8 Tips Beli VGA Card Gaming Berkualitas

8 Tips beli VGA Card Gaming Berkualitas

Kartu VGA atau Video Graphic Array merupakan salah satu komponen penting dalam perangkat komputer yang berperan dalam menangani urusan grafik yang ditransfer menuju layar monitor. Semakin tinggi kualitas VGA Card tersebut, semakin bagus juga gambar atau video yang dihasilkan.

Bagi Anda yang sering bermain “mengotak-atik” video grafis atau seorang gammer, tentunya membutuhkan kartu VGA dengan  kualitas dan spesifikasi yang mumpuni. Saat ini banyak yang jual VGA Card untuk gaming, namun sebaiknya Anda lebih hati-hati dalam memilih sebelum membeli.

Nah, berikut ini beberapa tips dan hal yang harus diperhatikan sebelum Anda membeli kartu VGA:
Merek atau Brand

jual merk VGA sama dengan Jual VGA Card berkualitas? Ya, memang merk suatu produk sedikit-banyak mempengaruhi kualitas produk tersebut. Misalkan, kartu VGA yang dikembangkan dari perusahaan ternama tentu  kualitasnya juga sudah diuji dan terjamin.

Berbeda jika yang jual VGA Card dari perusahaan kecil dan distributor yang kurang terpercaya. Meski belum tentu produk tersebut tidak berkualitas, namun sebaiknya Anda lebih hati-hati dan pilih-pilih.

GPU

Memang, sebaiknya tidak hanya berpatok pada yang jual VGA Card dengan merk terkenal saja, tapi perhatikan juga spesifikasi dari kartu grafis tersebut. Salah satu yang harus dipertimbangkan adalah GPU atau Graphic Processing Unit.

GPU tersebut berperan sebagai otak komputer untuk melakukan perhitungan matematis yang mempengaruhi proses render gambar pada tampilan layar monitor. Apalagi jika VGA tersebut diperuntukkan pada kebutuhan gaming. Tentu sangat memerlukan GPU dengan kualitas  yang tinggi.

Dengan kualitas GPU yang bagus, akan membantu mengurangi kinerja utama processor. Kualitas dari sebuah GPU ditentukan dari kecepatan kinerjanya, yakni biasa disebut dengan core speed. Semakin tinggi kecepatannya, maka grafis yang dihasilkan juga akan semakin prima.

Kapasitas Memory

Peran memory pada VGA hampir sama dengan fungsi RAM pada komputer. Fungsinya yaitu sebagai penyimpan data sementara dari GPU dan ditransfer menuju RAMDAC. Kemudian dari RAMDAC data digital akan diubah menjadi data visual untuk mengirimkan dan menampilkan datanya menuju monitor dengan kabel VGA, HDMI, dan DVI.

Dimana hal tersebut perlu menjadi pertimbangan Anda dalam memilih sebuah kartu grafis yang cocok untuk gaming. Meski kini yang jual VGA Card dengan menawarkan kapasitas memory dari kapaitas 512 MB hingga 12 GB sudah menjamur dimana-mana, Anda sebaiknya sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda.

Tipe Memory dan Bandwith

Tidak hanya berbeda pada GPU dan kapasitasnya saja, VGA Card juga memiliki beberapa tipe memori yang berbeda, seperti GDDR2, GDDR3, GDDR4, GDDR5 dan GDDR5X. Tipe-tipe tersebut merupakan versi dari memory yang selalu diperbaiki untuk mencapai kualitas yang memuaskan. Misal dari dari tipe GDDR2 hingga GDDR5X tentu memiliki kemampuan yang berbeda.

Selain memperhatikan memory pada yang jual VGA Card, Anda pertu mempertibangkan bandwith memory dari kartu VGA. Bandwith merupakan jumlah data pada satu waktu yang diakses oleh GPU, dimana semakin cepat bandwith tersebut semakin cepat pula proses komputasi dan hal tersebut sangatlah dibutuhkan bagi Anda seorang gammer.

Memory Clock Speed

Memory Clock Speed dengan satuan kecepatan Mhz, merupakan kemampuan memory dalam menyimpan dan mentransfer data. Sehingga semakin tinggi kecepatannya, maka semakin bagus juga grafisnya.

Memory Interface

Memory interface atau jalur data juga sangat berpengaruh terhadap banyaknya jumlah data yang diakses. Carilah yang jual VGA Card dengan memory interface yang besar, karena semakin besar jalurnya maka semakin pula tipe interface Graphic Card serta memory VGA. Ada beberapa kapasitas dari besarnya jalur, mulai dari 32 bit, 64 bit, 128 bit dan seterusnya.

DirectX

Fungsi directX pada VGA Card sendiri berfungsi untuk mengontrol hardware input komputer (directinput), dreictsound, serta mengontrol networking game multiplayer (directplay). Saat ini telah banyak VGA yang mendukung directX dengan kualitas tinggi seperti directX 10 dan directX 11.

SLI and Crossfire

Hal ini juga penting untuk menjadi pertimbangan Anda. Jangan sampai Anda salah dalam memilih VGA dan Motherboard, karena tidak semua motherboard memiliki 2 perangkat PCIe support SLI sekaligus Crossfire.

Kendati kini banyak yang jual VGA Card Gaming dengan iming-iming harga murah atau terjangkau, sebaiknya Anda jangan mudah tertipu. Perhatikan juga kualitas dan garansi dari VGA Card yang akan Anda beli.

Referensi: https://www.bhinneka.com/category/vga___video_graphic_card.aspx