Hindari 5 Kesalahan Saat Membeli Rumah Pertama

Hindari 5 Kesalahan Saat Membeli Rumah Pertama

Beberapa kesalahan sering sekali dilakukan oleh masyarakat setelah membeli rumah, terutama rumah pertama. Apakah Anda salah satu yang pernah mengalaminya? Semisal Anda sedang mencari perumahan murah di Bogor, namun dengan kualitas perumahan aman dan nyaman. Setelah Anda mendapatkannya, beberapa kesalahan ini sering sekali muncul dan bisa jadi akan Anda lakukan.

1. Terlalu Banyak Menghabiskan Uang

Sebelum tertarik untuk melakukan survey mengenai sebuah unit rumah, Anda terlebih dahulu mengetahui secara pasti kisaran kemampuan yang dimiliki. Setelah mengetahui angka kasar untuk jumlah cicilan rumah yang akan diajukan, Anda harus menyesuaikan kondisi keuangan saat ini. Hitung berapa banyak pengeluaran yang biasa dikeluarkan setiap bulan. Pilih rumah dengan jumlah cicilan di bawah jumlah estimasi yang disanggupi, agar tidak mengalami kesulitan di tengah proses cicilan.

2. Menghitung Ayam Sebelum Pecah dari Telurnya

Ketika hendak memperhitungkan berapa besaran cicilan yang sanggup Anda bayar, jumlah tersebut harus sesuai dengan pendapatan saat ini. Selain itu, jumlah pendapatan gabungan Anda dan pasangan dihitung berdasarkan sumber pendapatan tetap. Jangan menambah sumber pendapatan dari bonus atau memperkirakan kenaikan gaji di bulan depan. Cara ini dinilai lebih aman, karena Anda tidak pernah mengetahui keadaan keuangan Anda di tengah jalan nanti.

3. Tidak Memperhitungkan Biaya Tambahan

Jika sebelumnya Anda menyewa rumah, biaya yang harus dikeluarkan hanya seputar uang kontrak setiap bulan. Namun jika Anda hendak membeli rumah, uang muka dan jumlah cicilan per bulan hanya sebagian kecil yang harus dibayar. Disisi lain Anda harus memperhitungkan biaya asuransi dan pajak property yang bervariasi sesuai dengan lokasi tempat tinggal.

4. Tidak Melibatkan Ahli Dalam Proses Survei

Biasanya pemilik rumah atau bagian pemasaran perumahan tidak akan menyebutkan kekurangan yang dimiliki propertinya, saat itulah peran ahli properti akan sangat penting. Para ahli dapat Anda temukan dari agen properti atau kolega yang telah berpengalaman di bidang properti.

Itulah beberapa hal yang mungkin bisa terjadi pada Anda ketika membeli rumah, maka dari itu perhatikan baik-baik keadaan Anda ketika membeli rumah.