Selain kebutuhan bisnis,  banyak juga pengguna rumahan yang menggunakan internet sebagai sumber hiburan utama, apalagi di masa pandemi COVID-19. Hal ini disebabkan pertumbuhan layanan video streaming dan media social yang melonjak. Oleh sebab itu, Anda perlu menemukan perusahaan internet terbaik agar kebutuhan Anda akan internet tidak mengecewakan.

 Cara Mudah Temukan Internet Service Provider

1. Cek Ketersediaan

Mengecek ketersediaan layanan internet adalah faktor penentu ketika memilih provider. Sambungan kabel atau serat berkecepatan tinggi tidak akan berguna bagi bisnis Anda jika penyedia internet tidak melayani area Anda. Jadi, selalu cek ketersediaan internet pada provider yang menawarkan layanannya kepada Anda. 

2. Kecepatan

Jika kebutuhan internet murni untuk sebuah bisnis, maka Anda harus memastikan bahwa internet yang hadir memiliki kecepatan yang memadai untuk tidak mengganggu penggunaan sehari-hari.. Angka yang Anda lihat saat membandingkan kecepatan internet dengan penggunaan disebut "Bandwidth".

 Bandwidth hanyalah volume informasi per unit waktu yang dapat dipertahankan oleh media transmisi. Beberapa orang beruntung dan memiliki akses ke koneksi fiber dengan lebih dari 1000 Megabit (Mbps) per detik sementara beberapa bisnis terjebak pada koneksi DSL 3 hingga 6 Mbps. Jadi, selalu cek kecepatan akurat yang ditawarkan oleh perusahaan.

3. Biaya

Agar internet service provider masuk akal, maka Anda harus mengecek antara kecepatan dan harga. Misalnya, kecepatan internet per detik adalah 100Mbps namun biaya per bulannya hanya Rp 100.000, nampak tidak  masuk akal bukan?

Jadi, cari harga yang sekiranya wajar. Seperti kebanyakan aspek bisnis, Anda perlu mempertimbangkan pro dan kontranya.

4. Jenis Koneksi

Jenis koneksi memiliki pengaruh besar pada seberapa cepat internet “terasa”. Internet satelit terkenal karena terlihat "lambat", meskipun memiliki kecepatan unduh yang lumayan. Koneksi lain, seperti Fiber, menawarkan latensi yang jauh lebih rendah, seringkali di bawah 20 milidetik. Jadi, pilih mana yang sekiranya menarik untuk Anda.

5. Keandalan

Keandalan merupakan faktor terbesar, terutama bagi pelanggan bisnis. Memiliki internet yang tidak dapat diandalkan membuat stres dan kontraproduktif. Jika Anda berada dalam industri yang tidak dapat mengambil risiko gangguan layanan internet, sebaiknya pertimbangkan perusahaan menawarkan Perjanjian Tingkat Layanan atau Service Level Agreement (SLA).

 SLA adalah kontrak layanan yang secara khusus menyatakan seberapa bagus koneksi seharusnya. Layanan pelanggan berjalan seiring dengan keandalan internet. Terlepas dari seberapa bagus koneksinya, suatu hari mungkin akan terjadi kesalahan. 

Baik itu perangkat kera atau jalur yang rusak secara fisik, kemungkinan besar akan ada masalah suatu hari nanti. Layanan internet yang baik adalah seberapa cepat dapat membantu koneksi internet Anda kembali aktif dan berjalan. 

Nah, semua kebutuhan internet Anda akan terjawab dengan menggunakan Hypernet. Sebagai provider internet Bandung, Jakarta dan sekitarnya, Hypernet adalah internet service provider yang berkualitas dan tarif layanannya juga sangat ekonomis. Baik memilih layanan fiber optic,satelit, nirkabel, SD WAN dan sebagainya, Hypernet adalah solusi yang tepat untuk kebutuhan Anda.