Perubahan Mencengangkan yang Akan Terjadi di Masa Depan

Perubahan Mencengangkan yang Akan Terjadi di Masa Depan

BIBLIOTIKA - Jika kita telah cukup besar pada era 1990-an, kita tentu masih ingat banyak hal di masa itu yang kini telah banyak berubah. Di masa 1990-an, telepon adalah barang mewah yang tidak setiap orang memiliki, sehingga orang-orang yang butuh berkomunikasi jarak jauh harus masuk ke telepon umum yang waktu itu banyak berdiri di pinggir-pinggir jalan. Sekarang, telepon telah jauh lebih canggih, karena tanpa kabel, dan setiap orang memiliki.

Masuknya internet secara besar-besaran juga terjadi pada era 1990-an, khususnya di Indonesia. Pada awal-awal kemunculannya, tidak setiap orang bisa mengakses internet di rumah, sehingga harus ke warnet. Kini, setiap orang bisa mengakses internet dengan mudah, hanya dengan ponsel pintar.

Dua hal itu hanya sedikit dari banyak hal lain yang telah berubah, padahal tahun 1990-an bisa dibilang baru kemarin. Bisakah kita membayangkan apa yang akan terjadi sepuluh, dua puluh, atau bahkan lima puluh tahun mendatang? Pasti akan ada perubahan besar-besaran dalam kehidupan manusia, sebagaimana berubahnya kehidupan kita dari tahun 1990-an ke 2000-an.

Ray Kurzweil, seorang ilmuwan sekaligus pengamat futuristik, telah membuat prediksi mengenai perubahan apa saja yang akan terjadi di masa depan, lengkap dengan perkiraan waktunya. Menurutnya, akan muncul perubahan besar-besaran yang dimulai pada tahun 2027.

Apa yang membuatnya begitu yakin?

Ray Kurzweil adalah seorang penemu, futurolog, dan penulis. Dia juga dipekerjakan oleh Google untuk "mengerjakan proyek-proyek baru Google yang melibatkan pembelajaran mesin dan pemrosesan bahasa." Ray terkenal dengan prediksi ilmiahnya, dan beberapa diantaranya telah menjadi kenyataan.

Misalnya, dia memprediksi bahwa Uni Soviet bakal bubar. Contoh lainnya adalah prediksi kemenangan komputer dalam permainan catur melawan pemain catur terbaik di dunia. Lalu hadirnya asisten digital (seperti Siri dan Alexa), serta terciptanya teknologi VR (Virtual Reality) dan AR (Augmented Reality).

Beberapa prediksi lain juga akan terjadi di sepanjang abad ke-21 ini, tampaknya ada sesuatu yang tak terduga sedang menunggu kita. Mungkin hal-hal yang selama ini hanya kita bisa lihat di film-film fiksi ilmiah akan segera menjadi kenyataan.

Memang prediksi ini tidak 100% pasti akan terjadi, namun para peneliti mengatakan kemungkinan 86% dari hal-hal di bawah ini akan benar-benar terjadi. Ayo kita bahas dari tahun yang terdekat dulu.

2019

Umat manusia dapat menaklukkan segala penyakit yang telah membunuh 95% orang di dunia. Proses penuaan akan bisa diperlambat atau bahkan bisa dibalik (umur bisa ditambah).

2020

Komputer akan terus menjadi lebih kecil, dan bentuknya juga akan berubah. Misalnya, komputer akan menjadi bagian dari pakaian kita. Lalu akan ada "Pemerintah Dunia Baru" yang akan mewakili seluruh umat manusia.

Mulai tahun 2020, juga muncul "Human Bodies 2.0," mereka akan berbasis teknologi nano. Kampanye periklanan akan disiarkan secara terpisah ke setiap orang melalui saluran audio.

