Makanan dan Minuman yang Bisa Memicu dan Menyebabkan Diare

Makanan dan Minuman yang Bisa Memicu dan Menyebabkan Diare

BIBLIOTIKA - Diare bisa disebabkan karena masuk angin, akibat bakteri, atau makanan. Beberapa jenis makanan seperti makanan pedas bisa membuat orang mengalami diare. Kemudian, ada pula makanan-makanan yang dapat menyebabkan atau memicu diare, karena sifat pencahar yang dimilikinya. Karenanya, saat diare, ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi, agar diare yang terjadi tidak semakin parah.

Untuk mengatasi atau menghentikan diare, sangat disarankan untuk mengonsumsi larutan oralit dari campuran air hangat, gula, dan garam, untuk pertolongan pertama. Sedangkan berikut ini makanan-makanan yang sebaiknya dijauhi saat mengalami diare.

Jeruk nipis

Jeruk nipis memiliki kandungan serat yang dapat menambah gas di dalam perut. Kandungan tersebut dapat menjadikan lancarnya proses pencernaan dan buang air besar. Jika tubuh dalam keadaan sehat, mengonsumsi jeruk nipis tidak masalah. Namun, ketika sedang diare, sebaiknya hindari mengonsumsi jeruk nipis karena akan membuat Anda semakin sering buang air besar.

Kubis

Kubis atau kol memiliki zat sulfur dan serat, yang dapat menambah gas jika terdapat di dalam pencernaan, sehingga akan menyebabkan diare semakin berat.

Bawang putih

Bawang putih adalah jenis umbi yang dapat menambah gas di dalam perut. Gas itu dapat mengakibatkan diare jadi lebih sulit sembuh.

Kacang-kacangan

Pada kondisi tubuh sehat, mengonsumsi kacang-kacangan sangat baik, karena dapat melancarkan pencernaan. Namun, ketika sedang diare, kacang-kacangan harus dijauhi, karena akan memperparah diare.

Makanan pedas

Makanan yang pedas dan berminyak sebenarnya tidak cocok untuk proses pencernaan yang cepat dalam tubuh. Di dalam perut, makanan semacam itu akan membuat masalah pada pencernaan dan memproduksi gas. Karenanya, setiap makan pedas, Anda ingin segera buang air besar. Ketika sedang diare, makanan pedas mutlak harus dijauhi.

Susu dan kopi

Susu bisa menyehatkan. Tetapi susu juga bisa memperparah pencernaan yang sedang diare. Sementara kopi memiliki sifat melancarkan pencernaan dan dapat menjadikan Anda rutin buang air besar. Karenanya, ketika sedang diare, sebaiknya hindari minum susu atau kopi.

Buah leci

Bahkan bagi orang yang sehat, buah leci dapat membuat sakit perut dan diare. Karenanya, bagi penderita diare, sebaiknya jauhi buah satu ini.

Baca juga: Makanan dan Minuman yang Bisa Menyebabkan Gigi Kuning