Manfaat Mengonsumsi Buah Sebelum Makan

Manfaat Mengonsumsi Buah Sebelum Makan

BIBLIOTIKA - Jika Anda sedang menjalani program diet dalam upaya menurunkan berat badan, Anda perlu membiasakan satu hal penting ini, yaitu mengonsumsi buah sebelum makan. Mengonsumsi buah sebelum makan, yang artinya perut Anda masih kosong, akan memungkinkan tubuh menyerap nutrisi buah secara lebih baik, juga membantu mengontrol nafsu makan Anda, sehingga dapat mengurangi porsi makan.

Selain itu, buah-buahan yang memiliki kandungan serat tinggi akan membantu proses pencernaan makanan secara keseluruhan, jika dikonsumsi sebelum Anda makan. Sebaliknya, jika Anda mengonsumsi buah setelah makan, kandungan nutrisi dalam buah justru tidak berguna, karena nutrisi itu akan membusuk sebelum terserap oleh tubuh, akibat enzim yang berfungsi menyerapnya sudah habis terpakai untuk mencerna dan menyerap makanan yang baru Anda makan.

Selama ini, ada semacam persepsi bahwa buah sebaiknya dikosumsi setelah makan, karena mengonsumsi buah sebelum makan akan membuat perut sakit. Sebenarnya, itu hanya mitos. Mengonsumsi buah sebelum makan tidak membuat perut sakit, karena tidak mengganggu proses pencernaan.

Selain itu, mengonsumsi buah sebelum makan akan membuat Anda merasa lebih kenyang, sehingga nafsu makan Anda tidak akan meninggi. Itu memberi dampak positif bagi Anda yang sedang diet untuk menurunkan berat badan.

Karenanya, jika Anda ingin mendapatkan manfaat buah untuk menunjang kesuksesan program diet yang sedang dijalani, biasakan untuk mengonsumsi buah sebelum makan, setidaknya dua jam sebelum makan. Hal itu akan memungkinkan tubuh mencerna kandungan nutrisi dalam buah secara lebih baik, yang kemudian membantu pencernaan bekerja lebih optimal saat Anda mulai memasukkan makanan lain.

Kemudian, hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah, biasakan untuk langsung mengonsumsi buah setelah dikupas atau dipotong. Hal itu bertujuan agar kandungan vitamin dan betakaroten dalam buah tidak hilang. Buah memiliki kandungan vitamin yang kaya, termasuk vitamin C. Namun, vitamin C dan betakaroten mudah teroksidasi jika buah dibiarkan lama di suhu ruangan, setelah dikupas atau dipotong. Kalau pun menyimpan buah dalam kulkas, sebaiknya jangan terlalu lama.

Terkait buah yang dikonsumsi sebelum makan, beberapa buah yang bisa dipilih di antaranya adalah pisang, jeruk bali, atau apel.

Baca juga: Fakta dan Manfaat Infused Water