10 Ramalan Kiamat yang Terkenal tapi Gagal Total

10 Ramalan Kiamat yang Terkenal tapi Gagal Total

BIBLIOTIKA - Ada orang-orang yang, entah kenapa, sangat suka dengan ramalan mengenai datangnya kiamat. Sebegitu suka, hingga mereka sampai mengikuti wacana-wacana mengenai datangnya kiamat dengan sangat intens dan serius.

Pada Desember 2012, misalnya, banyak orang yang sempat percaya bahwa kiamat akan segera tiba di dunia. Ramalan kiamat yang konon akan datang pada 21 Desember 2012 itu didasarkan pada kalender Suku Maya. Sebegitu heboh isu atau ramalan itu, sampai muncul film Hollywood berjudul 2012. Isinya tentu saja kisah kiamat.

Tapi toh nyatanya tanggal itu berlalu tanpa ada peristiwa apa pun yang besar, apalagi kiamat. Tapi ramalan kiamat bukan hanya muncul pada 2012. Sebelumnya telah muncul aneka ramalan serupa, namun sama-sama terbukti gagal total. Berikut ini sepuluh di antaranya.

Ayam Peramal dari Leeds: 1806

Di Kota Leeds, Inggris, muncul ayam yang bikin geger pada tahun 1806 silam. Ayam ini awalnya disangka menghasilkan telur yang bertuliskan 'Kristus akan datang'. Gara-gara itu, banyak orang percaya kiamat benar-benar akan tiba. Belakangan, ketahuan kalau tulisan di telur tersebut dibuat oleh seseorang.

Kaum Millerite: 23 April 1843

Seorang petani Inggris, bernama William Miller, sudah bertahun-tahun mempelajari Alkitab, dan menyimpulkan dengan penafsiran pribadinya bahwa Tuhan akan menghancurkan dunia, antara 21 Maret 1843 sampa 21 Maret 1844.

Miller bahkan memiliki pengikut, bernama Millerite, yang meyakini kiamat akan terjadi pada 23 April 1843. Banyak yang percaya, sampai mengorbankan banyak harta mereka. Namun, ketika menyadari kiamat tak pernah tiba, perkumpulan itu dibubarkan.

Armageddon/Kiamat kaum Mormon: 1891 

Pendiri gereja Mormon, bernama Joseph Smith, mengadakan rapat gereja pada Februari 1835 untuk memberitahu bahwa dia baru saja berbicara dengan Tuhan.

Selama berbincang dengan Tuhan (atau entah siapa), Smith menyatakan bahwa Yesus akan turun ke bumi dalam waktu 56 tahun ke depan, dan masa akhir zaman segera dimulai. Apakah terjadi? Jawabannya jelas, tidak.

Komet Halley: 1910

Tahun 1881, seorang astronom menemukan ekor komet mengandung gas mematikan yang disebut cyanogen (dari asal kata sianida). Awalnya biasa saja, sampai seseorang menyadari bahwa orbit komet yang dinamakan Halley itu akan bersentuhan dengan orbit Bumi di tahun 1910.

Setelah banyak kecemasan publik karena menduga gas beracun itu bisa membuat banyak orang mati dan ras manusia musnah, para ilmuwan menjelaskan bahwa tak ada yang perlu dikhawatirkan, dan kiamat yang ditakutkan itu pun tak terjadi.

Pat Robertson: 1982

Pada Mei 1980, televangelis dan pendiri Koalisi Kristen, Pat Robertson, secara mengejutkan menyatakan dalam acara TV bahwa dia tahu kapan kiamat akan terjadi (yang sebetulnya di seluruh kitab suci agama menyebutkan tak ada makhluk hidup dan malaikat yang tahu kapan kiamat terjadi, kecuali Tuhan).

Dengan tegas, Robertson menyatakan bahwa pada tahun 1982 akan terjadi kiamat. Hasilnya? Kita semua masih hidup sampai saat ini.

Heaven's Gate: 1997

Pada 1997, ada komet Hale-Bopp yang muncul bersamaan dengan isu gila bahwa ada UFO yang mengikutinya. Kedatangan komet itu ditutupi oleh NASA dan komunitas astronomi, meski dugaan itu dibantah para astronom (dan orang waras lainnya).

Rumor itu menginspirasi suatu perkumpulan bernama Heaven's Gate, yang percaya bahwa UFO itulah yang akan membawa mereka menghindari akhir dunia. Hasilnya malah orang-orang itu berakhir karena bunuh diri dengan pemahaman bahwa roh mereka dijemput oleh UFO pada 26 Maret 1997.

Kedatangan Abad Baru: 2000

Ketika abad lalu hampir berakhir, pergantian milenium tahun 2000 sempat memunculkan banyak isu kiamat. Beberapa di antaranya adalah komputer yang dianggap bisa membuat kiamat, serta pengarang buku 5/5/2000 Ice: the Ultimate Disaster, Richard Noone di tahun 1997 yang meyakini bahwa massa es di Antartika akan menjadi setebal 3 mil pada 5 Mei 2000.

Anehnya, tanggal itu tepat dengan sejajarnya planet-planet di tata surya. Namun, faktanya, yang terjadi ketika tanggal itu berlalu sampai 12 tahun sekarang, Bumi belum beku.

Nostradamus: Agustus 1999

Karya tulis Michel de Nostradame memang membingungkan dengan banyaknya kalimat metaforis, dan hal itu menarik perhatian banyak orang selama lebih dari 400 tahun. Beberapa ramalannya dianggap tepat, termasuk salah satunya, "Tahun 1999, bulan ketujuh. Dari langit datang raja besar teror," yang membuat orang berpikir kiamat akan terjadi. Tapi mungkin Nostradamus melakukan kesalahan, karena itu tak terjadi.

God's Church Ministry: Musim gugur 2008

Ronald Weinland, pendeta dari God's Church, menyatakan bahwa kiamat akan tiba. Bukunya, 2008: God's Final Witness, yang terbit pada 2006, menyebutkan bahwa akan ada ratusan juta orang meninggal pada akhir 2006.

Tulisannya yang terkenal, "Paling lama hanya akan ada 2 tahun tersisa, sebelum dunia mengalami waktu terburuk sepanjang sejarah manusia. Musim gugur 2008 nanti Amerika akan tumbang sebagai negara berkuasa, dan tak akan jadi negara merdeka lagi.” Dan apakah terbukti? Jangan buang-buang waktu untuk memikirkannya.

Harold Camping: 2011

Pendeta aliran Kristen Evangelis ini memperingatkan umat manusia untuk menghadapi kiamat yang akan datang pada Jumat, 21 Oktober 2011 lalu. Peramal kiamat asal California ini sudah dua kali salah memprediksi datangnya kiamat.

Pertama, Harold Camping memperkirakan kiamat pada 6 September 1994 dan 21 Mei 2011. Salah tiga kali, Camping akhirnya bertobat. Bahkan, Camping terkena stroke ringan setelah itu.

Baca juga: Penjelasan Ilmuwan Tentang Tanda-tanda Datangnya Kiamat