Mengapa Ada Jam Tangan yang Harganya Sangat Mahal?

Mengapa Ada Jam Tangan yang Harganya Sangat Mahal?

BIBLIOTIKA - Sebagai aksesoris yang digunakan banyak orang, jam tangan termasuk benda yang mudah ditemukan. Ada banyak toko yang menyediakan jam tangan, dalam aneka bentuk dan beragam harga. Orang bisa memilih sesuai selera, dan sesuai kemampuan kantong. Yang ingin jam tangan sederhana bisa memilih yang harganya terjangkau. Yang ingin jam tangan eksklusif bisa memilih yang harganya mahal.

Terkait harga, mengapa ada jam tangan yang harganya sangat mahal? “Sangat mahal” yang dimaksud di sini adalah mencapai ratusan juta, hingga lebih dari 1 miliar.

Pertanyaan itu menarik diajukan, mengingat di pasaran juga ada jam tangan yang harganya hanya puluhan atau setidaknya ratusan ribu. Jika sebuah jam tangan bisa diproduksi dengan harga murah, mengapa ada jam tangan yang sampai memiliki harga sangat mahal?

Rolex, misalnya, sudah lama terkenal sebagai merek jam tangan mahal. Selain Rolex, ada pula Richard Mille, yang dikenal sebagai jam tangan mewah dengan harga luar biasa mahal. Satu unit jam tangan Richard Mille bisa memiliki harga di atas 1 miliar. Apa latar belakang mahalnya harga tersebut?

Case premium

Jam tangan Richard Mille mempunyai desain unik hasil rancangannya sendiri, yang terkenal dengan nama “The Tonneau-Shaped (Barrel) Case”. Material yang digunakan mulai dari emas putih, rose gold, hingga titanium. Case berbentuk sandwich ini terdiri atas 3 bagian, yaitu bezel bagian depan dan belakang serta bagian tengah, yang semuanya berbentuk melengkung.

Proses pembuatan bagian melengkung itu merupakan proses yang sangat sulit, apalagi ketiga bagian itu harus pas satu sama lain, hingga 1/100 mm, untuk mencegah masuknya debu dan kelembapan.

Menggunakan bahan high tech 

Jam tangan Richard Mille ternyata menggunakan bahan case dan baseplate dari material yang normalnya dipakai pada mobil Formula 1, antariksa, hingga kapal untuk balapan (racing yacht). Material tersebut merupakan material paling canggih. Tidak hanya dari segi komposisi material yang baru, tetapi cara penggunaan material tersebut masih belum banyak diketahui.

Richard Mille menginvestasikan banyak uang untuk memahami dan mengetahui bagaimana cara menggunakan/mengaplikasikan material tersebut dalam pembuatan jam tangan. Material-material ajaib itu antara lain Carbon Nanotubes, Toughened Ceramic, NTPT® Carbon, Silicon Nitride, Gold Fused with Carbon and Quartz, Perfluoroelastomer, dan lainnya.

Penggunaan material-material itu jelas memberi perbedaan yang nyata dan prestise tersendiri dibandingkan dengan jam tangan yang lain.

Contoh pada jam tangan model RM 50-03 McLaren F1 Chronograph, case dibuat dari campuran Titanium dan Carbon TPT™ dengan Graph TPT™, yang menghasilkan suatu material karbon yang 6 kali lebih ringan daripada baja, namun 200 kali lebih kuat. Sebagai informasi, jam tangan ini berharga £964,000 atau sekitar Rp. 15.424.000.000 (kurs 16.000).

Penggunaan movements (mesin jam) terkini

Mesin jam yang digunakan pada Richard Mille merupakan mesin jam terkini, dengan sentuhan yang unik dari ahli jam tangan Richard Mille. Umumnya, movement pada jam tangan tersebut dilapisi PVD (Physical Vapor Deposition) atau Titalyt. Bagian movement biasanya dari material Titanium, atau bahan lain yang membutuhkan penelitian lama sebelum bisa diaplikasikan dalam desain jam tangan tersebut.

Dibuat layaknya mobil formula 1

Selain dibuat dengan memakai teknologi terkini, menggunakan material paling baru, serta dikombinasikan dengan penyelesaian secara manual maupun dengan bantuan mesin canggih, jam tangan juga dibuat dalam jumlah yang sangat terbatas. Sudah seperti membuat mobil Formula 1 yang didesain khusus, dan tidak ada duanya.

Baca juga: Menghargai dan Menghayati Waktu