Memahami Pentingnya Serat Dalam Buah

Memahami Pentingnya Serat Dalam Buah

BIBLIOTIKA - Salah satu kandungan penting di dalam buah-buahan adalah keberadaan serat makanan (dietary fiber). Serat makanan adalah bagian dari makanan yang tidak bisa tercerna dan terserap untuk menghasilkan energi dalam tubuh. Meski begitu, serat memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh. Alasan kita perlu rutin mengonsumsi buah-buahan juga salah satunya karena serat di dalamnya.

Selain dari buah-buahan, serat juga bisa diperoleh dari sayuran. Tubuh kita rata-rata membutuhkan 25 sampai 40 gram serat per hari. Kebutuhan itu dapat diperoleh dengan mengonsumsi tiga porsi sayuran dan dua porsi buah-buahan.

Setiap buah dan sayuran memiliki kandungan serat yang berbeda. Semangka, misalnya, memiliki kandungan serat 0,3 gram per 100 gram, apel merah 2 gram, belimbing 0,9 gram, dan lain-lain. Sementara sayuran seperti wortel, kol, bayam, kangkung, dan lainnya, rata-rata memiliki kandungan serat sebanyak 1,2 gram per 100 gram.

Serat yang terkandung dalam sayur dan buah adalah serat yang larut dalam air (soluble fiber). Serat itu akan bercampur dengan air, dan membentuk jaringan yang pekat seperti agar-agar. Sedangkan serat yang tidak larut dalam air disebut insoluble fiber, yang juga bisa diperoleh dari gandum, sayur, buah, serta kacang-kacangan.

Serat yang tidak larut dalam air bersifat higroskopis, yaitu mampu menahan air 20 kali dari beratnya. Fungsi terpenting serat bagi tubuh adalah menjaga kesehatan pencernaan, mencegah kekurangan air pada tubuh, serta menghasilkan feses yang lunak, sehingga mudah dan lancar dikeluarkan.

Di luar sayur dan buah-buahan, serat juga bisa didapat dari suplemen, dan disebut serat instan, karena suplemen memang dibuat dari ekstrak tumbuh-tumbuhan yang kaya serat, semisal rumput laut. Meski begitu, para ahli kesehatan lebih menyarankan untuk memilih serat makanan yang alami, yaitu yang berasal dari buah-buahan atau sayuran.

Selain tidak mengandung bahan kimia, buah serta sayuran juga tidak sekadar mengandung serat, tapi juga mengandung vitamin dan mineral, serta komponen lain yang juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Baca juga: Banyak Makan Buah Membuat Anda Lebih Bahagia