10 Turnamen Game Dengan Hadiah Terbesar di Dunia

10 Turnamen Game Dengan Hadiah Terbesar di Dunia

BIBLIOTIKA - Ada banyak penyuka bahkan penggila game di dunia. Jika dulu game dimainkan dengan perangkat sederhana, kini game telah dimainkan dengan perangkat yang lebih canggih. Sebegitu populer game di masa kini, sampai para pemainnya bisa menjadi sosok-sosok terkenal. Kini, ada berbagai macam game yang dikenal, dari game versi PC sampai game mobile.

Terkait dunia game, ada turnamen khusus game, yang disebut eSports. eSpoerts adalah istilah untuk kompetisi/turnamen di dunia virtual. Sebagaimana kompetisi atau turnamen di bidang lain, eSports juga menjanjikan hadiah, yang jumlahnya tergolong besar. Nilai hadiah eSports bahkan melebihi kejuaraan olahraga lain semisal golf internasional.

Berikut ini adalah 10 turnamen game atau eSports yang memiliki hadiah terbesar di dunia. Daftar ini dibuat dari angka 10 menuju ke angka 1, yang hadiahnya paling besar.

10. BlizzCon World Championship
Hadiah: 1 juta dolar

Anaheim Convention Center, Amerika Serikat, menjadi saksi sengitnya pertarungan memperebutkan posisi 1 kejuaraan dunia Hearthstone dan Heroes of the Storm. Masing-masing memberikan hadiah 1 juta dolar untuk para pemenang. Jelas, hal ini membuat permainan begitu sengit dan tak terlupakan.

9. ELEAGUE Season 1 
Hadiah: 1,4 juta dolar

ELEAGUE disiarkan langsung melalui stasiun teve Amerika tiap hari Jumat selama kurang lebih 2 bulan, dari 24 Mei 2016 hingga 30 Juli 2016. ELEAGUE merupakan turnamen game CS:GO yang dianggap sebagai permainan game terkeren. Pemenang turnamen ini adalah team Virtus Pro.

8. World Electronic Sports Games
Hadiah: 1,5 juta dolar

Ada 5 cabang game yang dikompetisikan, yakni CS:GO, Dota 2, Hearthstone, Starcraft II, dan Starcraft II: Legacy of Void. Penyelenggaranya adalah perusahaan raksasa Alibaba, melalui anak perusahannya, Alisports. Diselenggarakan di Shanghai, Tiongkok, tahun 2016-2017, dan diikuti oleh pemin dari berbagai penjuru dunia.

7. Call of Duty XP Championship 2016 
Hadiah: 2 juta dolar

Ini merupakan hadiah terbesar dari sekian banyak kejuaraan Call of Duty yang diselenggarakan di California. Pemenangnya adalah team EnVyUs dan berhak membawa pulang hadianya.

6. Halo World Championship 2016 
Hadiah: 2,5 juta dolar

Sponsor utamanya adalah perusahann IT ternama, Microsoft. Diadakan di California pada bulan Maret 2016. Juara utama turnamen bergengsi ini adalah Counter Logic Gaming. Tidak seperti yang lain, kejuaraan ini menggunakan konsol Xbox sebagai perangkat kerasnya.

5. Smite World Championship 
Hadiah: 2,6 juta dolar

Di Indonesia, Smite World tidak begitu populer, namun game ini memiliki fans fanatik yang sangat banyak jumlahnya. Hadiah sebesar 2,6 juta dolar merupakan dana dari sumbangan para fans yang dikumpulkan sebagai hadiah utama. Diselenggarakan di Atlanta, Amerika Serikat, dan dimenangkan oleh COGNitive Prime yang juga berasal dari Amerika.

4. Dota 2 Valve Majors 
Hadiah: 3 juta dolar

Turnamen ini hanya sebuah tahap pemanasan untuk turnamen Dota internasional. Walau cuma tahap kualifikasi untuk The International Dota 2, tapi hadiahnya sudah fantastis, yaitu 3 juta dolar. Juara turnamen ini adalah team OG.

3. Dota 2 Asia Championship 
Hadiah: 3,057 juta dolar

Awalnya hanya menyediakan dana sebesar 250 ribu dolar sebagai hadiahnya. Namun berkat dukungan dana dari para fans, akhirnya besarnya hadiah bisa mencapai 3 juta dolar lebih. Team Evil Geniuss, yang baru saja merombak anggotanya, berhasil mengalahkan Vici Gaming dan berhak membawa pulang hadiah utama.

2. League of Legends World Championship 2016 
Hadiah: 5 juta dolar

Game dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia ini tak mau kalah bersaing di ajang turnamen. Hadiahnya 5 juta dolar, padahal awalnya hanya memberikan 2 juta dolar. Para pecinta game ini memberikan dukungan dana hingga membengkak sampai 5 juta dolar. Ini bukti kalau League of Legends memang banyak dicintai oleh gamers di seluruh dunia.

1. The International 7 
Hadiah: 24.8 juta dolar

Ya, sudah bisa ditebak siapa yang ada di posisi pertama, yaitu Dota 2. Dari tahun ke tahun, Dota 2 selalu mengadakan turnamen dengan hadiah yang tidak sedikit. Di turnamen internasional ke 7 ini sudah mencapai angka 24,8 juta dolar.

Berkat perjuangannya mengalahkan tim hebat di seluruh dunia, akhirnya tim Liquid keluar sebagai juara. Dengan uang sebanyak itu, pasti mereka bisa membangun tim yang lebih kuat di tahun berikutnya.