Makanan-makanan yang Bisa Mengganggu Pencernaan

Makanan-makanan yang Bisa Mengganggu Pencernaan

BIBLIOTIKA - Masalah atau gangguan pencernaan banyak dialami orang, khususnya kaum wanita. Sembelit atau konstipasi, misalnya, adalah sedikit di antara banyak gangguan pencernaan yang bisa terjadi. Untuk melancarkan urusan pencernaan, Anda perlu mengonsumsi makanan yang berserat tinggi, semisal roti gandum, beras merah, buah, sayuran, atau kacang-kacangan.

Selain itu, Anda juga perlu memperbanyak konsumsi air atau cairan. Air putih sangat baik untuk kesehatan pencernaan, karena mendorong berjalannya limbah melalui sistem pencernaan, sekaligus melembutkan tinja. Serat bertindak seperti spons yang menyerap air. Tanpa bantuan cairan, serat tidak dapat melakukan tugasnya, dan Anda pun berpotensi mengalami sembelit.

Selain makanan yang mengandung serat, makanan dengan kandungan probiotik juga baik untuk pencernaan. Probiotik disebut bakteri baik, yang telah dikaitkan dengan segala macam manfaat kesehatan, termasuk membantu sindrom iritasi usus dan diare. Anda bisa memilih suplemen probiotik atau membiasakan mengonsumsi makanan kaya probiotik semisal yoghurt.

Kemudian, agar masalah pencernaan tidak sering terjadi, atau bahkan bisa dijauhi, Anda perlu menghindari makanan-makanan yang dapat mengganggu pencernaan. Berikut ini beberapa makanan yang bisa menimbulkan gangguan pada pencernaan Anda.

Makanan mengandung lemak

Makanan berlemak, seperti keripik, burger, dan makanan yang digoreng, lebih sulit dicerna dalam tubuh, dan dapat menyebabkan sakit perut serta mulas. Mengurangi konsumsi minyak dari makanan yang digoreng akan memudahkan beban kerja perut anda.

Makanan dengan rempah

Makanan pedas dianggap dapat memudahkan pencernaan, karena kadang orang mengalami sakit perut setelah makan pedas, sehingga mudah buang air besar. Namun, sebenarnya, makanan yang tinggi rempah-rempah, termasuk cabai, akan memicu mulas dan gangguan pencernaan. Artinya, sakit perut atau mulas yang terjadi setelah banyak makan pedas bukan berarti menyehatkan pencernaan, namun lebih merupakan tanda masalah pada pencernaan.

Selain cabai, makanan dengan banyak bawang merah dan bawang putih juga dapat menghambat pencernaan. Makanan dengan rempah-rempah lain seperti jahe, juga tidak perlu dikonsumsi sering-sering, karena dapat menimbulkan masalah pencernaan.

Makanan mangandung asam

Makanan asam seperti tomat, jeruk, dan minuman soda, dapat memicu mulas. Sedangkan bagi sebagian orang, kandungan yang terdapat dalam gandum dan bawang dapat menyebabkan sindrom iritasi usus besar, begitu pula dengan gula dalam susu jika Anda memiliki masalah dalam mencerna laktosa.

Minuman mengandung kafein

Minuman berkafein seperti kopi, kola, teh, dan beberapa minuman bersoda, meningkatkan asam dalam lambung sehingga menyebabkan mulas. Umumnya, minuman bersoda cenderung mengganggu kesehatan pencernaan, terutama rasa tidak nyaman pada perut dan menimbulkan mulas.

Sebaiknya, pilihlah minuman yang tidak bersoda dan tidak mengandung kafein, seperti teh herbal, susu, atau air putih. Jika Anda tidak bisa melepaskan konsumsi kopi, Anda dapat membatasi asupan untuk satu atau dua cangkir sehari.

Baca juga: Makanan dan Minuman yang Bisa Memicu dan Menyebabkan Diare