5 Adegan Film Tersingkat Sekaligus Termahal

5 Adegan Film Tersingkat Sekaligus Termahal

BIBLIOTIKA - Mengapa sebuah film bisa membutuhkan biaya yang sangat besar? Karena membuat film tidak hanya melibatkan banyak orang, tapi juga teknologi. Sebagai gambaran mudah, film melibatkan sutradara, penulis skenario, penata lampu, sampai aktor dan aktris yang terlibat, dan beragam orang lain yang semuanya bekerja untuk film yang dibuat. Semua orang itu membutuhkan biaya masing-masing, yang tentu tidak sedikit.

Belum lagi jika di dalam film terdapat adegan-adegan sulit atau rumit, yang membutuhkan banyak sumber daya, maka biaya yang dibutuhkan pun semakin membengkak. Kadang-kadang, ada adegan dalam film yang sebenarnya durasinya sangat singkat, tapi proses pembuatannya amat sulit. Ketika hal itu terjadi, jutaan dolar dipakai untuk menghasilkan adegan tersebut.

Berikut ini adalah lima adegan film yang durasinya sangat singkat, namun membutuhkan biaya pembuatan yang sangat mahal.

Evakuasi warga kota – I Am Legend (2007)

Film yang dibintangi oleh Will Smith ini berkisah tentang dunia yang dilanda virus zombie yang mengerikan. Untuk menyelamatkan warga kota, mereka harus dievakuasi dari daerah yang terinfeksi.

Adegan film berdurasi 5 menit itu harus dikerjakan selama 6 hari lamanya, dengan melibatkan sebanyak 14 agensi pemerintah, 259 kru film, dan 1.000 orang cameo. Karena sangat banyak yang dilibatkan, dana yang dibutuhkan pun sangat banyak.
Adegan film itu menelan dana sebesar 5 juta dolar atau senilai 67 miliar rupiah.

Helikopter mengangkat bus – Swordfish (2001)

Film yang dirilis pada 2001 ini berkisah tentang pemberontak yang berusaha mencuri miliaran uang dari pemerintah Amerika Serikat. Salah satu adegan film yang dibintangi oleh Helle Berry dan John Travolta tersebut menelan dana yang sangat fantastis, padahal adegan film tersebut sangat singkat, yaitu adegan helikopter yang mengangkat sebuah bus.

Adegan itu membutuhkan dana sekitar 13 juta dolar Amerika atau setara 170 miliar rupiah. Pengambilan gambarnya hanya dilakukan menggunakan green screen dan crane biasa. Sementara proses editing menggunakan SID, dan itulah yang membuat adegan ini menjadi sangat sangat mahal.

Kembalinya Superman ke Krypton – Superman Return (2006)

Superman Returns menempati posisi ke-27 sebagai film termahal. Tapi ternyata hanya salah satu adegan film yang menelan dana sangat besar, mencapai 10 juta dolar Amerika atau setara 130 miliar rupiah. Adegan tersebut adalah kembalinya Superman ke Planet Krypton, yang hanya berdurasi 5 menit.

Dalam adegan tersebut, Superman menaiki sebuah pesawat yang berbentuk seperti bintang. Sayangnya, adegan ini tidak ditayangkan di bioskop, dan hanya muncul dalam versi blu-ray.

Ledakan – Pearl Harbor (2001)

Hanya untuk adegan selama 12 detik saja, dana yang dibutuhkan sebanyak 5,5 juta dolar Amerika atau setara 75 miliar rupiah. Nilai yang fantastis untuk adegan 12 detik dalam film.

Pearl Harbor memang film yang kental adegan peperangan, sehingga membuat adegan ledakan menjadi hal biasa di film ini. Ledakan yang paling dahsyat membutuhkan 12 tim kamera, 600 meter kabel, 700 dinamit, dan 4.000 galon bensin. Selain mahal, adegan singkat ini juga dikerjakan dengan waktu yang lama, mencapai satu bulan pengerjaan. Sekali lagi, itu hanya untuk adegan 12 detik!

Pertarungan Neo dan Smith – The Matrix Reloaded (2003)

Salah satu adegan film ini adalah pertarungan Neo dan Smitsh, beserta kloning mereka. Adegan tersebut berlangsung selama 17 menit. Tetapi, hanya untuk adegan selama 17 menit itu, dana yang dibutuhkan sebesar 40 juta dolar Amerika atau sekitar 540 miliar rupiah.

Jumlah itu merupakan 40% dari budget film keseluruhan. Berbagai macam efek SID membuat adegan ini menjadi sangat mahal, dan dikerjakan dalam waktu yang cukup lama, yaitu 27 hari pengerjaan. Sayangnya, film yang dibintangi Keanu Reeves ini dianggap tidak sebaik seri pertamanya.