Benarkah Nikola Tesla Penemu Listrik?

Benarkah Nikola Tesla Penemu Listrik?

BIBLIOTIKA - Nikola Tesla dikenal sebagai ilmuwan hebat di zamannya, juga di zaman kita sekarang. Ia bahkan disejajarkan dengan Thomas Alva Edison, sang penemu terbesar sepanjang masa. Terkait Nikola Tesla, penemuannya yang paling penting mungkin teknik listrik bolak-balik atau alternating current (AC). Karena hal itu pula, sebagian orang menganggap Nikola Tesla sebagai penemu listrik.

Tapi apakah benar Nikola Tesla penemu listrik?

Banyak orang mengira bahwa Tesla yang menemukan listrik (atau secara teknis listrik bolak-balik/alternating current), sehingga kita bisa menikmati listrik seperti sekarang ini.

Padahal, secara teknis, tentu saja tidak.

Listrik sudah ada jauh sebelum Tesla. Listrik AC juga sudah berkembang lama sebelum ada campur tangan Tesla.

Generator listrik AC pertama diperkenalkan oleh Hippolyte Pixxi pada tahun 1832, yang digerakkan dengan kayuhan tangan. Generator AC fase tunggal telah banyak digunakan di Eropa oleh banyak penemu pada awal 1880-an.

Setelah itu, para ilmuwan mulai mengembangkan generator AC dua fasa. Dan dilanjutkan dengan konsep generator AC polyphase yang lebih efisien. Ada banyak ilmuwan yang mengerjakan ide generator AC polyphase. Nikola Tesla salah satunya.

Hebatnya Tesla, ia berhasil membuat genator AC polyphase dengan bentuk yang kompak dan efisiensi tinggi. Inilah capaian hebat Tesla. Generator ini pula yang digunakan di air terjun Niagara.

Baca juga: Kisah Kegagalan dan Kesuksesan Thomas Edison