Bangunan-bangunan Tua yang Konon Dibangun Iblis

Bangunan-bangunan Tua yang Konon Dibangun Iblis

BIBLIOTIKA - Legenda atau mitologi telah hadir sejak zaman dulu, di berbagai tempat. Legenda dan mitos itu pun subur, dan terus dipercaya atau setidaknya dikenang, karena terus diwariskan turun temurun, dari generasi ke generasi.

Salah satu legenda yang beredar di banyak negara adalah kisah keterlibatan iblis atau makhluk halus dalam proses pembuatan bangunan-bangunan tertentu. Bangunan-bangunan yang dipercaya dibangun oleh iblis biasanya bangunan-bangunan tua yang telah berdiri megah sejak ratusan tahun lalu—yang menurut manusia zaman sekarang agak mustahil jika dibangun manusia pada zaman dulu.

Terkait hal tersebut, berikut ini beberapa bangunan tua yang konon pengerjaan atau pembangunannya dibantu oleh iblis.

Kastil Yester, Skotlandia

Kastil Yester di Lothian Timur, Skotlandia, dibangun pada tahun 1267 oleh Sir Hugo de Giffard, seorang pria yang terkenal dengan ketertarikannya pada bidang ilmu kimia majemuk. Menurut cerita, ia dapat menyelesaikan kastil tersebut dengan bantuan pasukan goblin yang disediakan oleh iblis.

Klaim ini dianggap tidak mengherankan, karena Sir Hugo adalah sosok yang kontroversial. Beberapa bahkan berpikir bahwa ia adalah penyihir, karenanya dijuluki "Wizard of Yester".

Salah satu aula di bagian gedung itu kabarnya angker, dan banyak yang mengaku melihat hal aneh ketika masuk ke sana.

Schollenen Gorge, Swiss

Schollenen Gorge atau Ngarai Schollenen yang terletak di Swiss, secara historis merupakan rute berbahaya bagi pelancong. Menurut legenda, saat proses pembuatan banyak keledai yang tiba-tiba jatuh ke ngarai hingga tewas. Pada saat itu, keledai digunakan sebagai alat bantu mengangkut bebatuan untuk membangun jembatan.

Frustrasi dengan hal-hal tersebut, banyak pihak yang sepakat untuk meminta bantun iblis untuk membantu proses pembuatan jembatan di atas Ngarai Schollenen.

Salah satu persyaratan yang diminta iblis adalah nyawa manusia. Para iblis disebut menyelesaikan jembatan keesokan harinya, sambil menunggu orang pertama yang melintas jembatan yang kemudian diambil nyawanya.

Ponte della Maddalena, Italia

Ponte della Maddalena, atau yang disebut sebagai Jembatan Mary Magdalena, dibangun di seberang Sungai Serchio di Borgo a Mozzano, Italia. Tak ada yang tahu persis kapan jembatan itu dibangun, tapi sejarawan mengatakan jembatan itu dibangun pada tahun 1046 hingga 1115.

Pada mulanya, jembatan ini dianggap sulit untuk dibangun, karena itu pihak yang membangun jembatan merasa putus asa dan meminta bantuan iblis. Setuju dengan tawaran tersebut, pihak iblis mampu menyelesaikan segala kewajiban, asal diberi imbalan nyawa manusia yang melewatinya (sama seperti kejadian Schollenen Gorge).

Cerdiknya, mereka meminta pendapat dari seorang pendeta. Oleh pendeta, mereka diminta untuk membiarkan seekor babi untuk melintasi jembatan. Sadar telah ditipu, iblis melompat ke dalam air dan tak pernah terlihat hingga saat ini.

Stone Bridge Regensburg, Jerman

Jembatan batu di Regebsburg, Jerman, dibangun di atas Sungai Danube, antara tahun 1135 hingga 1146. Tiga menara benteng baru ditambahkan pada abad ke-13, kemudian satu menara dihancurkan pada tahun 1784, dan satu lagi rusak setelah perang pada 1810. Maka, kini hanya tersisa satu menara.

Legenda mengatakan, jembatan itu dibangun oleh iblis. Beda dengan Ponte della Maddalena dan Schollenen Gorge, pihak iblis meminta tiga nyawa sekaligus. Aturannya sama, siapa saja tiga orang pertama yang menyeberang jembatan akan kehilangan nyawa. Rupanya, manusia jauh lebih cerdik.

Mereka menggiring seekor anjing dan dua ekor ayam untuk menyeberang. Iblis yang marah tak dapat berbuat apa-apa, hanya membenturkan diri ke bagian jembatan yang kemudian sedikit retak hingga sekarang. Retakan itu dipercaya akibat tabrakan iblis yang begitu kuat.

Baca juga: Misteri 6 Harta Karun Tersembunyi yang Diburu hingga Kini