Fakta-fakta di Balik Kisah Cinta Pendiri Facebook

Fakta-fakta di Balik Kisah Cinta Pendiri Facebook

BIBLIOTIKA - Mark Zuckerberg tidak hanya dikenal sebagai pendiri Facebook. Ia juga dinobatkan sebagak anak muda paling kaya di planet bumi sepanjang sejarah. Pasalnya, melalui Facebook yang ia ciptakan, Mark Zuckerberg mampu menghasilkan uang miliaran dolar hingga menjadi salah satu milyarder dunia.

Sebagai anak muda yang berpengaruh sekaligus kaya-raya, tentu banyak wanita yang berusaha mendekati untuk meraih hatinya. Namun, Mark Zuckerberg menjatuhkan pilihannya kepada Priscilla Chan, seorang wanita yang ia kenal sejak masa kuliah. Bersama Priscilla Chan pula, Mark Zuckerberg menikah hingga dikaruniai seorang putri yang diberi nama Maxima Chan Zuckerberg.

Saat menyambut kelahiran putrinya, Zuckerberg menulis sebuah surat panjang yang ia positing di akun Facebook-nya. Isinya antara lain janji untuk mendonasikan 99% saham mereka di Facebook, untuk membantu "meningkatkan potensi manusia dan mempromosikan kesetaraan."

Kabar kelahiran bayi dan surat itu menarik perhatian banyak orang, hingga surat itu di-"like" oleh lebih dari 823 juta orang, dan di-share lebih dari 131 juta kali. Bagaimana sebenarnya perjalanan kisah cinta Zuckerberg-Priscilla, hingga mereka menjadi suami istri? Berikut ini sejumlah fakta menarik tentang hal itu.

Pertama bertemu di depan kamar mandi

Zuckerberg dan Priscilla mengikat janji pernikahan pada 19 Mei 2012. Keduanya saling mengenal sejak duduk di bangku kuliah. Mark dan Chan pertama kali bertemu saat sama-sama mengantre ke kamar mandi dalam sebuah pesta Frat di Harvard tahun 2003.

Chan adalah seorang mahasiswa dari Boston yang turut menghadiri pesta yang diadakan oleh Alpha Epsilon Pi, sebuah organisasi yang diikuti Mark sejak kuliah.

Chan mengingat kesan pertamanya soal pertemuan dengan Zuckerberg. “Ia seorang kutu buku yang sedikit terasing," kata dia pada The New Yorker. “Saya ingat dia memegang gelas bir dan melempar humor yang hanya kutu buku atau ahli komputer yang akan mengerti."

Chan menjadi pendaftar pertama Facebook

Chan juga tercatat sebagai anggota pertama sosial media Facebook yang kini menjadi sosial media terbesar di dunia. Chan bergabung menjadi pengguna Facebook sejak 5 Februari 2004.

Saat pertama kali berkencan, Zuckerberg mengatakan pada Chan, "Saya lebih suka berkencan denganmu ketimbang menyelesaikan tes tengah semester yang dibawa ke rumah," kata Chan pada Today's.

Perkembangan pakaian Mark

Dalam sebuah foto yang di unggah Mark pada 19 Oktober 2006, terlihat sebuah pujian yang disampaikan Chan kepada Mark. Komunikasi yang terlihat ini mungkin salah satu tanda cinta mereka yang berjalan cukup lama. Pada postingan tersebut, terlihat foto wajah Mark dan pakaiannya yang menggunakan jaket hitam abu-abu berbahan rajut.

Mark memberikan caption, ”Foto ini baru-baru saja muncul dalam profil Mercury News. Foto ini pasti diambil pada masa-masa pakaian rajut saya.”

Chan memberikan komentar pada foto tersebut, dan menegaskan ada periode khusus dalam gaya berpakaian suaminya. ”Ada periode baju bulu hitam, periode puma merah, periode jas putih, dan periode warna hijau muda."

Sempat menjalani hubungan jarak jauh

Mark dan Chan sempat menjalani hubungan jarak jauh, saat Zuckerberg mulai membesarkan Facebook, dan Chan menuntut ilmu di Harvard, Cambridge. Ketika lulus, Chan ikut pindah ke California.

Saat bersama, mereka menghabiskan waktu dengan jalan-jalan di taman, berdayung, dan main board game. Karena kekasihnya terlalu sibuk dengan Facebook, Chan membuat aturan bahwa dalam seminggu minimal mereka harus bersama selama 100 menit dan berkencan ke luar setidaknya sekali.

Menikah secara sederhana

Keduanya mulai hidup bersama sejak 2010 dan menikah secara sederhana di halaman rumah Mark di Palo Alto, California, pada 19 Mei 2012. Pernikahan itu sempat mengejutkan seluruh tamu undangan, karena para tamu mengira acara tersebut merupakan perayaan kelulusan Sekolah Medis yang dijalani Chan.

Kini Chan memiliki julukan sebagai First Lady atau ibu negara Facebook. Pasangan milyarder ini masih dikenal sebagai pasangan murah hati dengan kekayaan yang mereka miliki.

Baca juga: Biografi Mark Zuckerberg, Sang Pendiri Facebook