Tips Memilih Gitar Yamaha Asli dan Berkualitas

Tips Memilih Gitar Yamaha Asli dan berkualitas

Gitar merupakan sebuah alat musik berdawai yang cara memainkannya dengan cara dipetik menggunakan jari atau menggunakan plektrum. Gitar terbentuk antara dua bagian yaitu bagian pokok dan bagian leher.

Biasanya gitar di bentuk dengan kayu yang diberi senar nilon. Gitar merupakan sebuah alat musik yang sudah terkenal di masyarakat. Melodi yang di hasilkan dari gitar bertujuan untuk mengiringi lagu dan memperindah lagu.

Karena keindahan melodi yang dihasilkan oleh gitar banyak masyarakat di seluruh dunia yang mencoba untuk memainkan alat musik ini. Selain mudah untuk di mainkan alat musik ini juga memiliki keindahan melodi tersendiri di bandingkan dengan alat musik lainnya.

Banyaknya merek gitar yang ada di pasaran sering kali membingungkan saat memilih gitar. Salah satu gitar yang paling populer adalah gitar Yamaha. Ada dua jenis gitar yang ada di pasaran yaitu gitar akustik dan gitar elektrik. Gitar akustik adalah gitar yang bagian badannya memiliki lubang.

Gitar ini sudah digunakan selama ribuan tahun. Ada tiga jenis gitar akustik modern yaitu gitar akustiksenar nilon, gitar archtop, dan gitar akustik senar baja. Sedangkan gitar elektrik adalah gitar yang bergantung pada penguat yang secara elektronik dapat memanipulasi bunyi gitar. Gitar ini biasanya digunakan untuk mengiringi instrumen seperti reggae, jazz, blues, country, metal, rock, dan berbagai jenis musik pop.

Seperti yang sudah di sampaikan di atas bahwa gitar yang paling populer adalah gitar Yamaha maka saat ini banyak produsen-produsen gitar yang meniru membuat gitar seperti gitar Yamaha. Anda bisa melihatnya di toko online atau di empat penjualan alat musik, harga jual gitar seperti gitar Yamaha, Gibson, Ibanez dan Finder.

Harga jual yang di berikan cukup terbilang aneh karena harga gitar yang biasa di jual dengan harga dua jutaan namun di jual dengan harga satu jutaan. Tentu Anda akan terheran-heran saat mengetahui harga gitar ini. Baca juga: Daftar Harga Gitar Listrik

Yang menjadi pertanyaan adalah apakah gitar yang di jual tersebut asli? Jawabannya adalah gitar tersebut asli namun tidak original. Bagaimana mungkin sebuah gitar original di jual dengan harga yang lebih murah di bandingkan dengan harga aslinya.

Karena banyaknya pemalsuan yang terjadi pada gitar Yamaha ini maka Anda pasti takut dan khawatir saat ingin membeli gitar ini.

