Tiga Cara Terbaik Menikmati Buah

Tiga Cara Terbaik Menikmati Buah

BIBLIOTIKA - Serat adalah kandungan dalam buah yang sangat dibutuhkan tubuh. Karenanya, dalam sehari, batas minimal asupan serat yang diperlukan tubuh adalah sekitar 25 gram. Namun, asupan serat orang Indonesia sampai saat ini bisa dibilang masih tergolong rendah, yaitu antara 10-15 gram per hari. Artinya, masyarakat belum banyak mengonsumsi buah dan sayuran untuk mendapatkan manfaat serat di dalamnya.

Di luar kecenderungan kurang asupan serat, sebagian masyarakat juga belum memahami bagaimana cara terbaik dalam mengonsumsi buah, agar manfaatnya lebih optimal. Sebagai contoh, buah yang dimasak atau dibuat olahan telah mengalami penurunan nutrisi.

Sekitar 40 persen vitamin dalam buah akan berkurang dan rusak ketika dimasak. Karena itu, cara terbaik mengonsumsi buah tentu bukan setelah buah dimasak atau diolah, melainkan saat buah masih utuh, atau dimakan sebagai buah segar.

Terkait hal tersebut, berikut ini tiga cara yang dianggap terbaik dalam mengonsumsi buah, yang bisa Anda pilih.

Dipotong

Cara terbaik mengonsumsi buah adalah memakannya langsung sebagai buah segar. Untuk hal itu, Anda bisa langsung menggigit dan mengunyahnya, atau memotong buah menjadi potongan-potongan kecil. Sebenarnya, saat dipotong-potong, kandungan nutrisi dalam buah sudah mulai berkurang, tapi tidak berkurang banyak.

Jika Anda mengonsumsi buah secara langsung, atau dipotong-potong, jangan lupa untuk mencucinya terlebih dulu. Selain itu, pada buah-buahan yang memiliki kulit tipis—semisal apel—sebaiknya jangan hilangkan kulitnya. Pada kulit buah terkandung antioksidan dalam kadar tinggi, jadi sebaiknya Anda memakan pula kulitnya.

Memakan buah secara langsung atau berupa potongan tidak hanya memungkinkan Anda mendapat asupan nutrisi yang terkandung dalam buah, namun juga memberi kesempatan mulut untuk mengeluarkan enzim penghancur makanan. Saat Anda menggigit buah, air liur dalam mulut akan diproduksi, dan itu membantu aktivitas mulut untuk bergerak lebih aktif.

Dihaluskan

Selain mengonsumsinya langsung sebagai buah segar, cara lain yang sama enak dan baik adalah menghaluskan buah, atau menjadikannya jus. Anda bisa menggunakan blender untuk menghaluskan buah, hingga lebih mudah dikonsumsi.

Jus buah sepertinya lebih disukai banyak orang, karena rasanya yang menyegarkan. Jika Anda juga suka membuat jus buah untuk dikonsumsi, yang perlu diperhatikan adalah hindari penambahan gula yang terlalu banyak ke dalamnya. Buah sudah memiliki kandungan pemanis alami yang sehat. Jadi lebih baik konsumsi jus buah tanpa ada tambahan pemanis lain.

Selain itu, mengonsumsi buah dalam bentuk jus tidak bisa dibilang lebih baik dibandingkan mengonsumsi buah dalam bentuk utuh. Karena, saat dihancurkan, kandungan nutrisi dalam buah akan mengalami kerusakan, termasuk kandungan seratnya.

Diambil sarinya

Cara lain dalam mengonsumsi buah adalah dengan mengambil sari buah. Caranya tentu dengan memeras kandungan air di dalam buah untuk diminum, sementara daging buahnya tidak dikonsumsi.

Meski sama-sama sehat, tetapi mengonsumsi buah dengan cara hanya mengambil sarinya adalah cara yang paling banyak menghilangkan manfaat dan vitamin dalam buah. Dengan memeras buah dan hanya mengonsumsi sarinya, Anda hanya memperoleh sedikit kandungan vitamin yang ada dalam buah, dan menyisakan daging buah atau ampasnya. Padahal, di dalam ampas daging buah juga masih terdapat banyak vitamin lain serta serat.

Baca juga: Tips agar Anak Menyukai Buah-buahan