Dampak Positif Rutin mengonsumsi Buah-buahan

Dampak Positif Rutin mengonsumsi Buah-buahan

BIBLIOTIKA - Buah adalah sumber gizi, vitamin, mineral, dan aneka nutrisi lain yang dihasilkan oleh alam. Karenanya, berbeda dengan makanan olahan pabrik, buah jauh lebih alami. Aneka nutrisi yang terkandung dalam buah memiliki banyak manfaat bagi tubuh, meliputi kesehatan, kebugaran, kecantikan, hingga meningkatkan mood dan kemampuan berpikir.

Dengan semua kandungan nutrisi yang dimilikinya, buah identik dengan orang sehat. Kebanyakan orang sehat dan bugar rata-rata penyuka buah. Kenyataannya, buah memang memberi dampak positif pada mereka, dan berikut ini di antaranya.

Tubuh lebih ramping

Penelitian menemukan bahwa mengonsumsi buah-buahan dapat membantu menjaga berat badan seseorang tetap seimbang atau ideal. Misalnya buah bluberi. Meski hanya dimakan seminggu sekali, mengonsumsi bluberi segar dapat menghilangkan 20 ribu kalori dalam setahun. 

Pencernaan lebih lancar

Buah-buahan mengandung air dan serat tinggi, yang merupakan mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Di antara fungsi penting air dan serat dalam buah adalah menjaga kesehatan pencernaan. Karenanya, orang yang rutin mengonsumsi buah-buahan bisa dibilang tidak pernah mengalami masalah dengan pencernaan.

Untuk mendapat manfaat tersebut, sebaiknya konsumsilah buah dalam bentuk utuh sebagai buah segar, agar nutrisi di dalamnya tetap terjaga dan dapat diserap tubuh secara optimal.

Sistem imun lebih kuat

Sistem imun atau kekebalan tubuh adalah benteng yang dibutuhkan tubuh untuk menahan serangan penyakit, entah dari virus, bakteri, atau lainnya. Meski tubuh secara alami membangun sistem imun, namun pertahanan itu akan jauh lebih kuat jika ditunjang dengan rutin mengonsumsi buah-buahan.

Buah-buahan memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi menjaga sistem kekebalan tubuh. Hasilnya, tubuh lebih mampu menahan serangan penyakit, yang artinya lebih sehat dan tidak mudah sakit. Selain itu, buah-buahan juga mengandung aneka senyawa penting yang juga mampu menangkal berbagai penyakit berat seperti jantung dan kanker.

Lebih bugar atau lebih cantik

Selain membantu meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, antioksidan pada buah-buahan juga memberi manfaat kecantikan bagi tubuh. Antioksidan memiliki kemampuan melancarkan sirkulasi darah, sehingga aliran darah dalam tubuh lebih lancar di permukaan kulit. Hal itu menjadikan kulit tampak lebih sehat, lebih bugar, dan lebih cantik.

Lebih berenergi

Buah-buahan mampu memberi asupan energi instan untuk tubuh, dalam bentuk yang alami. Karenanya, jika Anda termasuk orang yang aktif sepanjang hari, mengonsumsi buah-buahan bisa dijadikan pilihan untuk menunjang tubuh Anda selalu berenergi. Mengonsumsi buah-buahan tentu jauh lebih baik daripada Anda mengonsumsi minuman penambah energi atau suplemen semacamnya.

Baca juga: Tips Memaksimalkan Manfaat Buah-buahan