Mengapa Harus Memakai Sepatu Safety Saat Bekerja di Proyek Konstruksi?

Mengapa Harus Memakai Sepatu Safety Saat Bekerja di Proyek Konstruksi?

Apakah Anda bekerja di bidang konstruksi? Jika iya, maka harus memperhatikan berbagai perlengkapan safety saat bekerja supaya terlindungi dari hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi, bidang pekerjaan konstruksi ini sangat rentan terhadap hal-hal berbahaya. Mulai dari peralatan konstruksi yang berat, bangunan proyek yang tinggi dan belum100% jadi, sehingga harus melindungi seluruh bagian tubuhnya supaya aman. Pastikan perusahaan memberikan Anda perlengkapan diri yang sesuai standar SNI.

Nah, salah satu bagian yang perlu dilindungi oleh pekerja konstruksi adalah telapak kaki dengan bentuk perlengkapan diri berupa safety shoes. Mengapa harus safety shoes? Berikut ini alasannya.
Safety Shoes Melindungi Telapak Kaki dari Benda Tajam

Lingkungan kerja konstruksi penuh dengan berbagai peralatan berbahaya. Oleh karena itu, pekerja setidaknya harus melindungi telapak kakinya dengan sepatu safety. Sekali lagi, kecelakaan terhadap kaki ini adalah bentuk kecelakaan di tempat konstruksi yang sering terjadi. Sebab, kaki merupakan bagian luar dan pertama yang bersentuhan langsung dengan benda-benda asing.

Dengan kata lain, bagian kaki ini pula yang berpotensi mengalami kecelakaan. Misalnya, saat sedang berjalan di tempat konstruksi terdapat benda tajam. Nah, dengan adanya sepatu safety, maka kaki Anda akan terlindungi oleh benda-benda tajam dan proses kerja tidak terhambat.

Safety Shoes Melindungi Telapak Kaki dari Risiko Alat Berat yang Terjatuh

Yang namanya konstruksi, pasti kecelakaan adalah hal yang bisa saja terjadi jika tidak diperhitungkan dengan benar. Misalnya saja, saat membawa alat beat, secara tidak sengaja dan tiba-tiba alat tersebut terjatuh sehingga menimpa kaki Anda. Risiko sekecil itu mungkin terjadi. Namun, Anda bisa menghindarinya dengan memakai sepatu safety terbaik. Perlu Anda tahu, sepatu safety ini memiliki kemampuan untuk menahan beban yang menimpanya hingga 34 kg dari ketinggian 2.7 meter.

Sepatu Safety Nyaman Dipakai, Terutama Saat Bekerja

Alasan lain mengapa Anda harus memakai sepatu safety karena selain melindungi juga nyaman dipakai. Tentu saja, saat bekerja seseorang harus menggunakan perlengkapan dan pakaian yang nyaman supaya tidak mengganggu aktivitasnya. Ya, meskipun safety shoes ini mampu menahan beban hingga 34kg, namun perlengkapan konstruksi satu ini sangat nyaman digunakan. Yang perlu diperhatikan adalah ukuran sepatu yang dipilih dan digunakan haruslah pas. Pastikan safety shoes yang dipilih menutupi bagian mata kaki.

Tidak Memakai Sepatu Safety = Mendapatkan Sanksi

Rupanya, penggunaan sepatu safety murah ini tidak hanya kebutuhan saja, melainkan tuntutan dari OSHAS. OSHAS ini adalah singkatan dari Occupational Safety & Health Administration Standard. OSHAS merupakan standar yang harus diikuti oleh sejumlah perusahaan konstruksi yang bekerja dibawahnya dalam menjaga keselamatan para pekerjanya. Jadi, jika perusahaan konstruksi tempat Anda bekerja berada dibawah OSHAS, maka pemakaian sepatu safety ini akan sangat dianjurkan. Sebaliknya, apabila pekerjanya tidak memakai, maka perusahaan itu sendiri yang akan dikenai sanksi.

Safety Shoes Melindungi Kaki dari Kecelakaan Kerja Lainnya

Bentuk kecelakaan terhadap kaki saat bekerja di bidang konstruksi ini tidak hanya berupa kejatuhan benda-benda dari ketinggian tertentu saja, melainkan kecelakaan akibat terpeleset, terbakar, atau terjatuh. Hal ini karena bagian dari safety shoes terdapat besi yang berguna untuk melindungi kaki apabila terjadi kecelakaan seperti tertindas.

Lebih Percaya Diri Saat Bekerja

Mungkin, bagi beberapa pekerja dibidang konstruksi ini merasa tidak percaya diri atau khawatir saat bekerja, bagaimana kalau tiba-tiba ada benda yang jatuh menimpanya, bagaimana kalau ada paku tercecer dipermukaan tanah, dan bentuk kekhawatiran lainnya. Namun, kekhawatiran tersebut tidak akan Anda alami ketika menggunakan sepatu safety. Meski demikian, Anda tetap harus waspada setelah memakai safety shoes karena bentuk kecelakaan tidak hanya menimpa telapak kaki saja, melainkan bagian tubuh lainnya.

Krushers Texas Safety Shoes 216125 48 Brown

Salah satu varian safety shoes yang bisa Anda pilih adalah Krushers Texas. Produk ini dijual dengan harga Rp510.300. Untuk informasi detail produk selengkapnya, sila lihat di laman Sepatu Safety Bhinneka.

Bagaimana? Sudahkah Anda memiliki kelengkapan kerja berupa sepatu safety? Jika belum, dapatkan produknya hanya di Bhinneka.com ya!