Makanan dan Minuman yang Bisa Menyebabkan Gigi Kuning

Makanan dan Minuman yang Bisa Menyebabkan Gigi Kuning

BIBLIOTIKA - Setiap orang menginginkan memiliki gigi yang putih cemerlang. Karenanya, aktivitas sikat gigi yang dilakukan secara teratur setiap hari tidak hanya bertujuan untuk menghilangkan sisa-sisa makanan, tapi juga untuk menjaga warna putih gigi agar tetap bersinar.

Sayangnya, gigi yang menguning atau berubah warna (tidak lagi putih bersih) kadang disebabkan oleh hal-hal tertentu yang tidak kita sadari. Akibatnya, meski kita telah berupaya rajin menggosok gigi, warna gigi kita masih cenderung menguning. Selain gaya hidup dan obat-obatan, makanan atau minuman yang biasa dikonsumsi seseorang juga ikut mempengaruhi warna giginya. Berikut ini beberapa makanan yang bisa membuat gigi berubah warna.

Tomat

Tomat memiliki kandungan warna alami pada buah, yang bisa meninggalkan noda pada gigi. Hal itu akan semakin berpengaruh pada gigi, jika tomat telah diolah menjadi saus tomat botolan. Kandungan zat pewarna tambahan di dalam saus tomat bisa memperparah bekas warna yang ditinggalkan pada gigi.

Selain saus tomat, saus sambal, kecap, dan kuah kare yang kental, juga menjadi penyebab noda pada gigi.

Minuman kesehatan dan minuman olahraga

Kandungan asam yang terdapat pada minuman olahraga dan minuman kesehatan juga bisa menyebabkan kerusakan enamel gigi. Hasilnya, noda akibat minuman itu akan tertinggal di gigi. Sebagai solusi, sebaiknya pilihlah air putih sebagai pengganti minuman kesehatan ataupun minuman olahraga.

Jus buah

Sebenarnya, buah bermanfaat bagi tubuh. Namun, kandungan asam pada jus buah yang terlalu tinggi dan terlalu banyak bisa merusak gigi. Jika dikonsumsi terus-menerus dalam jumlah banyak, kandungan asam dalam jus buah juga dapat merusak enamel gigi, dan membuat gigi berlubang.

Wine

Wine yang tak sengaja tumpah di taplak meja biasanya bekasnya sulit dihilangkan. Karenanya tidak heran jika wine, terutama red wine, juga dapat meninggalkan noda pada gigi. Kandungan asam, tanin, dan chromogen pada wine yang menyebabkan noda pada gigi. Selain anggur merah, anggur putih juga bisa membuat gigi berubah warna.

Antibiotik

Terlalu sering mengonsumsi obat-obatan, terutama antibiotik, juga bisa menyebabkan gigi menjadi kuning. Antibiotik yang mengandung tetracycline menjadi faktor penyebab gigi menjadi kuning, terutama pada anak-anak.

Konsumsi antibiotik yang mengandung tetracycline selama masa pertumbuhan gigi (mulai awal kehamilan sampai anak usia 8 tahun) juga bisa membuat gigi anak mengalami perubahan warna yang bersifat permanen.

Baca juga: Makanan-makanan Penyebab Bau Badan Tak Sedap