Tips Mengolah Buah-buahan Kecut dan Sepet

Tips Mengolah Buah-buahan Kecut dan Sepet

BIBLIOTIKA - Tidak semua buah memiliki rasa enak dan manis. Sebagian buah memiliki rasa kecut atau sepet. Jangankan buah yang memang aslinya memiliki rasa kecut atau sepet, bahkan buah yang aslinya memiliki rasa manis pun bisa jadi memiliki rasa kecut atau sepet.

Misalnya, mangga adalah buah yang memiliki rasa manis. Tetapi, bisa jadi, Anda membeli mangga dan rasanya tidak manis tetapi kecut. Begitu pula dengan buah lain. Karena salah memilih atau karena kondisi tertentu, buah yang kita kira atau harap memiliki rasa manis tapi ternyata kecut atau sepet.

Yang jadi masalah, buah-buahan dengan rasa kecut atau sepet sering kali menurunkan selera untuk menyantapnya. Bagaimana pun, kita tentu lebih suka menikmati mangga yang manis daripada mangga yang kecut. Tapi bagaimana kalau umpama kita sudah telanjur membeli cukup banyak mangga, dan ternyata rasanya tidak semanis yang kita kira?

Daripada mangga itu sia-sia, Anda bisa tetap mengonsumsinya, setelah diolah. Berikut ini tip mengolah buah-buahan yang kecut atau sepet, agar Anda tetap berselara menikmatinya.

Jadikan manisan

Mangga muda atau kedondong yang ternyata memiliki rasa kecut dan sepet bisa diolah menjadi manisan. Anda bisa memotong-motongnya, kemudian taburi dengan gula pasir. Setelah itu, diamkan satu malam atau beberapa waktu, sampai daging buah mengeluarkan air. Jika suka, Anda juga bisa menambahkan cabai rawit yang sudah ditumbuk, agar rasa manisan lebih ramai.

Hasilnya, buah yang semula tidak enak jadi santapan yang menarik. Dengan perpaduan rasa kecut, manis, dan pedas, Anda akan lebih bisa menikmatinya, karena rasanya kini lebih enak.

Jadikan selai

Nanas, mangga, apel, kiwi, dan stroberi, adalah beberapa jenis buah yang dapat diolah menjadi selai. Karenanya, jika buah yang Anda beli ternyata tidak selezat yang Anda harapkan, Anda bisa mengolahnya menjadi selai.

Caranya juga tidak sulit. Anda cukup memarut buah, kemudian tambahkan gula pada buah yang telah diparut tersebut. Perbandingannya bisa 1:1 atau 2:1 atau sesuai selera Anda. Bisa pula ditambahkan air lemon dan pektin (sejenis gelatin nabati), dan jadilah selai yang lezat.

Cara ini tidak hanya akan membuat Anda berselera menyantapnya, namun juga memungkinkannya untuk disimpan lebih lama. Anda bisa mengonsumsi selai tersebut untuk dimakan bersama roti, atau lainnya.

Jadikan setup

Anda juga bisa mengolah buah yang kecut atau sepet untuk dijadikan setup buah, seperti yang biasa disajikan di pesta atau resepsi. Caranya, Anda perlu memotong buah kecil-kecil, dalam bentuk kotak-kotak, atau sesuai selera.

Setelah itu, panaskan air dan gula, dengan takaran 3:1 atau sesuai selera Anda. Tambahkan sejumput cengkeh atau kayumanis, dan tunggu sampai mendidih. Lalu masukkan potongan buah tadi ke dalamnya. Tunggu selama 2 menit, lalu diangkat.

Olahan setup ini bisa dinikmati dalam keadaan hangat, atau saat dingin. Untuk setup dingin, Anda bisa menambahinya dengan potongan es. Buah yang semula kecut dan sepet kini terasa jauh lebih enak.

Jadikan campuran kue atau puding

Dibanding cara yang lain, cara ini bisa dibilang lebih rumit, namun menghasilkan makanan yang lebih enak, yaitu dengan menjadikan buah sebagai campuran kue atau puding.

Karenanya, jika Anda kebetulan menghadapi buah yang cukup banyak, namun rasanya kecut atau sepet, Anda bisa mengolahnya bersama kue, atau dijadikan campuran puding. Hasilnya, kue atau puding buah Anda akan terasa lebih enak dan lebih menyegarkan.

Jadikan rujak

Ini cara yang bisa dibilang mudah sekaligus menghasilkan makanan yang enak. Jika Anda membeli nanas, mangga, belimbing, atau kedondong, dan ternyata rasanya sepet atau kecut, Anda bisa mengolahnya menjadi rujak.

Tidak perlu repot-repot, Anda tinggal mengiris-iris buah tersebut, lalu mencampurkannya dengan olahan sambal. Atau bisa pula sambal dibuat tersendiri, dan Anda memakan buah-buah tersebut sambil mencolek sambal. Hasilnya, buah-buahan yang semula kecut tetap kecut, tapi kali ini lebih enak, karena ditemani sambal.

Jadikan salad

Solusi lain untuk mengolah buah-buahan yang sepet dan kecut adalah dengan menjadikannya salad buah. Dengan menambahkan saus salad yang manis, ditambah parutan keju cheddar dan susu kental manis, buah-buahan yang semula tidak enak bisa berubah menggugah selera. Jika tidak ingin repot, cukup tambahkan susu kental manis saja pada salad.