Banyak Makan Buah Membuat Anda Lebih Bahagia

Banyak Makan Buah Membuat Anda Lebih Bahagia

BIBLIOTIKA - Ini kabar bagus bagi para penggemar buah, juga bagi orang yang kebetulan belum menyukai buah. Ternyata, rajin mengonsumsi buah-buahan tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, namun juga menunjang kesehatan mental. Di antaranya adalah meningkatkan mood, sehingga Anda lebih mudah bahagia.

Kenyataan itu ditemukan oleh para peneliti di University of Otago, Selandia Baru, setelah melakukan studi pada sekelompok anak muda, selama 21 hari. Anak-anak muda yang menjadi responden penelitian itu sebagian diminta rutin mengonsumsi buah dan sayur setiap hari, sebagian yang lain tidak mengonsumsi secara rutin. Setiap pagi, mereka diminta menulis di buku harian mengenai pikiran dan perasaan mereka.

Hasil penelitian itu dijelaskan oleh Dr. Tamlin Conner, yang memimpin penelitian. Ia mengatakan, “Pada hari ketika mereka mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur, kebanyakan melaporkan bahwa mereka merasa lebih tenang, lebih bersemangat, dan lebih bahagia dibandingkan mood mereka di hari-hari biasa.”

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, rutin mengonsumsi buah dan sayuran dapat meningkatkan mood positif pada seseorang untuk keesokan harinya. Para peneliti menemukan bahwa konsumsi makanan sehat juga berdampak pada kebaikan mental.

Penelitian itu kemudian ditegaskan oleh penelitian lain yang dilakukan oleh para ahli di University of Warwick di Inggris. Dalam penelitian mereka, ditemukan bahwa anak-anak muda perlu mengonsumsi sekitar tujuh hingga delapan porsi buah serta sayur setiap hari, untuk mendapatkan mood yang lebih baik. Karenanya, salah satu cara agar terhindar dari stres adalah rutin mengonsumsi buah dan makanan yang baik.

Baca juga: Tips jika Mengonsumsi Buah di Pagi Hari