Buah-buahan Paling Mahal di Dunia

Buah-buahan Paling Mahal di Dunia

BIBLIOTIKA - Buah apa yang paling mahal di dunia? Durian? Mungkin durian terkenal sebagai buah dengan harga mahal. Tapi semahal-mahalnya durian, harganya tentu tidak sampai jutaan apalagi puluhan juta rupiah. Di dunia ini, ada buah-buahan yang harganya bisa dibilang “tidak masuk akal”, karena setara dengan harga mobil!

Jepang adalah negara yang terkenal sebagai penghasil buah-buahan termahal di dunia. Dengan rekayasa teknologi yang mereka miliki, Jepang bisa menghasilkan buah-buahan tertentu dengan aroma dan rasa yang berpuluh kali lebih enak dibanding buah aslinya. Tidak hanya dalam aroma dan rasa, Jepang bahkan bisa menghasilkan buah-buahan yang memiliki warna dan bentuk berbeda dengan buah aslinya.

Salah satu contoh kehebatan Jepang dalam melakukan rekayasa pada buah bisa dilihat pada semangka kotak yang mereka hasilkan. Umumnya, semangka memiliki bentuk bundar. Ditanam dan tumbuh di mana pun, semangka tetap berbentuk bundar dengan ukuran masing-masing.

Tetapi, Jepang bisa mengubah itu. Mereka bisa menghasilkan semangka berbentuk kotak atau persegi. Hasilnya, selain tampak unik dan menarik, semangka berbentuk persegi itu lebih mudah ditata dan ditumpuk.

Selain semangka, Jepang juga menghasilkan buah lain yang sama terkenal, yaitu melon. Disebut melon yubari, melon produksi Jepang itu memiliki harga ratusan juta rupiah. Lebih lengkap, berikut ini buah-buah paling mahal di dunia, yang mungkin belum pernah Anda bayangkan.

Melon 

Hingga saat ini, melon paling mahal di dunia adalah melon produksi Jepang, yang disebut yubari king. Harganya mencapai $26.000 USD, atau lebih dari 300 juta rupiah per buah! Sebegitu mahal, hingga buah ini sering dijadikan sebagai hadiah untuk rekanan, atau semacamnya.

Melon yubari memiliki rasa yang disebut sempurna, dengan gizi dan nutrisi yang sangat lengkap. Dari pemupukan sampai pembuahan, semuanya diperhatikan dengan cermat, sehingga melon yubari benar-benar menjadi buah hebat yang sangat mahal. Saat ini, dunia mengakui, melon yubari adalah melon terbaik sekaligus paling mahal di dunia.

Nanas 

Nanas termahal di dunia adalah nanas hasil produksi Inggris, yang memiliki harga di kisaran $16.500 USD atau sekitar 200 jutaan rupiah per buah.

Di Inggris, nanas telah ditanam sejak abad ke-19, atau sejak zaman Victoria. Pada masa lalu, teknologi pengembangan pohon nanas telah dilakukan, tapi tentu masih belum modern. Pada masa kini, Inggris menghasilkan teknologi yang jauh lebih hebat, yang mengadopsi cara budidaya nanas dari masa lalu. Pohon-pohon nanas itu kini tumbuh di rumah kaca, dengan pemanasan menggunakan reaksi kimia.

Teknologi rumah kaca itu mampu menghasilkan kualitas nanas yang sangat baik, hingga bisa dijual dengan harga sangat mahal. Biaya untuk menumbuhkan pohon-pohon nanas itu saja menghabiskan dana yang tidak sedikit, yaitu $2.000 USD atau sekitar 30 jutaan rupiah per pohon. Sementara waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan buah sekitar 2 tahun per pohon.

Nanas mahal produksi Inggris sangat terkenal di Amerika, dan di sana dijual dengan harga $16.500 USD atau sekitar 200 jutaan per buah.

