Tips agar Buah Potong Selalu Segar

Tips agar Buah Potong Selalu Segar

BIBLIOTIKA - Dengan tujuan agar lebih mudah menikmatinya kapan saja, kita kadang memotong-motong buah, lalu menempatkannya di piring atau lainnya, sehingga kita bisa mengambil kapan pun kita mau. Dengan bentuk potongan-potongan, kita dapat menikmati segarnya buah tanpa harus repot-repot lagi mengupas kulit dan lainnya.

Namun, sayangnya, beberapa buah mengalami masalah atau perubahan setelah dipotong-potong. Pir atau apel, misalnya, biasanya akan berubah rasa, bentuk, hingga warna, setelah dipotong-potong. Akibatnya, kita malah jadi enggan untuk memakannya.

Bagaimana agar buah yang kita potong-potong bisa selalu segar, sehingga kita bisa terus menikmatinya? Tip berikut ini bisa Anda ikuti.

Potonglah dalam air

Saat akan memotong buah, potonglah buah tersebut di dalam air. Anda bisa menyiapkan baskom atau semacamnya yang diisi air bersih, lalu potonglah buah di dalam air tersebut. Atau, Anda bisa memotong buah di bawah guyuran air keran yang mengalir. Proses itu akan membantu menghentikan oksidasi buah yang Anda potong.

Gunakan air jeruk

Cara lain agar buah yang kita potong-potong tidak berubah adalah dengan menaburkan air jeruk pada potongan buah tersebut. Tidak hanya air jeruk lemon, Anda juga bisa menggunakan sari atau air jeruk lain. Proses itu akan menghentikan reaksi enzim pada buah yang kita potong, sehingga bentuk dan warnanya tidak berubah. Namun, cara ini memiliki efek samping, yaitu rasa buah akan cenderung lebih asam.

Rendam dalam air jahe

Apel yang dipotong, kemudian diletakkan di tempat terbuka, biasanya akan berubah warna. Jika semula putih bersih, perlahan berubah menjadi cokelat. Untuk mengatasi hal semacam itu, Anda bisa merendam potongan apel atau buah lain ke dalam campuran air jahe dan soda dengan asam sitrus (ginger ale). Proses itu akan mencegah warna buah berubah cokelat.

Rendam dalam air garam

Cara lain yang lebih mudah untuk menjaga warna buah tidak berubah adalah dengan merendamnya dalam air garam. Caranya, siapkan semangkuk air, lalu tambahkan setengah sendok teh garam. Rendamlah potongan buah ke dalamnya, selama sekitar dua menit. Cara ini akan menjaga potongan apel atau pir tetap segar dan tak berubah warna.

Beri bubuk asam asorbik

Asam asorbik adalah bubuk vitamin C yang bisa didapatkan di berbagai toko makanan. Bubuk ini mudah larut dalam air. Anda juga bisa memanfaatkan asam asorbik untuk mengawetkan buah. Caranya, masukkan asam asorbik ke dalam semangkuk air, lalu rendamlah potongan buah ke dalamnya.

Rendam dalam madu

Jika di rumah Anda kebetulan ada madu, Anda juga bisa memanfaatkan madu untuk menjaga potongan buah tetap segar. Caranya, siapkan secangkir air, lalu masukkan dua sendok makan madu ke dalamnya. Rendamlah potongan buah selama 30 detik ke dalam larutan tersebut, lalu angkat. Cara ini akan membantu menjaga kecerahan potongan buah hingga sekitar 8 jam.

Baca juga: Fakta-fakta Menarik Seputar Buah-buahan