Tips Memaksimalkan Manfaat Buah-buahan

Tips Memaksimalkan Manfaat Buah-buahan

BIBLIOTIKA - Buah adalah makanan alami yang telah lama diketahui sebagai nutrisi dan sumber gizi yang baik, yang dibutuhkan untuk tubuh sehat. Karenanya, kita pun disarankan untuk rutin mengonsumsi buah, setidaknya lima porsi atau sekitar setengah cangkir.

Penelitian menemukan, rutin mengonsumsi buah-buahan setiap hari dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit, dari yang ringan sampai yang berat, dari masalah jantung sampai penyakit kanker.

Pertanyaannya, bagaimana cara mengonsumsi buah yang baik? Selama ini, banyak orang biasa mengonsumsi buah sebagai “pencuci mulut”. Karenanya, kebanyakan orang pun makan buah setelah makan berat, semisal usai makan siang. Padahal, cara itu bisa dibilang justru tidak baik, karena manfaat buah jadi tidak maksimal.

Cara terbaik mengonsumsi buah adalah dengan memakan buah tanpa ditemani makanan lain. Karena buah akan membantu sistem pencernaan untuk berfungsi maksimal, jika dimakan tanpa tambahan asupan lain.

Buah mudah dicerna oleh tubuh, dan mudah dipecah untuk menjadi nutrisi oleh sistem pencernaan tubuh. Karena itu, Anda harus selalu makan buah di waktu yang tepat. Saran terbaik, makanlah buah sebelum Anda membutuhkan energi, semisal pada waktu pagi hari atau sebelum Anda makan siang.

Makan buah pada pagi hari dianggap tepat, sehingga Anda perlu mengonsumsi buah sebelum memulai aktivitas. Buah mengandung fruktosa yang tinggi, yang akan membantu tubuh Anda meningkatkan energi setelah tidur berjam-jam. Selain itu, buah juga membantu memberi energi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas. Untuk konsumsi pagi, Anda bisa memilih apel, jeruk, pisang, melon, atau buah beri, karena buah-buahan tersebut memiliki indeks glikemik yang sangat rendah.

Selain pagi hari, waktu yang juga tepat untuk mengonsumsi buah adalah sebelum makan siang, bukan setelah makan siang. Sekitar satu atau dua jam sebelum makan siang, Anda bisa makan buah terlebih dulu. Hal itu akan memberi waktu yang cukup bagi tubuh untuk bersiap mencerna makanan selanjutnya. Cara ini juga menghindarkan Anda dari masalah perut kembung atau semacamnya.

Pagi dan siang sebelum makan siang tampaknya waktu terbaik untuk mengonsumsi buah, sekaligus untuk memaksimalkan manfaat buah yang kita konsumsi. Di sela-sela waktu itu, Anda juga boleh rutin mengudap buah, karena buah adalah camilan yang sehat. Karenanya, Anda bisa mengganti keripik kentang dengan potongan buah segar.

Baca juga: Buah-buahan Paling Mahal di Dunia