Ceriman

Buah ceriman (Monstera deliciosa) mungkin jarang terdengar, karena nyatanya buah ini memang sangat langka. Lebih dikenal sebagai salad buah, ceriman hidup dan tumbuh di daerah hutan tropis seperti Amerika Serikat bagian timur. Dua wilayah yang diketahui membudidayakan buah ini adalah Meksiko dan Guatemala, dan di dua tempat itu pula nama ceriman lahir.

Buah ceriman sangat langka, karena setidaknya membutuhkan waktu satu tahun untuk tumbuh dan matang. Sebagai buah, ceriman bisa dibilang tidak terlalu istimewa. Namun, karena tempat tumbuhnya yang sangat langka, harga buah ini pun jadi mahal. Untuk mendapatkan satu buah ceriman, diperlukan uang setidaknya $50 USD atau sekitar 700 jutaan.

Anggur

Anggur paling mahal di dunia adalah anggur ruby roman, yang diproduksi di Jepang. Dijual per ikat, dengan harga mencapai $6.400 USD atau sekitar 80 jutaan rupiah. Anggur ruby roman adalah anggur paling langka di dunia, karena hanya ada di sebuah prefektur di Jepang, bernama Ishikawa.

Berbeda dengan anggur yang biasa kita lihat, anggur ruby roman memiliki ukuran sebesar bola tenis meja. Kadar gulanya diketahui sekitar 18%. Anggur ini dijual pertama kali pada tahun 2008.

Yang menjadikan buah ini mahal sebenarnya faktor kelangkaannya. Pada tahun 2010, Jepang hanya mampu menghasilkan 6 ikat buah anggur ruby roman. Sementara pada 2011, mereka hanya mampu menghasilkan 1 ikat anggur. Karena itulah, anggur merah ini kemudian mencapai harga yang sangat tinggi, hingga 80 jutaan rupiah per ikat.

Cupuaçu

Cupuaçu termasuk buah termahal di dunia, karena harganya berkisar $250 USD atau sekitar 3 jutaan per pon buah. Cupuaçu termahal dihasilkan di Amerika Selatan, termasuk di hutan Amazon.

Yang menjadikan buah ini sangat mahal tidak hanya karena faktor kelangkaannya, melainkan juga karena manfaatnya yang sangat besar untuk kesehatan. Kebanyakan orang membeli dan mendapatkan buah ini bukan melalui supermarket atau swalayan di tempat mereka tinggal, melainkan lewat internet.

Semangka hitam

Semangka yang biasa kita lihat tentu memiliki warna hijau dengan garis-garis pada kulitnya. Namun, di Jepang ada semangka dengan warna kulit hitam legam. Tidak ada garis atau warna lain apa pun, sehingga semangka itu tampak aneh, unik, dan sangat tidak biasa.

Semangka hitam hanya ada di Jepang, dan satu-satunya tempat di sana yang menumbuhkan buah ini hanya Hokkaido. Sebegitu langka, buah semangka hitam dijual dengan harga $ 6.300 USD atau sekitar 77 jutaan rupiah per buah.

Stroberi

Stroberi paling mahal di dunia adalah stroberi senbikiya, yang ada di daerah Senbikiya, Tokyo, Jepang. Berbeda dengan umumnya stroberi yang biasa kita lihat, stroberi senbikiya memiliki harga $83 USD, atau sekitar 1,3 juta rupiah per kotak. Satu kotak berisi 12 buah stroberi, dengan warna merona.

Semangka kotak

Selain semangka hitam, Jepang juga memproduksi semangka dalam bentuk kotak atau persegi. Dan sama seperti semangka hitam, semangka kotak juga memiliki harga sangat mahal. Satu buah semangka kotak rata-rata berharga $800 USD atau sekitar 11 jutaan rupiah per buah.

Sejak pertama kali diperkenalkan, semangka kotak produksi Jepang segera menarik perhatian dunia, karena bentuknya yang unik. Semangka kotak pun segera masuk negara-negara lain, meliputi Amerika hingga Rusia. Karena bentuknya yang unik pula, kadang orang membelinya bukan untuk dimakan, namun untuk dikoleksi atau untuk kesenangan pribadi.

Baca juga: Memahami Arti di Balik Stiker Kode Buah-buahan