Manfaat Mengonsumsi Buah di Pagi Hari

Manfaat Mengonsumsi Buah di Pagi Hari

BIBLIOTIKA - Salah satu waktu terbaik untuk mengonsumsi buah adalah pada pagi hari, sebelum sarapan. Pada waktu itu, perut masih dalam keadaan kosong, sehingga zat-zat nutrisi dalam buah bisa langsung tercerna oleh tubuh, untuk kemudian memberikan manfaatnya. Karena itu, mengonsumsi buah pada pagi hari adalah kebiasaan baik, karena memberi dampak positif bagi tubuh.

Pagi hari, sekitar dua jam sebelum sarapan, Anda bisa menikmati buah terlebih dulu, misalnya apel. Dua jam kemudian, Anda baru sarapan pagi. Rutin melakukan hal tersebut, akan membuat Anda memperoleh manfaat-manfaat berikut ini.

Meningkatkan energi

Mengonsumsi buah pada pagi hari membuat tubuh Anda memiliki energi yang cukup. Apel, jeruk, pisang, dan melon, merupakan pilihan yang bagus untuk dikonsumsi pada pagi hari, karena buah-buah tersebut memiliki indeks glikemik yang sangat rendah. Selain itu, buah juga kaya karbohidrat, sehingga membantu menyehatkan Anda saat dikonsumsi pagi hari.

Menyehatkan pencernaan

Setelah semalam tidur, tubuh Anda bekerja mengumpulkan racun dan limbah dalam tubuh, untuk kemudian dikeluarkan melalui feses. Itulah kenapa Anda biasa buang air besar pada pagi hari.

Dalam hal ini, buah membantu menjadi pembersih dalam tubuh Anda. Saat Anda mengonsumsi buah pada pagi hari, artinya Anda membantu tubuh menghilangkan racun yang telah terkumpul semalam. Hal itu akan meningkatkan kesehatan pencernaan, sekaligus membuat Anda lebih segar dan berenergi sepanjang hari.

Membantu penyerapan nutrisi

Hal penting yang membuat para ahli menyarankan Anda untuk mengonsumsi buah pada pagi hari, adalah karena kandungan enzim yang dimilikinya. Enzim-enzim dalam buah memiliki peran penting dalam membantu pencernaan secara alami. Selain itu, berbagai enzim dalam buah juga membantu menyerap nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi sehari-hari.

Meningkatkan mood

Buah-buahan mengandung glukosa alami yang baik untuk tubuh. Saat Anda mengonsumsi buah pada pagi hari, kandungan glukosa yang dikandungnya dapat membantu Anda lebih aktif dan lebih bersemangat. Buah-buahan juga mengandung gula alami dan serat, yang dapat meningkatkan energi mental serta memerbaiki mood, sehingga Anda dapat menatap hari baru dengan pikiran lebih cerah.

Baca juga: Empat Jenis Buah dan Kandungan Manfaatnya