Daftar Buah dan Sayur Non-Organik yang Bebas Pestisida

Daftar Buah dan Sayur Non-Organik yang Bebas Pestisida

BIBLIOTIKA - Kebiasaan mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran adalah kebiasaan yang baik sekaligus menyehatkan. Karena buah dan sayur adalah makanan sehat, alami, sekaligus memiliki kandungan berbagai nutrisi yang baik untuk menunjang kesehatan.

Terkait buah, salah satu hal penting yang terkandung di dalamnya adalah antioksidan. Kandungan antioksidan kebanyakan terdapat pada zat warna buah. Antioksidan dalam buah memiliki manfaat dalam menangkal radikal bebas. Dengan mengonsumsi buah sehari-hari, tubuh akan lebih terbebas dari radikal bebas, sehingga lebih sehat, kulit lebih segar, dan lebih cerah.

Semakin rutin mengonsumsi buah—apalagi sesuai porsi yang disarankan—semakin baik pula manfaat yang bisa diperoleh tubuh. Selain itu, sangat baik pula untuk mengganti-ganti konsumsi buah, sehingga tubuh bisa mendapatkan aneka nutrisi yang berbeda dari berbagai buah-buahan, dengan manfaat yang juga berbeda-beda.

Terkait buah dan sayuran, saat ini ada banyak buah dan sayuran yang terkontaminasi pestisida, sehingga bisa memiliki dampak yang kurang baik, khususnya jika dikonsumsi berlebihan. Memang ada produk buah dan sayuran yang bebas pestisida, namun harganya biasanya lebih mahal. Terkait hal tersebut, Anda bisa mencermati daftar berikut ini.

Berikut ini adalah daftar buah dan sayur non-organik, yang bisa dibilang bebas pestisida, atau hanya sedikit terkena pestisida:
  1. Asparagus
  2. Avokad
  3. Bawang bombai
  4. Jagung manis
  5. Jamur
  6. Jeruk limau
  7. Kacang polong
  8. Ketela pohon
  9. Kiwi
  10. Kol/kubis
  11. Mangga
  12. Melon
  13. Nanas
  14. Pepaya
  15. Terung

Buah dan sayur yang bebas pestisida memang hanya bisa ditemukan pada produk organik. Namun, setidaknya buah dan sayur yang sudah disebutkan di atas hanya terkena sedikit kontaminasi pestisida.

Kemudian, yang juga perlu Anda ketahui, ada pula buah dan sayur yang memiliki kandungan pestisida dalam jumlah cukup banyak. Sayur dan buah tersebut di antaranya adalah apel, seledri, stroberi, persik, bayam, anggur, paprika, kentang, bluberi, sawi, dan kale.

Baca juga: Tips Mengolah Buah-buahan Kecut dan Sepet