Terobosan Project Morpheus dan Kelebihannya Dalam Teknologi

Terobosan Project Morpheus dan Kelebihannya Dalam Teknologi

Ada empat generasi dari console bagi mereka yang mengaku cinta terhadap video game dari seluruh dunia. Hal ini dimulai dari jenis generasi yang pertama hingga sampai saat ini dengan versi PlayStation 4 Pro. Namun dari deretan generasi terbaru ada jenis yang cukup menarik perhatian yaitu PlayStation Virtual Reality atau yang dikenal dengan istilah Project Morpheus.

Sejarah ini dimulai sejak 18 Maret 2014 yang mana pada saat itu Sony selaku vendor sekaligus pengembang mulai tertarik dengan minat dari para penggemarnya yang setia. Jadi mau tidak maupun mereka harus mengorbankan salah satu hal seperti PS Vita. Dan pada akhirnya Sony pun memutuskan tidak lagi merilis beragam game atau pengembangan lain yang dibuat PS Vita.

Mungkin adalah pecinta game PS dan ingin memiliki PS Virtual Reality hanya saja sedikit merasa galau antara iya mau beli atau tidak. Jika memang begitu, maka tanyakan kembali apakah Anda benar-benar membutuhkannya atau tidak. Lalu apa saja nilai lebih dan kurangnya bermain PS VR. Nah untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, yuk simak ulasannya di bawah ini:

Apa Sebenarnya PS VR Itu?

Sebelum menjawab beberapa pertanyaan tadi sebaiknya ulas terlebih dahulu ya apa itu PS VR. Jadi begini sebenarnya PS VR adalah perangkat eksklusif yang sengaja dirancang secara khusus untuk seri PS 4. Oleh sebab itu, perangkat ini kemudian dipercaya dalam menawarkan pengalaman cukup berbeda dari perangkat VR yang ada di smartphone.

Pengembang dari Sony pun mulai memperkenalkan produk Project Morpheus serta mulai menjelaskan spesifikasi, kelebihan, cara kerja dan beberapa hal lain yang menjadi bagian dari perangkat ini.

Di dalam penjelasan tersebut, pengembang memberitahukan jika perangkat PS VR mempunyai pandangan sebesar 110 derajat. Layar yang disematkan adalah layar berukuran 5,7 inci dengan kualitas gambar yang bagus beresolusi sebesar 1920x1080.

Bukan hanya itu saja perangkat ini juga didukung dengan gerakan 360 derajat, jenis audio yang berkualitas, gambar dan desain yang cocok bagi pengguna berkacamata serta beberapa gameplay terbaik dengan kenyamanan saat dimainkan.

Salah satu fitur  yang paling baik dari perangkat PS VR yaitu memiliki sifat laten cukup rendah. Laten di sini adalah jarak antara pemain saat beraksi dengan efek yang akan diberikan dari aksi. Apabila sifat laten yang diberikan rendah maka efek yang akan diberikan akan semakin bagus dibandingkan dengan jenis laten yang tinggi.

Selain itu, Project Morpheus juga mempunyai jenis framerate yang cukup tinggi. Hal ini tentunya sebanding dengan zaman sekarang dimana banyak animasi, film, video dan juga gambar yang bisa bergerak hanya dengan bantuan frame saja. Frame sendiri adalah gambar yang disajikan secara berurutan agar bisa menghasilkan sebuah animasi. Sedangkan untuk frame rate sendiri adalah kecepatan dari frame dalam bergerak.

Pada beberapa video game yang sebelumnya memang memakai jenis frame dengan rata-rata berkisar di 30 hingga 60 Hz. Frame rate ini tidak akan bekerja pada teknologi virtual reality sebab akan menjadikan mata semakin kurang nyaman. Project Morpheus sendiri telah memakai frame rate 120 yang mana berkisar 8 mili detik untuk satu frame.

Agar bisa selalu memberikan kenyamanan bagi para pengguna maka perangkat ini didukung dengan adanya mode PS move controller. Hal ini sangat diperlukan sebab PS VR akan menampilkan gambar pada layar dengan cara mode mirror dan juga layar terpisah.

Hal yang Dibutuhkan untuk Bermain PS VR

Ada hal yang cukup menarik dari Project Morpheus yaitu adanya fitur  “External Processing Unit”. Menurut Ram selaku pihak pengembang, hal ini bisa diibaratkan dengan seorang teman bagi PS generasi keempat. Dirinya juga memberi tambahan dimana PU tersebut akan semakin meningkatkan pengalaman saat Anda memainkan game.

PS VR tentunya bisa dimainkan dengan beberapa alat pendukung lainnya seperti PS4, headset, PS Move Controller, dan juga PU. Sedangkan penjualan beberapa alat pendukung ini untuk satu paket di Indonesia ditawarkan dengan harga yang beragam. Sedangkan untuk harga dari satu Project Morpheus itu sendiri dibanderol kisaran empat jutaan rupiah.

Kelebihan dan Kekurangan VR

Berdasarkan penjelasan yang ada di atas, maka sudah jelas jika PS VR ini tampil dengan console yang ketat dari segi pemakaian. PS VR ini sangat cocok bagi Anda yang tidak mau kerepotan untuk melakukan upgrade console dan juga tidak mau jika buang-buang dana. PS VR pada dasarnya bukan sebagai investasi sekali, namun menjadi salah satu perangkat yang tidak akan Anda temukan pada beberapa perangkat VR yang lainnya.

Keunggulan lainnya yang bisa Anda dapatkan dari Project Morpheus adalah adanya dukungan multiplayer. Kelebihan ini mungkin jarang ditemukan pada beberapa perangkat virtual reality lainnya. Jika ada kelebihan pasti akan ada kekurangan termasuk juga dengan perangkat satu ini.

Kelemahan dari PS VR sendiri adalah ada jenis game yang memang kurang cocok dimainkan dengan PS VR. Sebab bermain game menggunakan PS VR jauh teras lebih terkontrol dibandingkan dengan memakai VR lainnya. Meskipun begitu Anda tidak perlu merasa khawatir sebab PS VR menghadirkan game dengan jumlah yang cukup banyak setidaknya ada sekitar 50 judul game.

Itu dia adalah beberapa ulasan singkat dari Project Morpheus. Kini Anda tidak perlu merasa bingung lagi, jika memang membutuhkan PS VR maka segera beli dan miliki sebab ada banyak kelebihan yang akan Anda dapatkan. Selain itu Anda pun akan merasakan sensasi permainan yang berbeda dari biasanya.