2025

Pesawat terbang dan mobil tanpa awak serta berbagai kendaraan akan bisa dikendalikan 100% oleh komputer. Ini akan menjadi tahun perdana di mana nano-teknologi bisa membantu kita memahami bagaimana otak manusia bekerja.

2027

Model komputer tertentu bisa dipasang langsung ke bagian otak manusia. Pada akhir 2020-an, teknologi AI (Artificial Intelligence) atau "Kecerdasan Buatan" akan semakin sempurna. Bahkan kualitasnya bisa sebanding dengan otak manusia, baik dari segi kapasitas hingga kompleksitasnya.

2029

Artificial Intelligence atau "Kecerdasan Buatan" akan mampu melewati Tes Turing, yang akan membuktikan kemampuannya berpikir seperti manusia. Pada akhir tahun 2020-an juga, teknologi VR (Virtual Reality) akan mencapai definisi tinggi, sehingga akan sulit membedakan yang mana kenyataan fisik dan yang mana khayalan.

Nano-machines akan banyak digunakan dalam dunia pengobatan. Produksi teknologi nano akan sangat sering, sehingga secara radikal akan mengubah perekonomian dunia. Nano-robots akan mampu menembus sel untuk memberi makan mereka, serta juga bisa membuang limbah, sehingga proses/cara makan konvensional (menyendok-menyuap-mengunyah-menelan) tidak diperlukan lagi.

2030

"Upload" pikiran akan menjadi mungkin. Orang akan bisa hidup di internet, memproyeksikan tubuh mereka, baik secara fisik maupun virtual. Peralatan VR akan hilang. Nano-machines akan ditanamkan di dalam otak, berinteraksi langsung dengan sel otak. Nano-machines dalam otak manusia akan membantu meningkatkan kemampuan kognitif dan sensorik, termasuk memori (ingatan).

Orang-orang akan dapat terhubung secara telepati satu sama lain, melalui jaringan nirkabel. Ini bisa saja akan mengubah kepribadian dan cara berinteraksi manusia. "Human Bodies 3.0" akan muncul, dan mereka akan memiliki bentuk yang lebih spesifik. Manusia akan mampu mengubah/mengganti bagian tubuh eksterior mereka dengan apa pun dan kapan pun mereka suka.

2040

Non-bio intelligence akan melampaui kemampuan bio-intelligence hingga miliaran kali. Teknologi akan "mendikte" manusia. Orang akan menghabiskan sebagian besar waktu mereka dalam kenyataan maya (khayalan semu). Ingat film Matrix? Semacam itulah contohnya. Nano-robots akan banyak digunakan untuk menciptakan bentuk dan permukaan apapun.

2045

Manusia yang di-"upgraded" dan di-"uploaded" adalah hal yang normal pada masa ini. Komputer bisa miliaran kali lebih cerdas daripada manusia-manusia di Bumi.

Keistimewaan/kepopuleran teknologi akan terasa. "Kecerdasan Buatan" akan melebihi kemampuan manusia, dan akan menjadi bentuk kehidupan paling cerdas di Bumi. Hal ini akan mengubah sejarah kehidupan manusia selamanya. Kepunahan umat manusia mungkin saja terjadi; tidak akan ada banyak perbedaan antara manusia dan mesin.

2045-2099

Bumi akan berubah menjadi layaknya satu komputer raksasa. Orang-orang yang ingin menjaga agar kehidupan mereka tetap alami akan tinggal di zona reservasi khusus. Manusia tak akan lagi dibatasi oleh kecepatan cahaya.

"Kecerdasan Buatan" akan memperluas pengaruhnya ke luar batas Bumi menuju seluruh planet di tata surya, dan mungkin akan sampai ke galaksi lain. Bintang, planet, dan meteor akan diubah menjadi materi terstruktur yang dapat mempertahankan kehidupan. Pada tahun 2099, mesin akan mampu membangun suatu komputer besar seukuran planet.

Baca juga: Teknologi Mampu Mengubah Mustahil Menjadi Mungkin