Tips agar Anak Menyukai Buah-buahan

Tips agar Anak Menyukai Buah-buahan

BIBLIOTIKA - Anak-anak umumnya menyukai makanan atau minuman yang manis. Yang jadi masalah, konsumsi gula dan makanan manis secara berlebihan pada anak dapat menyebabkan mereka kekurangan gizi. Karena makanan manis memiliki kandungan kalori tinggi, namun zat gizinya rendah. Di samping itu, makanan manis membuat mereka rentan terkena masalah gigi berlubang, yang kerap terjadi pada anak-anak.

Karena itu, sebagai orangtua, Anda perlu memahami dan memperhitungkan dampak negatif dari gula dan makanan manis seperti permen, cokelat, atau es krim, yang biasa dikonsumsi anak-anak Anda, terutama pada masa pertumbuhan optimal anak pada tiga tahun pertama. Pada masa tersebut, pola makan yang baik harus dikenalkan sejak anak mulai mengonsumsi makanan padat di luar ASI, yaitu sejak usia 1 tahun.

Terkait gula, yang merupakan zat pemanis, batasan yang bisa dibilang sehat untuk anak adalah sekitar 3-5 sendok per hari. Gula memang dapat menambah tenaga, misalnya dalam teh manis yang sering menjadi minuman sehari-hari. Namun, pastikan jumlah gula yang dikonsumsi setiap hari tidak melewati batas yang diperbolehkan. Kalau pun anak Anda terus meminta makanan manis, Anda bisa menggantinya dengan makanan lain yang lebih sehat—dan sama-sama manis—yaitu buah.

Rasa manis pada buah lebih sehat dibanding gula. Karenanya, lebih baik anak Anda mengonsumsi buah-buahan, meski sama-sama manis, daripada mereka mengonsumsi permen, cokelat, es krim, atau semacamnya. Bahkan, jenis pemanis lain semisal madu, atau gula rendah kalori, juga tidak bisa dibilang baik, khususnya jika dikonsumsi berlebihan, terutama bagi perkembangan gizi anak.

Terkait buah-buahan, yang sering menjadi masalah adalah ketidaktertarikan anak-anak terhadap buah-buahan. Ada sebagian anak yang menyukai buah-buahan, namun ada sebagian lain yang tidak mau makan buah-buahan, dan lebih suka memakan permen atau semacamnya. Jika anak Anda termasuk yang tidak suka buah-buahan, Anda bisa mengikuti tip berikut untuk mengajak mereka mulai menyukai buah-buahan:

Ajaklah anak Anda berbelanja buah di supermarket. Sambil memilih-milih buah, selipkan informasi ringan mengenai kandungan dan manfaat buah tersebut bagi kesehatan. Buat mereka mengerti bahwa buah-buahan adalah makanan yang baik.

Anda bisa mengolah buah menjadi jus segar yang menggugah selera. Sajikan dalam gelas-gelas lucu yang disukai anak.

Anda juga bisa membuat kreasi jus dengan berbagai rasa. Misalnya, Anda bisa menambahkan aneka choco chip atau warna-warni di atasnya.

Anda bisa pula mengolah buah dalam bentuk milkshake dengan tambahan sedikit gula. Ini merupakan cara menarik untuk menyembunyikan buah dalam penyajian. Beri sedotan, agar anak Anda lebih tertarik meminumnya.

Selain dibuat minuman atau jus, buah juga bisa dibuat puding atau saus es krim. Tambahkan pula buah seperti jeruk, stroberi, atau lainnya, ke dalam semangkuk puding beraneka bentuk.

Cobalah untuk mencampur beragam buah menjadi variasi sup. Tambahkan sedikit siraman sirup atau madu dan bongkahan es batu.

Baca juga: Manfaat Mengonsumsi Buah di Pagi Hari