Empat Jenis Buah dan Kandungan Manfaatnya

Empat Jenis Buah dan Kandungan Manfaatnya

BIBLIOTIKA - Buah adalah makanan yang baik, karena selain enak juga memberi banyak manfaat melalui nutrisi yang dikandungnya. Selain itu, buah memiliki bentuk yang unik, serta warna-warni yang menarik. Dengan semua kualitas tersebut, seharusnya buah memiliki daya tarik tinggi, sehingga setiap orang tidak segan mengonsumsinya, termasuk anak-anak.

Jika kita perhatikan, berbagai macam buah memiliki ciri khas masing-masing, dengan bentuk berbeda, dengan warna unik sendiri-sendiri yang menarik. Masing-masing buah tersebut tidak hanya berbeda dalam bentuk fisik, namun juga berbeda dalam kandungan dan manfaatnya. Secara garis besar, ada empat jenis buah dengan fungsi utama berbeda, dan berikut ini uraiannya.

Buah dengan lemak baik

Contoh buah yang memiliki kandungan lemak baik adalah avokad, apel merah, dan pisang. Ada pula buah yang memiliki kandungan lemak baik, namun kandungan gulanya kurang baik. Contohnya durian. Karena itu, durian hanya disarankan untuk dikonsumsi sebagai pilihan, dalam arti tidak dikonsumsi seara rutin setiap hari.

Buah dengan enzim pencerna kuat

Contoh buah yang memiliki enzim pencerna yang kuat adalah nanas yang masih memiliki rasa asam, dan belum terlalu matang. Semakin banyak rasa asamnya, semakin kuat enzim pencernaanya. Orang yang sering mengalami perut kembung bisa mengonsumsi buah ini. Begitu pula anak-anak yang sering mengalami sakit perut.

Selain nanas, buah yang memiliki kemampuan sama di antaranya adalah kiwi dan pepaya. Mangga juga baik dalam hal ini, asal yang masih memiliki sedikit rasa kecut.

Buah dengan energi tinggi

Contoh buah yang membantu memberi energi adalah pisang dan anggur. Buah raspberry juga memiliki kandungan energi yang tinggi, karena mengandung gula tertinggi di antara buah-buah lainnya.

Selain itu, jeruk juga bisa dikonsumsi untuk mendapatkan energi. Sebaiknya, konsumsilah jeruk bersama selaput putih yang biasa mengelilingi daging buah. Selaput putih itu mengandung hesperadin sebagai zat antikolesterol, yang bisa menekan kadar kolesterol.

Buah dengan antioksidan tinggi

Contoh buah yang memiliki kandungan antioksidan tinggi adalah buah-buahan beri (seperti bluberi, stroberi, dan lain-lain). Umumnya, buah yang memiliki antioksidan tinggi memiliki warna biru atau keunguan.

Selain keluarga buah beri, buah lain yang memiliki manfaat serupa adalah manggis, meski antioksidan terbanyak ada pada kulitnya. Kemudian, anggur juga mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga bisa pula dijadikan pilihan. Kadar antoksidan tinggi dalam buah dapat menekan gula darah, karenanya jenis buah ini baik untuk dikosumsi penderita diabetes.

Baca juga: Tips Memilih Sari Buah Kemasan