Makanan-makanan Penyebab Bau Badan Tak Sedap

Makanan-makanan Penyebab Bau Badan Tak Sedap

BIBLIOTIKA - Tubuh kita senantiasa mengeluarkan keringat, khususnya saat panas atau ketika bekerja dan beraktivitas. Keringat yang muncul itu kemudian bercampur dengan bakteri, dan lahirlah bau tidak sedap. Karena itulah, kita pun selalu rajin membersihkan tubuh, termasuk mandi setiap hari, menggunakan deodoran dan parfum, yang kesemuanya ditujukan untuk menghilangkan bau tak sedap pada tubuh.

Yang mungkin masih jarang diperhatikan orang adalah keberadaan makanan-makanan yang dapat menyebabkan munculnya bau tak sedap. Akibatnya, meski kita telah mati-matian merawat kebersihan tubuh, tetap saja bau badan tidak enak masih muncul akibat makanan yang kita konsumsi. Berikut ini beberapa makanan yang bisa menyebabkan bau badan tidak sedap, yang perlu diwaspadai.

Makanan pedas

Makanan pedas bisa mengundang selera, khususnya bagi penyuka masakan pedas. Namun, mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan menyebabkan banyaknya asupan sulfur dalam tubuh.

Surfur itu kemudian akan dikeluarkan melalui kulit berupa keringat dan napas. Sulfur menjadikan keringat berbau tidak sedap. Apalagi jika makanan pedas itu mengandung bawang putih, bawang merah, atau bumbu kare.

Daging merah

Ketika kita mengonsumsi daging merah, tubuh kita akan membutuhkan usaha keras untuk dapat memperosesnya dalam sistem pencernaan. Hal itu akan menyebabkan produksi keringat berlebihan. Hasilnya tentu saja keringat yang berbau tidak sedap.

Junk food

Terlalu banyak mengonsumsi junk food tidak hanya buruk bagi kesehatan, tapi juga bagi penampilan. Junk food mengandung lemak jenuh yang menyebabkan produksi keringat berlebihan. Selain itu, bahan-bahan yang terdapat dalam junk food juga menyebabkan keringat yang keluar berbau tak sedap.

Alkohol

Alkohol, cokelat, soda, teh, dan kopi, termasuk beberapa makanan dan minuman yang bisa memunculkan bau badan. Namun, mengonsumsi alkohol secara berlebihan akan membuat tubuh mengeluarkan bau tak sedap.

Makanan rendah karbohidrat

Bagi yang menjalankan diet rendah karbohidrat perlu memperhatikan hal ini. Makanan yang tidak mengandung karbohidrat, atau rendah karbohidrat, dapat menyebabkan produksi keringat berlebihan. Rendahnya karbohidrat juga menyebabkan produksi zat kimia bernama ketone dalam darah, dan zat itulah yang menyebabkan bau tak sedap.

Produk susu

Produk susu yang tinggi protein akan membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras. Selain itu, mengonsumsi produk susu secara berlebihan bisa membuat tubuh melepaskan hidrogen sulfida dan methyl mercaptan yang bisa memicu bau tak sedap.

Tembakau

Tembakau memang bukan makanan, namun termasuk salah satu hal penyebab bau badan tak sedap. Orang yang tidak merokok biasanya sangat hafal bau tembakau yang muncul pada tubuh seorang perokok. Tembakau adalah bahan baku rokok. Asap rokok yang bercampur dengan kelenjar keringat pada tubuh akan memicu munculnya bau tak sedap.

Orang non-perokok biasanya menyebut aroma itu sebagai “bau perokok”. Tidak hanya pada tubuh si perokok, bau khas itu bahkan sering kali melekat pada tempat lain, seperti ruang kerja atau kamar, yang biasa digunakan oleh si perokok.

Baca juga: Makanan dan Minuman Penyebab Susah Tidur