Tips jika Mengonsumsi Buah di Pagi Hari

Tips jika Mengonsumsi Buah di Pagi Hari

BIBLIOTIKA - Karena buru-buru berangkat ke kantor atau tempat kerja, banyak orang yang memilih buah untuk sarapan, karena lebih praktis dan tidak ribet. Bahkan, sarapan buah bisa dilakukan sambil menuju tempat kerja, karena tinggal digigit dan dikunyah. Beda jauh dengan sarapan lain semisal nasi atau oatmeal yang tentu membutuhkan waktu tersendiri untuk menyiapkan, menata, sampai menyantap. Dengan sarapan buah, kita tinggal mengambil, lalu mengunyah, dan habis.

Pertanyaannya, apakah mengonsumsi buah pada pagi hari memang benar-benar bisa menggantikan sarapan pagi?

Buah-buahan segar memang mengandung nutrisi yang sehat, bahkan kita pun dianjurkan untuk rutin mengonsumsi buah setiap hari. Tetapi, bagaimana pun, mengonsumsi buah saja tidak cukup bisa untuk menggantikan peran sarapan seungguhnya. Eileen Canday, ahli diet dari Breach Candy Hospital, menyatakan bahwa vitamin dan mineral yang terdapat dalam buah-buahan tidak cukup memberi energi untuk beraktivitas dalam sehari.

“Sebaliknya, mengonsumsi sarapan yang lengkap memberi asupan vitamin C, kalsium, serat, dan protein. Nutrisi itu cukup memberi tenaga untuk beraktivitas,” ujarnya menjelaskan. Selain memberi nutrisi yang cukup untuk beraktivitas seharian, sarapan pagi yang benar juga mencegah munculnya rasa lapar. Hal itu tidak bisa digantikan oleh buah, karena rasa kenyang dari mengonsumsi buah tidak cukup untuk bertahan hingga waktu makan siang.

Karenanya, jika Anda terbiasa mengonsumsi buah pada pagi hari, Anda bisa meneruskan kebiasaan itu, karena kebiasaan itu juga baik untuk dipertahankan. Namun, setelah itu, Anda tetap harus sarapan pagi dengan makanan lain yang kaya nutrisi, semisal oatmeal atau makanan lain yang mengandung serat dan protein. Dengan begitu, tubuh Anda akan mendapatkan asupan nutrisi dan gizi yang lebih baik dan lebih lengkap, dari buah-buahan dan dari sarapan.

Selain itu, sarapan atau makan pagi adalah salah satu waktu makan yang penting. Anda perlu memperoleh protein dalam jumlah banyak untuk menghasilkan energi yang cukup, sekaligus menghindari tumpukan lemak. Protein yang dikonsumsi pada pagi hari akan segera dibakar, sehingga tidak menumpuk. Hal itu berbeda dengan makan siang atau makan sore/malam, ketika tubuh tidak lagi membakar protein secara aktif.

Kemudian, protein juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga tidak membuat Anda ingin ngemil akibat merasa lapar sebelum datang waktu makan siang. Karena itu, sekali lagi, Anda bisa meneruskan kebiasaan makan buah di pagi hari, tetapi Anda juga harus mengikutinya dengan sarapan, agar kondisi tubuh lebih baik dan lebih sehat, sekaligus menghindarkan Anda dari kemungkinan bertambah berat atau obesitas.

Jika Anda merasa kenyang setelah makan buah di pagi hari, sehingga malas atau kurang berselera sarapan pagi, maka Anda perlu mengganti kebiasaan tersebut. Kalau memang Anda jadi malas sarapan setelah makan buah di pagi hari, Anda bisa menjadikan buah sebagai camilan saat siang hari, ketika Anda berada di kantor atau tempat kerja. Jadi, saat pagi, Anda sarapan tanpa memakan buah, dan baru menyantap buah ketika Anda merasa ingin ngemil di sela-sela waktu kerja.

Baca juga: Memahami Keberadaan Lilin pada Kulit Buah-buahan