Kiat Efektif Memaksimalkan Waktu untuk Pekerjaan

Kiat Efektif Memaksimalkan Waktu untuk Pekerjaan

BIBLIOTIKA - Banyak orang yang mengeluhkan waktu. Keluhan yang muncul rata-rata seragam, bahwa durasi 24 jam dalam sehari semalam rasanya tidak cukup. Pekerjaan yang datang terus bertumpuk, sementara waktu yang tersedia terus terbatas. Jika saja bisa, banyak orang ingin waktu sehari semalam bisa lebih dari 24 jam. Tujuannya, tentu saja, agar dapat lebih banyak menyelesaikan pekerjaan.

Apakah Anda juga merasakan hal yang sama? Anda berangkat ke kantor atau tempat kerja pagi hari. Seharian mengurusi banyak hal, berinteraksi dengan rekan kerja, membaca e-mail penting yang datang, atau sesekali membuka internet untuk suatu keperluan. Lalu, tiba-tiba saja sudah sore, dan Anda berpikir waktu cepat sekali berjalan. Jam kerja sudah habis, sementara pekerjaan masih menumpuk.

Nah, untuk mengatasi masalah semacam itu, ada resep yang bisa Anda coba. Dimulai dengan mengenali alasan utama Anda tetap kehabisan waktu, karena tidak memperlakukan jam-jam dan menit-menit itu sebagai sumber daya yang berharga sebagaimana seharusnya. Jika kita menghabiskan makanan seperti kita menyia-nyiakan waktu, kita semua akan mengalami gizi buruk.

Ini merupakan langkah dan kiat untuk berhenti membuang waktu Anda:

Tutup email Anda

Jangan hanya menutup program ini di laptop Anda, tetapi juga di telepon seluler, iPad, atau apapun peralatan elektronik yang berada dalam jarak pendengaran Anda. Bukan ide yang baik untuk membuat diri Anda dikepung dengan berbagai hal yang dapat menganggu Anda. Sebagai gantinya, tetapkan waktu untuk mengecek email dua atau tiga kali sehari.

Dan ingat aturan "satu dan selesaikan" yang diterapkan pada sebagian besar pesan email: selesaikan saat itu juga, jangan menyimpannya untuk lain waktu, dan sering-seringlah menghapus email.

Kurangi rapat

Sekadar mengingat rapat saja sudah cukup untuk memicu bayangan mengerikan tentang betapa banyak waktu yang terbuang tak terhingga. Karenanya, Anda bisa mengingat dua hal berikut.

Pertama, jangan lagi datang ke suatu rapat sekadar karena berpikir Anda harus berada di sana. Anda harus pasti: apakah harus datang atau tidak. Jangan pernah punya keraguan terhadap hal ini.

Dan kedua, untuk rapat-rapat yang Anda harus datang, coba untuk menjadwalkannya secara berurutan antara satu dengan lainnya, luangkan waktu di akhir rapat untuk mencatat dengan cepat beberapa hal penting.

Manfaatkan waktu luang

Di pesawat, misalnya, gunakan waktu untuk mengerjakan sesuatu yang tidak diburu-buru. Isolasi yang dipaksa untuk periode waktu tertentu di dalam pesawat, melepaskan tekanan untuk memahami sesuatu dengan sangat cepat, dan itu juga saat yang hampir bebas dari gangguan. Tekanan berkurang, kecermatan bertambah.

Tetapkan tenggat waktu yang keras tetapi realistis. Pekerjaan harian memang sering membuat kita tak bisa efisien. Ada pasang surut dari berbagai proyek, dan jelas Anda tidak dapat mengendalikan orang-orang yang ada di sekeliling Anda.

Tetapi, Anda dapat mencoba untuk lebih dapat mengendalikan diri Anda sendiri, dan bagaimana Anda melakukan pekerjaan Anda. Ketika Anda menyelesaikan satu tugas, beralihlah ke tugas lainnya.

Atau, jika Anda merasa mentok terkait satu proyek, beralihlah ke proyek selanjutnya, dan kembali lagi jika Anda sudah merasa lebih segar. Coba untuk merangkum hari itu untuk memudahkan Anda meneruskannya pada esok hari.

Berkaca diri

Pada akhir setiap bulan, bersikaplah tenang, periksalah kalender Anda, dan bagaimana Anda menghabiskan waktu selama empat pekan yang berharga. Apakah Anda bangga dengan penggunaan waktu Anda?

Apakah Anda memperoleh keuntungan besar dari investasi yang Anda pilih? Apakah Anda mengikuti saran untuk berhenti membuang waktu? Seringkali, niat terbaik tidak cukup untuk mengubah kebiasaan lama. Jika Anda sungguh-sunggu mengenai ini, pantau seberapa baik Anda melakukannya.

Ini merupakan salah satu cara untuk menyelesaikan sesuatu. Jangan hanya mengatakan Anda akan berhenti membuang waktu, atau berasumsi begitu, tetapi cek dan pastikan. Siap? Cek jadwal Anda saat ini juga, satu bulan dari hari ini.

Menghentikan diri Anda dari membuang waktu bukan hal yang mudah dilakukan.
Seperti banyak hal yang penting dalam hidup, menghentikan diri Anda untuk membuang waktu bukan hal yang terlalu rumit. Ini merupakan kombinasi dari apa yang seharusnya menjadi nalar wajar tetapi kadang tidak, dan dosis yang sehat dari disiplin pribadi.

Tak ada yang lebih rumit dari itu, yang artinya tidak ada alasan mengapa Anda tidak dapat mewujudkannya. Nah sekarang, apa yang akan Anda lakukan dengan seluruh waktu tambahan itu?

Baca juga: Tips Aman Bersepeda ke Tempat Kerja