Benarkah Thomas Edison Penemu Lampu Pijar?

Benarkah Thomas Edison Penemu Lampu Pijar?

BIBLIOTIKA - Thomas Alva Edison adalah ilmuwan dan penemu hebat sepanjang zaman, yang telah menemukan banyak hal berguna bagi kehidupan manusia, khususnya dalam bidang teknologi. Satu yang paling terkenal, dan yang terus digunakan sampai hari ini oleh orang-orang di seluruh dunia, adalah lampu pijar. Karena kenyataan itu pula, Thomas Edison pun dikenal sebagai penemu lampu pijar.

Tapi benarkah Thomas Edison memang penemu lampu pijar?

Secara teknis, tentu saja, jawabannya tidak.

Ada banyak ilmuwan lain yang telah mengembangkan lampu pijar sebelum Edison, di antaranya Joseph Swan dari Inggris.

Penemuan adalah proses panjang yang saling sambung menyambung dari satu penemu ke penemu lain, dari satu ilmuwan ke ilmuwan lain. Terus berkembang untuk mencapai bentuk yang lebih optimal.

Joseph Swan dikenal sebagai perintis teknologi lampu pijar. Tapi lampu pijar Swan masih sangat mahal dan cepat terbakar. Sehingga banyak ilmuwan yang ingin mengembangkan lampu pijar ini.

Dan sebagaimana Tesla yang berhasil mengembangkan generator AC yang sangat efisien, Edison berhasil membuat lampu pijar yang sangat praktis, murah, awet, dan dapat diproduksi secara massal. Edison bersama timnya mencoba lebih dari 3.000 desain lampu pijar, sampai akhirnya menemukan komposisi yang tepat.

Dan banyak dari para peneliti yang mempelopori bola lampu sebelum Edison, seperti Joseph Swan, secara terbuka mengagumi solusi Edison untuk masalah teknik yang sangat sulit.

Baca juga: Benarkah Nikola Tesla Penemu Listrik?