Mengoleksi Gundam, Hobi Sekaligus Investasi

Mengoleksi Gundam, Hobi Sekaligus Investasi

Setiap orang memiliki hobi yang dia geluti di waktu senggangnya. Beberapa menghabiskan waktu kosongnya dengan menulis. Beberapa melakukan trekking dan naik gunung. Beberapa lagi mengidolakan budaya Jejepangan seperti Gundam.

Di waktu kecil, Gundam hanya dianggap sebagai mainan saja. Tidak lebih. Namun, semakin kesini, mengoleksi Gundam tidak bisa dianggap hanya sebagai kegiatan yang menyenangkan. Hal ini dikarenakan Gundam yang kamu koleksi bisa dijadikan sebagai instrumen investasi dan mendatangkan keuntungan.

Mengoleksi Gundam agak berbeda dengan mengoleksi action figure Jejepangan lainnya. Pada umumnya kamu membeli action figure dalam kondisi sudah dirakit, sudah dibentuk terlebih dahulu dan sudah diwarnai dengan begitu mencolok. Namun berbeda halnya saat kamu membeli Gundam. Ketika kamu membeli Gundam, maka yang akan kamu dapatkan adalah part-part kecil yang harus disusun dan dirakit terlebih dahulu. Terdengar merepotkan namun memberikan pengalaman yang unik bagi pemiliknya.

Mengoleksi Gundam bukan merupakan hobi yang murah. Harganya bisa mencapai puluhan juta untuk satu buah Gundam saja. Harga Gundam ini tergantung dengan versi Gundam apa yang kamu beli. Terdapat beberapa versi Gundam yang dijual di pasaran:

Super Deformed (SD)

Gundam jenis ini biasanya adalah Gundam yang memiliki tinggi sekitar 8 – 10 cm. Dengan tinggi seperti itu, Gundam jenis ini termasuk ke golongan Gundam yang kecil namun imut. Selain itu, karena bentuknya yang kecil, maka Gundam jenis Super Deformed cocok jika dijadikan pajangan di meja kantor atau bahkan gantungan kunci kamar atau mobil. Biasanya, harga Gundam jenis ini dijual di kisaran harga antara Rp 75 ribu – Rp 160 ribu.

High Grade (HG)

Gundam jenis High Grade adalah jenis Gundam yang paling banyak dijual dan beredar di pasaran saat ini. Gundam High Grade biasanya memiliki ketinggian sekitar 13 – 15 cm. Dalam komunitas pengoleksi Gundam, Gundam jenis high grade ini ini sangat cocok bagi yang masih pemula dan baru mau terjun dalam Gundam. Gundam jenis high grade biasanya dapat ditebus dengan harga berkisar antara Rp 120 ribu – Rp 400 ribu.

Perfect Grade (PG)

Perfect Grade adalah jenis Gundam terbaik dibandingkan versi lainnya yang dijual saat ini. Jika kamu membeli Gundam jenis Perfect Grade, kamu akan merasakan kesulitan yang berbeda kalau saat merakit Gundam jenis ini. Hal ini wajar mengingat Gundam perfect grade memiliki tampilan paling realistis hingga detil-detil terkecil. Gundam jenis Perfect Grade memiliki tinggi sekitar 30 cm dan biasanya ditawarkan dengan kisaran harga Rp 1.5 juta hingga Rp 3 juta.

Kegiatan mengoleksi Gundam memang mengasyikan. Merakit Gundam sampai menjadi bentuk utuhnya memberikan pengalaman berbeda buat pemiliknya. Sayangnya, cukup sulit mendapatkan dan mengoleksi beberapa jenis Gundam di Indonesia. Hal ini dikarenakan tidak banyak importir Gundam di Indonesia. Kesempatan terbaik adalah saat Gundam Expo atau acara Jejepangan lain yang biasanya diadakan secara reguler. Namun, jika kamu termasuk tipe orang yang tidak sabaran, membeli Gundam secara online adalah sebuah pilihan tepat. Ada banyak beberapa situs yang biasanya digunakan para kolektor Gundam yakni gundamplanet.com atau bahkan Ebay.

Membeli Gundam di situs-situs online seperti itu tentu memerlukan kegiatan remittance. Buat yang belum tahu, remittance artinya transfer valas ke luar negeri. Namun, kalau kamu tidak teliti, akan ada selisih nilai tukar yang akan membuat harga Gundam yang kamu beli menjadi lebih mahal. Di situasi ini, menggunakan digibank transfer valas bisa menghemat anggaran.

Ada beberapa alasan kenapa kamu bisa berhemat saat menggunakan digibank transfer valas. Yang pertama adalah digibank transfer valas menggratiskan biaya transaksi jika kamu mengirim sejumlah dana ke negara-negara seperti Hongkong, Australia, Kanada, Amerika, Singapura, Inggris, Hongkong, Italia, Prancis, Jerman, Belgia, Belanda. Ditambah dengan nilai tukar yang kompetitif, biaya transaksi yang akan dikenakan untuk setiap transaksi transfer valas mu akan semakin rendah.

Yang kedua adalah mudah digunakan. Melakukan transfer valas dengan digibank transfer valas memang mudah dan praktis. Yang perlu kamu lakukan hanyalah menginstall aplikasi Digibank by DBS di smartphone kamu. Setelah itu, kamu bisa memilih menu “transfer” lalu klik “transfer valas”. Di tampilan layar selanjutnya, kamu bisa isi detail nama penerima, negara tujuan transfer dan mata uang yang dituju. Yang terakhir, kamu tinggal masukkan jumlah dana yang akan transfer dan selesaikan transaksinya. Kamu jadi tidak perlu repot-repot keluar rumah cuma untuk transfer.

Yang ketiga adalah proses transfer yang cepat. Ini adalah salah satu fitur yang membedakan digibank transfer valas dengan proses remittance di bank-bank lain. Pasalnya, si penerima dapat menerima dana yang kamu transfer hari itu juga, dengan catatan, transaksi kamu lakukan sebelum melewati batas waktu tertentu. Sangat mudah dan praktis.

Kalau sudah begini, tidak ada lagi alasan untuk tidak menambah koleksi Gundam-mu, kan?