Para Gitaris Hebat Dunia yang Ternyata Buta Nada

Para Gitaris Hebat Dunia yang Ternyata Buta Nada

BIBLIOTIKA - Musik dibuat dan disusun di dalam notasi musik. Karenanya, orang bisa memahami bagaimana suatu musik dimainkan ketika membaca notasi musik. Namun, ternyata ada musisi-musisi hebat yang justru tidak bisa membaca notasi musik.

Notasi musik dilambangkan dengan not balok atau angka. Kenyataannya, membaca not balok bukan pekerjaan mudah, bahkan bagi para musisi, khususnya mereka yang belajar secara otodidak. Berikut ini adalah para gitaris dan musisi hebat dunia, yang ternyata buta nada alias tidak bisa membaca notasi musik.

John Lennon

The Beatles, band legendaris dari Liverpool, menjadi idola dunia pada tahun 70-an. Bahkan, pesona dan popularitas John Lennon dan kawan-kawan seakan tak lekang oleh waktu. Fakta menariknya, John Lennon ternyata tidak bisa membaca notasi lagu.

"Tidak ada dari kami yang bisa membaca (notasi) musik, tidak ada juga dari kami yang bisa menulisnya," ujar John saat diwawancarai majalah Playboy pada 1980.

Jimi Hendrix

Jimi Hendrix menjelma dewa gitar yang pernah hidup di bumi. Dia sempat belajar dari para gitaris ternama, seperti Larry Lee dan James Nixon. Tak ayal, Jimi berhasil menjadi gitaris luar biasa. Di antara buktinya adalah Purple Haze dan Voodoo Child.

Meski luar biasa hebat, ternyata pria bernama asli Johnny Allen Hendrix ini tidak bisa membaca notasi musik atau not balok. "Sepenuhnya ia belajar otodidak, ketidakmampuan Jimi membaca notasi membuatnya lebih berkonsentrasi pada musik yang ia dengarkan," tulis biografi resminya.

Eric Clapton

Eric Clapton berada di jajaran gitaris dunia yang melegenda. Dia tidak pernah belajar musik secara formal, alias belajar secara otodidak. Hal ini membuatnya tidak bisa membaca notasi musik. Hal itu baru diketahui ketika dia menjadi bintang tamu di sebuah acara.

"Aku merasa sangat gugup, karena tidak bisa membaca (notasi) musik, sedangkan mereka manggung dengan membaca kertas (notasi) musik," ujarnya.

Slash

Gitaris ini paling banyak diidolakan lantaran kepiawaiannya bermain gitar, baik saat bersama Gun n' Roses atau saat bersolo karir. Namun, Slash termasuk gitaris yang tidak bisa membaca notasi musik. Alih-alih rendah diri, Slash justru bangga karena tidak bisa membaca musik.

"Tidak, aku tidak bisa membaca musik," ujar Slash. "Aku bermain menggunakan telinga. Aku mencoba menciptakan dari apa yang aku dengar (kadang-kadang di dalam kepalaku) langsung menggerakkan tanganku bersama gitar."

James Hetfield

Frontman Metallica ini sudah mengenal gitar sejak masih kecil. Baginya, bermain gitar sudah seperti mainan sehari-hari. Tak ayal, kedahsyatan James Hetfield bersama gitar merupakan hal alami.

Tidak bisa membaca notasi musik sempat membuat James kesusahan, pasalnya ada momen ketika ia harus berkolaborasi dengan musik orkestra. Dalam film dokumenter The Black Album, James mengaku tidak bisa membaca dan menulis not balok. Alhasil, ia pun harus memberi contoh nada lagu Nothing Else Matter kepada musisi orkestra yang diajak berkolaborasi.

Dave Mustaine

Lahir dari keluarga yang hidup pas-pasan, Dave Mustaine harus pasrah saat tidak bisa mengikuti kursus musik. Meski begitu, Dave dan Megadeth berhasil membuktikan dirinya salah satu gitaris terhebat dunia.

"Aku belajar sendiri, sehingga tidak ada yang harus dipermasalahkan jika aku tidak bisa membaca (notasi musik)," ujarnya.

Baca juga: 5 Band Malaysia yang Pernah Populer di Indonesia