Fakta yang Belum Banyak Orang Ketahui Tentang Kunyit

Fakta yang Belum Banyak Orang Ketahui Tentang Kunyit

Kunyit, bahan yang digunakan sebagai pelengkap kari dan mustard, memiliki sejarah penggunaan hampir 4000 tahun lebih dari sekadar bumbu. Warna oranye dalam Kunyit telah digunakan sebagai pewarna, dan tradisi pengobatan Ayurvedic dan Cina menggunakan kunyit dalam perawatan. Kunyit juga telah mengadakan upacara keagamaan di India selama ribuan tahun.

Apakah kunyit aman?

Kunyit aman bagi kebanyakan orang ketika dikonsumsi dalam jumlah yang ditemukan dalam makanan. Tetapi kunyit dapat memiliki efek samping saat dikonsumsi dalam dosis besar. Beberapa suplemen mengandung hingga 500 miligram ekstrak kunyit, dan label mereka menganjurkan mengonsumsi empat kapsul per hari. Beberapa minuman kunyit kemasan mengklaim bahwa produk mereka merupakan salah satu cara mengatasi nyeri haid yang berlebihan. Mengkonsumsi kunyit dikatakan dapat mengurangi nyeri haid yang normal.

Kunyit dosis tinggi dapat menurunkan gula darah atau tekanan darah, yang berarti orang yang memakai diabetes atau obat tekanan darah harus berhati-hati saat mengonsumsi suplemen kunyit. Orang yang bersiap untuk operasi harus menghindari suplemen kunyit karena kunyit dapat meningkatkan risiko perdarahan. Kunyit juga dapat mengganggu cara hati memproses obat-obatan tertentu, jadi yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter sebelum mengambil kunyit dalam dosis besar bersamaan dengan pengobatan.

Pengencer darah dapat berinteraksi dengan kunyit dosis besar, seperti halnya obat yang mengurangi pembekuan darah. Orang mungkin mengalami pendarahan atau memar ketika menggabungkan kunyit dosis besar dengan aspirin, warfarin, obat anti-platelet dan NSAID, seperti ibuprofen. Kunyit juga meningkatkan efek pengencer darah dari obat herbal, termasuk cengkeh, bawang putih, jahe, ginseng, dan semanggi merah. Obat-obatan lain, seperti untuk mengurangi asam lambung dan diabetes, juga dapat memiliki efek yang dipengaruhi oleh suplemen kunyit.

Penelitian kecil telah dilakukan pada dosis kunyit yang berlebihan. Beberapa laporan medis tentang orang yang menggunakan kunyit dosis sangat tinggi menunjukkan bahwa hal itu dapat menyebabkan detak jantung yang berubah. Dosis kunyit yang berlebihan juga dapat menyebabkan delusi, demam ringan, sakit perut atau batu ginjal. Kunyit dapat memperburuk masalah kandung empedu atau memperburuk gejala asam lambung atau mulas. Kunyit dosis besar juga dapat memperburuk gejala radang sendi dan menyebabkan ruam kulit.