Fakta-fakta Mencengangkan Seputar Sultan Brunei

Fakta-fakta Mencengangkan Seputar Sultan Brunei

BIBLIOTIKA - Jenderal Sultan Haji Sir Hassanal Bolkiah Mu'izzaddin Waddaulah GCB GCMG adalah Sultan ke-29 dan Yang Dipertuan Brunei Darussalam serta Perdana Menteri pertama Brunei Darussalam. Sebagai pemimpin negara yang kaya-raya, Sultan Bolkiah pun terkenal sebagai sosok kaya-raya. Sebegitu kaya-raya, hingga fakta-fakta berikut ini mungkin akan mencengangkan kita semua.

1. Menghabiskan Biaya $21,000 hanya untuk sekali pangkas rambut

Dalam rupiah, $21,000 sama dengan sekitar Rp284.739.000. Kenapa ongkos pangkas rambutnya sangat mahal? Berdasarkan info yang beredar, tukang pangkas Sultan adalah Kenswood yang tinggal di Inggris.

Ketika Sultan ingin pangkas rambut, Kenswood akan terbang dari Inggris naik pesawat First Class yang harga tiketnya hampir $15.000, belum lagi biaya hotel mewah dan lain-lain, yang semua ditanggung oleh Sultan.

2. Hartanya bertambah $100 setiap detik

Kekayaan Sultan Brunei saat ini diperkirakan sekitar $20 milyar, dan terus bertambah $100 setiap detik dari penghasilan minyak dan Investasi. Seperti kita tahu, Brunei adalah negara yang sangat kaya minyak dan gas alam.

3. Istananya merupakan yang paling luas di dunia

Berdasarkan Guinness Book of World Record, istana Nurul Iman (nama istana Sultan Brunei) merupakan istana sekaligus tempat tinggal yang paling luas di dunia. Istana itu selesai dibangun pada 1984, dengan biaya pembangunan mencapai $1,4 milyar. Sekadar ilustrasi, istana ini memiliki 257 kamar mandi.

4. Memiliki jet pribadi, salah satu yang paling mahal di dunia

Sultan Brunei memiliki armada penerbangan, namun yang paling mahal di antaranya adalah BOEING 747-430 yang bernilai sekitar $233 juta. Pesawat itu memiliki beberapa perlengkapan yang berlapis emas. Di beberapa kesempatan, Sultan sendiri yang menjadi pilotnya.

5. Membayar Michael Jackson $17.000.000 agar tampil untuknya

Di ulang tahunnya yang ke 50, Sultan Brunei membayar Michael Jackson untuk tampil di panggung, khusus untuk merayakan ulang tahun Sang Sultan.

6. Hobby main polo

Sejak kecil, Sultan Brunei sudah hobi bermain polo. Ia memiliki kuda poni sekitar 200 ekor, dan kadang mengajak orang dari Argentina untuk bertanding dengannya.

7. Adiknya menghabiskan sekitar $747.000 per hari selama 10 tahun

Adik Sultan, Pangeran Jefri Bolkiah, merupakan orang dengan pengeluaran paling banyak sedunia. Bayangkan saja, setiap hari dia menghabiskan lebih dari 7 ribu dolar, dan itu dilakukannya sampai 10 tahun.

8. Sultan merupakan orang terkaya di dunia, sebelum digantikan Bill Gates

Tahun 1980 sampai 1990-an, Sultan Brunei adalah orang terkaya di dunia, namun gelar itu diambil oleh Bill Gates pada 1995. Sejak itu, sultan tidak pernah lagi mendapatkan gelar yang sama.

9. Memiliki mobil sekitar 5.000 unit, nilainya diperkirakan sekitar $5 milyar

Di antara mobil-mobil koleksi Sultan Brunei adalah McLaren P1, Bugatti Veyron, Mercedes Benz, BMW, Rolls Royce, Bentley, Lamborghini, Ferrari, dan Jaguar.

10. Selalu bepergian dengan rombongan sekitar 100 orang

Setiap perjalanan ke luar negeri, Sultan Brunei selalu bersama rombongan. Ia juga memiliki kebiasaan untuk belanja dan sering memborong isi 1 toko untuk dibawa pulang.

11. Putranya akan menjadi triliuner pertama di dunia

Putra sulung Sultan Brunei, Pangeran Al-Muhtadee Billah, yang lahir pada 1974, akan menjadi pewaris tahta dan harta sang Sultan. Jika kekayaan Sultan Brunei tetap naik seperti sekarang, maka sang anak diperkirakan akan menjadi triliuner pertama di dunia.

12. Setengah dari penghasilan Rolls Royce didapatkan dari Sultan dan adiknya

Dari tahun 1994 sampai 1997, Sultan Brunei selalu membeli 72 sampai 75 unit mobil per tahun. Dia sering membayar 3 sampai 4 kali lipat untuk mobil yang dimodifikasi sesuai keinginannya. Salah satu mobil Rolls Royce berlapis emas milik Sultan harganya sampai $41 juta.

13. Menghabiskan $27.000.000 untuk merayakan ulang tahun yang ke-50

Salah satu yang mengisi acara ulang tahun Sultan Brunei adalah Michael Jackson, dan perayaannya berlangsung selama 3 minggu.

Baca juga: Fakta-fakta di Balik Kisah Cinta Pendiri Facebook