Film-film yang Memicu Tindakan Kriminal di Dunia Nyata

Film-film yang Memicu Tindakan Kriminal di Dunia Nyata

BIBLIOTIKA - Dunia pernah dihebohkan oleh aksi gila seorang pria bernama James Holmes. Pria berusia 24 tahun itu datang ke tempat pemutaran film The Dark Knight Rises di Aurora, Colorado, Amerika serikat. Di tengah-tengah orang banyak, saat film masih berputar, James Holmes tiba-tiba mengangkat senjata yang disembunyikannya, dan menembaki orang-orang dengan brutal.

Aksi itu tentu menjatuhkan korban dalam jumlah banyak. Dan ketika akhirnya ditangkap, James Holmes mengatakan bahwa aksi gila yang dilakukannya karena terinspirasi oleh tokoh Joker dalam film Batman. Dalam buku komik, Joker dikisahkan menyebarkan "gas tersenyum" ketika memulai pembantaian di sebuah studio televisi. Itulah yang ingin ditiru James Holmes.

Tapi James Holmes bukan satu-satunya kasus. Setidaknya ada cukup banyak film lain yang juga menginspirasi penontonnya untuk melakukan tindakan kriminal, karena “terinspirasi” film yang mereka tonton. Berikut ini di antaranya.

The Town

Ben Affleck membuat perampokan bank terlihat mudah dalam film yang dibuat pada 2010 ini. Ambil kebiasaan suster, tas besar, beberapa senjata semi-otomatis, dan aksi pun mulus. Pasangan Illinois menemukan bahwa formula itu tidak cukup bekerja dalam kehidupan nyata, ketika mereka mencoba mencuri uang dengan meniru film ini pada 2011 di Chicago Bank.

Mereka mengenakan baju biarawati dan topeng, lalu menodongkan senjata kepada karyawan bank. Tapi tidak ada tembakan dan tidak ada yang terluka. Mereka diduga membawa kabur US$ 120 ribu dalam sebuah tas ransel. Belakangan, diketahui perampok itu adalah Navahcia Edwards, yang sebelumnya bekerja di cabang bank itu, yang beraksi dengan kekasihnya, kasir di bank yang sama.

Fight Club

Kyle Shaw, 17 tahun, meledakkan sebuah bom yang terbuat dari kembang api, botol plastik, dan pita listrik di luar kedai Starbucks di Upper East Side pada 2009. Polisi mengatakan, Shaw berencana meluncurkan "Proyek Mayhem", dan meniru rencana Brad Pitt di Fight Club. Pada 2010, Shaw mengaku bersalah atas upaya pembakaran dan kepemilikan senjata ilegal. Dia dijatuhi hukuman tiga setengah tahun penjara, dan lima tahun masa percobaan.

Twilight

Film pertama dalam saga Twilight, yang dibintangi Robert Pattinson dan Kristen Stewart, juga disalahkan lantaran membuat seorang remaja Iowa menjadi "gila".

Setelah seorang gadis 13 tahun mengaku digigit teman sekelasnya, wakil kepala sekolah mereka menyelidiki, dan mengetahui bahwa seorang bocah laki-laki telah menggigit 10 teman lainnya dalam satu bulan. Ketika dihubungi, ayah anak itu mengatakan bahwa ia gemar menonton film Twilight. Menurut Des Moines Register, dia menjadi hobi menggigit orang sejak saat itu.

Dexter

Pada 2009, Andrew Conley (17) mencekik saudaranya, Conner, yang masih berusia 10 tahun, dengan tangan kosong. "Faktanya, ia mengatakan berfantasi tentang membunuh orang," kata jaksa Aaron Negangard pada 2011.

Satu jam interogasi pertamanya oleh polisi, Conley bercerita tentang Dexter, dan dia merasa seperti tokoh dalam film yang membunuh orang jahat. Bahkan hukuman seumur hidup di penjara tidak menghentikan daya tarik Conley atas Dexter. Dalam video penjara yang mencatat kunjungan seorang teman keluarga, Conley bertanya tentang perkembangan terbaru serial itu, dan dengan berbinar dia bertanya, "Wah, jadi Dexter membunuh Trinity? Itu keren!"

Natural Born Killer

Dua pembunuhan kehidupan nyata terilhami karakter utama dalam film tahun 1994, Natural Born Killers. Dylan Klebold melakukan sejumlah pembunuhan yang mengerikan, termasuk penembakan di SMA Columbine pada 1999. Seorang pengacara bagi para korban di Columbine melayangkan gugatan kepada orang-orang di balik film yang disutradarai Woody Harrelson ini. Kasus tersebut ditolak pada 2001.

The Matrix

Plot kisah sci-fi populer The Matrix menunjukkan bahwa dunia kita hidup hanyalah ilusi yang dikontrol komputer. Sejak dirilis tahun 1999, dari film pertama Matrix, ada beberapa kasus yang melibatkan kejahatan kekerasan, di mana pengacara telah menggunakan "pertahanan Matrix" atas nama klien mereka, mengatakan bahwa terdakwa percaya bahwa mereka dalam realitas alternatif.

Kasus yang paling terkenal adalah kasus Lee Boyd Malvo, yang dihukum karena pembunuhan tahun 2002. Malvo dikatakan terobsesi dengan dunia realitas kabur, dan pengendalian pikiran seperti digambarkan dalam The Matrix. Dalam penjara, fiksasi Malvo terus berlanjut.

Ia menulis: bebaskan diri Anda dengan The Matrix. "Pertahanan Matrix" juga bekerja untuk Vadim Mieseges di San Francisco yang mencincang induk semangnya. Dia mengatakan kepada polisi, ia bertindak setelah "tersedot ke Matrix." Seorang hakim menerima permohonan itu, dan menyatakan tidak bersalah dengan alasan kegilaan.

Scream

Perbuatan kriminal sopir truk 24 tahun asal Belgia terinspirasi film ini. Thierry Jaradin mengenakan jubah hitam dan topeng Scream ketika ia menikam tetangganya, Alisson Cambier, 15 tahun, tiga puluh kali pada tahun 2001. Menurut Guardian, dia menyerang setelah gadis itu menolak cintanya.

Taxi Driver

Upaya pembunuhan Presiden Ronald Reagan mungkin kejahatan paling terkenal yang terinspirasi sebuah film. John Hinckley Jr, seorang calon penulis lagu, memiliki obsesi tidak sehat untuk bintang wanita Taxi Driver, Jodie Foster. Dalam film tahun 1976 itu, Foster memainkan pelacur berusia 12 tahun yang diselamatkan sopir taksi, Travis Bickle.

Kemudian, dalam film, Bickle juga mencoba membunuh seorang senator yang mencalonkan diri sebagai presiden. Dalam peristiwa yang kemudian disebut upaya menarik perhatian Foster, Hinckley melakukan enam tembakan ke arah Reagan pada 30 Maret 1981.

Reagan terluka oleh satu peluru, dan sekretaris persnya, James Brady, tertembak di kepala. Hinckley, yang kemudian ditemukan tidak bersalah dengan alasan kegilaan, mengatakan bahwa penembakan itu adalah "penawaran cinta terbesar dalam sejarah dunia," dan "semua orang kini tahu tentang John dan Jodie".

Baca juga: 7 Film Kisah Nyata yang Isinya Penuh Kebohongan