Green Bank, Kota Tanpa Sinyal Ponsel, TV, dan WiFi

Green Bank, Kota Tanpa Sinyal Ponsel, TV, dan WiFi

BIBLIOTIKA - Dunia kita dikepung oleh teknologi, dari radio, televisi, ponsel, sampai internet. Masing-masing perangkat itu memancarkan sinyal. Radio memancarkan sinyal radio, begitu pula televisi, ponsel, dan internet. Karena internet adalah sesuatu yang saat ini selalu diakses orang di mana pun, maka nyaris semua tempat di dunia telah dilengkapi WiFi yang memungkinkan orang terus terhubung ke internet.

Kalau kita masuk kafe, misalnya, biasanya hal penting yang kita perhatikan adalah ada atau tidaknya WiFi di sana. Jika ada WiFi, kita lebih tertarik. Kenyataannya, tempat mana pun saat ini telah dilengkapi WiFi, hingga orang bisa terus terhubung dengan internet.

Zaman sekarang, dunia digital dan gadget seperti tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Hampir setiap hari, orang menghabiskan waktu dengan berselancar di internet atau bermain media sosial. Dengan segala keriuhan yang ada, pernah membayangkan tinggal di sebuah kota yang tak memiliki akses terhadap dunia digital sama sekali?

Percaya atau tidak, ternyata kota seperti itu benar-benar ada. Di zaman yang sudah serba canggih seperti ini, di Amerika Serikat ada sebuah kota unik, yang tidak ada sinyal ponsel, siaran TV dan radio, hingga jaringan Wi-Fi. Kota tersebut memiliki nama Green Bank.

Kota yang berada di bagian West Virginia, Amerika Serikat, ini seperti menawarkan kenyamanan bagi orang yang sudah jenuh dengan keriuhan media sosial dan digital. Bahkan, ketika kita mulai memasuki kota ini, suara radio di mobil pun akan perlahan-lahan hilang dan digantikan dengan White Noise tanda kehilangan transmisi. Tidak hanya itu, sinyal ponsel pun akan lenyap seketika.

Apa alasan kota ini tidak menyediakan sinyal ponsel, radio, hingga TV? Ternyata Green Bank bukan kota biasa. Berlokasi di National Radio Quiet Zone Amerika, wilayah ini secara hukum memang melarang penggunaan alat ransmisi radio. Hal ini buat menfasilitasi penelitian ilmiah dan intelijen militer.

Di kota ini ada dua rangkaian teleskop raksasa milik National Astronomy Observatory (NRAO) dan milik National Security Agency (NSA). Rangkaian teleskop raksasa pertama milik NRAO berfungsi untuk memantau pergerakan bintang. Sedangkan teleskop kedua milik NSA digunakan buat keperluan intelijen.

Teleskop-teleskop itu sangat sensitif, sehingga bisa terganggu hanya dari sinyal elektronik Microwave. Bahkan, kalau ada penduduk kota yang nekat menyalakan Wi-Fi, pemerintah bisa mendeteksi dan akan segera mengirimkan petugas buat mematikan perangkatnya.

Meskipun kesannya tertutup, tapi sepertinya asyik juga tinggal di kota tanpa sinyal seperti di Green Bank. Paling tidak, interaksi antar warganya jadi lebih dekat dan akrab. Tidak seperti sekarang, yang terkesan sibuk dengan gadget masing-masing.

Baca juga: Ecocapsule, Rumah Super Canggih di Masa Depan