Mengapa Kita Tidak Boleh Mengonsumsi Air Laut?

Mengapa Kita Tidak Boleh Mengonsumsi Air Laut?

BIBLIOTIKA - Untuk bertahan hidup, manusia membutuhkan minum. Agar kualitas minuman yang dikonsumsi benar-benar baik untuk tubuh—dalam arti tidak mengganggu kesehatan—maka air minum itu harus terbuat dari air bersih. Manusia bisa bertahan hidup sampai setidaknya tiga hari tanpa makan. Tapi manusia sulit bertahan hidup dalam waktu yang sama tanpa minum.

Air bersih adalah salah satu jenis sumber daya berbasis air yang bermutu baik, dan biasa dimanfaatkan oleh manusia untuk dikonsumsi dalam aktivitas sehari-hari, termasuk di antaranya adalah sanitasi.

Untuk konsumsi air minum, menurut departemen kesehatan, syarat-syarat air minum adalah tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak mengandung logam berat.

Air bersih yang selama ini kita konsumsi sebenarnya berasal dari beberapa sumber, yaitu air hujan, air danau, dan air sungai. Dan jumlah air bersih itu hanya sekitar 2,7% dari total air yang ada di bumi.

Mungkin dari fakta tersebut banyak yang bertanya-tanya, kenapa kita tidak mengonsumsi air laut saja? Toh jumlahnya jauh lebih banyak. Jawabannya tidak boleh, karena air laut adalah air yang telah terkontaminasi dengan garam dan mineral lainnya, seperti merkuri atau arsen. Dan air laut adalah contoh air yang memiliki kandungan garam tinggi.

Selain itu, mengonsumsi air laut dapat menyebabkan penyakit gagal ginjal, kerusakan otak, dan dehidrasi. Sebenarnya, masalah utamanya adalah dehidrasi. Karena semakin kita minum air laut, yang ada malah kita semakin haus. Jadi karena hal-hal itulah air laut tidak dikonsumsi.

Terus, kenapa tidak dibuat alat yang mampu mengolah air laut menjadi air bersih? Alasanannya, sudah ada beberapa proyek yang mencoba untuk mengolah air laut menjadi air bersih, namun masih membutuhkan waktu beberapa tahun lagi agar air laut bisa dikonsumsi. Karena hal ini tentunya memerlukan trial error dan tes-tes lainnya, hingga proyek ini bisa dijalankan secara penuh.

Baca juga: Memahami Siklus dan Perjalanan Air di Bumi