Langkah Mudah dalam Mengobati Luka Lecet Buah Hati

Langkah Mudah dalam Mengobati Luka Lecet Buah Hati

Memang ada kalanya kecerobohan membuat seseorang terjatuh dan juga terluka, apalagi untuk anak-anak yang pada dasarnya keseimbangan tubuhnya masih terbilang kurang dibandingkan dengan orang dewasa. Sehingga para ibu di rumah harus selalu sedia kotak P3K sebagai langkah pertolongan buah hati. Pertolongan pertama pada luka ini memiliki banyak sekali manfaat, diantaranya untuk mencegah terjadinya pendarahan dan juga mencegah kemungkinan infeksi bakteri.

Untuk luka ringan seperti diantaranya adalah lecet atau tergores saja, maka bisa dilakukan pengobatan sendiri dengan mudah, berikut ini diantara caranya, yaitu:

  1. Bersihkan terlebih dahulu bagian yang luka tersebut dari kotoran, sangat dianjurkan untuk membersihkan luka dengan memakai alkohol, karena secara efektif alkohol tersebut dapat membuat luka lebih steril dan juga terbebas dari resiko infeksi bakteri.
  2. Oleskan antibiotik pada bagian yang terluka, setelah luka dirasa sudah cukup bersih, maka sebaiknya obati terlebih dahulu memakai antibiotik, ini bekerja untuk mencegah terjadinya peradangan dan juga infeksi, sehingga nantinya luka akan menjadi lebih cepat sembuh.
  3. Tutup luka dengan menggunakan kain kasa yang lembut, ataupun untuk jenis luka yang tidak terlalu parah, seperti hanya goresan kecil saja, maka akan jauh lebih praktis bagi Anda adalah dengan menutupnya memakai sebuah plester luka. Produk yang satu ini banyak dijual di pasaran dengan harga yang terbilang murah, juga sangat praktis pemakaiannya.
  4. Pastikan untuk rajin-rajin dalam mengganti plester tersebut, karena penutup luka seperti ini juga memiliki resiko untuk menyebarkan kuman atau bakteri, bahkan menjadi faktor penyebab terjadinya infeksi yang kian parah. Untuk itu sebaiknya dilakukan penggantian 2 atau 3 kali sehari.

Sekarang ini banyak sekali tersedia plester luka praktis yang bisa dengan mudah dibawa kemana-mana untuk mengatasi masalah Anda. Apalagi bagi para orang tua yang memiliki anak kecil, pastinya akan sangat membutuhkannya sebagai bentuk pertolongan pertama merawat luka lecet mereka. Pilih yang benar-benar bagus dari merk-merk ternama, beli produk dengan tampilan yang lucu juga untuk anak-anak agar tak enggan memakainya.