Bagi Anda yang takut ditipu maka berikut ini akan dijelaskan beberapa tips untuk membedakan gitar Yamaha asli dengan gitar Yamaha yang palsu. Karena maraknya penipuan saat ini Anda perlu lebih waspada dan lebih teliti lagi.
  1. Carilah informasi mengenai model, tipe dan spesifikasi gitar Yamaha akustik yang ada di pasaran. Cari pula daftar harga yang biasanya di perjualbelikan untuk satu buah gitar Yamaha akustik. Anda bisa mengecek informasi tersebut di majalah musik, situs online atau toko online.
  2. Agar informasi yang Anda peroleh lebih valid sebaiknya Anda mencari informasi tersebut di situs resmi gitar Yamaha. Karena situs resmi ini biasanya sudah memberikan informasi yang sebenar-benarnya. Sehingga Anda tidak perlu khawatir informasi yang Anda peroleh salah.
  3. Jangan malas menabung, harga gitar Yamaha original terbilang cukup mahal. Kisaran harga untuk gitar ini bisa mencapai antara dua juta hingga lima juta rupiah tergantung model dan jenis yang Anda pilih. Untuk itu jika Anda di tawari gitar Yamaha dengan harga di bawah harga stAndar sebaiknya Anda perlu hati-hati karena bisa jadi gitar tersebut Andalah gitar Yamaha palsu. 
  4. Perlu Anda ketahui jika Anda memilih gitar Anda perlu hati-hati jika di lihat melalui foto atau video gambar yang terlihat antara gitar asli dengan gitar tiruan hampir tidak memiliki perbedaan. Untuk itu sebaiknya saat Anda membeli lihatlah secara langsung gitar Yamaha yang ingin Anda beli. 
  5. Biasanya gitar Yamaha original dari cara pengecatannya lebih berkualitas di bandingkan dengan gitar Yamaha tiruan. Pada gitar Yamaha asli proses pembuatannya melalui beberapa tahap yaitu quality control. Tahap ini adalah tahap yang penting karena gitar Yamaha yang memilki cacat tidak akan pernah di jual di pasaran. Untuk itu ini merupakan salah satu ciri yang bisa Anda pastikan saat memilih gitar asli atau gitar tiruan. 
  6. Periksalah bagian gitar, pada gitar Yamaha akustik original tertera serial number yang di buat oleh perusahaan Yamaha music. Jika gitar milik Anda tidak memiliki serial number pada bagian dalamnya sudah dipastikan bahwa gitar Anda bukanlah gitar Yamaha original. 
  7. Jika Anda sudah memiliki gitar Yamaha dan ingin memastikan apakah gitar Anda asli atau tiruan Anda bisa memeriksanya dengan mengecek suara yang di hasilkan dari gitar Anda. Jika itu adalah gitar Yamaha Anda akan mendapatkan feel yang berbeda saat Anda memainkannya. Jika tidak sudah dipastikan bahwa itu meupakan gitar tiruan. Karena dari seriap model yang dimiliki gitar Yamaha semuanya saat di mainkan akan ada feel yang berbeda. 
  8. Pastikan terdapat logo Yamaha pada gitar Anda, logo ini terletak di pre amp gitar Anda. Jika tidak ada logo Yamaha pada pre amp gitar Anda bisa di pastikan baha gitar tersebut merupakan gitar tiruan.
  9. Ini adalah cara yang terakhir, pastikan kelengkapan gitar yang Anda miliki. Jika gitar Yamaha asli sudah di pastikan di lengkapi dengan kunci L, dilengkapi pula dengan baterai bertuliskan not for retail sale. Sehingga jika gitar milik Anda baterainya tidak ada tulisan tersebut bisa jadi gitar yang Anda miliki bukanlah gitar Yamaha original. Karena semua model gitar Yamaha original baik yang APX 500 II maupun lainnya semuanya bertuliskan seperti itu pada baterainya. 

Berdasarkan kualitas dan kepopuleran yang dimiliki gitar Yamaha tak jarang banyak pihak yang tidak bertanggung jawab yang menyalah gunakan merek gitar Yamaha ini. Banyak produsen-produsen yang meniru produk ini. Mungkin Anda tidak dapat membedakan mana gitar Yamaha yang asli dengan gitar Yamaha yang tiruan karena keduanya hampir sama persis.

Untuk itu Anda perlu lebih teliti dan lebih jeli lagi saat memutuskan untuk membeli gitar ini. Jangan sampai Anda malah menjadi korban penipuan. Jangan tergiur dengan harga gitar yang murah, karena yang murah-murah biasanya merupakan barang tiruan. Lebih baik Anda mengeluarkan uang cukup banyak namun Anda mendapatkan barang yang asli dari pada Anda mendapatkan barang murah namun palsu.

Untuk itu saat Anda memilih produk gitar Yamaha Anda sebaiknya memperhatikan ulasan di atas, karena dari ulasan di atas dapat membantu Anda untuk membedakan manakah gitar Yamaha yang asli dan manakah gitar Yamaha yang tiruan. Selamat mencoba pastikan Anda mendapatkan kualitas. Semoga tips ini bermanfaat untuk Anda yang sedang bingung memilih dan membedakan gitar yang asli dan tiruan.