Makanan dan Minuman Penyebab Susah Tidur

Makanan dan Minuman Penyebab Susah Tidur

BIBLIOTIKA - Susah tidur tidak hanya disebabkan oleh insomnia, stres, atau semacamnya, tapi bisa pula disebabkan pengaruh makanan yang kita konsumsi. Kopi, misalnya, bisa menyebabkan susah tidur. Kandungan kafein membuat tubuh kita terjaga. Kafein dapat menstimulasi pergerakan saraf, sehingga menimbulkan peningkatan energi ekstra. Karenanya, meminum kopi menjelang tidur akan membuat kita sulit tidur.

Selain kafein dalam kopi, ada beragam makanan lain yang juga sebaiknya dihindari saat akan tidur, karena bisa membuat Anda susah tidur. Berikut ini di antaranya.

Alkohol

Berbeda dengan kafein yang membuat terjaga, alkohol memang bisa membuat Anda mudah tidur. Namun, konsumsi alkohol menjadikan Anda dapat terganggu saat tidur, dan menyebabkan terbangun di antara jam tidur. Akibatnya, tidur Anda menjadi tidak berkualitas. Selain itu, alkohol juga menimbulkan efek samping seperti ketagihan yang akan membuat kesehatan Anda terganggu.

Cokelat hitam

Cokelat hitam adalah makanan yang baik, namun mengandung senyawa teobromin, feniletilamin, dan anadamin, yang dapat memacu jantung berdenyut lebih kencang, sehingga perlu dihindari sebelum tidur.

Makanan berlemak tinggi

Mengonsumsi makanan berlemak tinggi membuat pencernaan bekerja sangat keras sebelum tidur. Jika memaksakan diri untuk tidur setelah mengonsumsi makanan jenis ini, akan terjadi peningkatan risiko heartburn, yaitu asam lambung yang naik kembali ke kerongkongan.

Daging merah

Sama seperti makanan berlemak tinggi, daging merah juga menyebabkan pencernaan bekerja ekstra. Jika butuh asupan protein, sebaiknya ganti dengan sumber protein lain yang lebih mudah dicerna seperti yoghurt. Sekadar catatan, daging merah mengandung zat besi dan tryptophan yang sebenarnya bisa membuat mengantuk. Namun, karena faktor tadi, sebaiknya konsumsi daging merah dalam jumlah wajar pada malam hari.

Makanan manis

Cake cokelat, cookies, dan makanan manis lainnya, akan meningkatkan gula darah sehingga tubuh menjadi lebih berenergi. Hasilnya, alih-alih menjadi ngantuk dan mudah tidur, Anda justru merasa mata lebih terbuka.

Makanan pedas

Mengonsumsi makanan pedas mungkin tidak terlalu bermasalah kalau siang hari, saat Anda masih jauh dari jam tidur. Namun, sebaiknya hindari makanan pedas pada malam hari. Makanan pedas dapat membuat panas perut, sehingga membuat Anda terjaga.

Es krim

Es krim dapat meningkatkan kadar gula darah yang merangsang otak untuk tetap terjaga. Kadar gula dalam es krim akan membuat tubuh Anda penuh energi. Selain itu, jika tidak segera digunakan, gula darah tersebut akan disimpan oleh tubuh dalam bentuk lemak. Yang juga perlu diingat, mengonsumsi terlalu banyak gula sebelum tidur dapat menyebabkan mimpi buruk.

Sayuran

Sayur-sayuran berdaun hijau adalah makanan yang sehat dan baik untuk tubuh. Namun lebih baik mengonsumsi sayur-sayuran pada siang hari. Sayuran semacam seledri atau lainnya bersifat diuretik, yang merangsang tubuh untuk buang air. Jika Anda harus bolak-balik ke toilet untuk buang air kecil, tentu tidur jadi terganggu.

Oat

Oat mengandung senyawa melatonin yang sebenarnya baik untuk tidur, namun serat larut yang tinggi dalam oat memiliki efek yang berlawanan. Akibatnya, mengonsumsi oat pada malam hari juga bisa menjadikan Anda susah tidur.

Pasta

Pasta adalah makanan yang kaya karbohidrat. Jika Anda mengonsumsinya sebelum tidur, pasta akan berubah menjadi lemak. Selain itu, kebanyakan pasta memiliki tingkat glikemik tinggi, yang bisa mempengaruhi gula darah, membuat Anda susah tidur, atau bahkan terbangun ketika malam.

Pizza

Pada waktu tidur, seluruh tubuh kita seharusnya beristirahat. Namun, jika Anda mengonsumsi pizza sebelum tidur, maka perut akan bekerja keras mencerna makanan tersebut.

Permen

Salah satu hal yang membuat tidur tidak nyaman adalah mimpi buruk. Jika Anda tidak mau bermimpi buruk dalam tidur, sebaiknya hindari makan permen sebelum tidur. Penelitian menunjukkan bahwa 7 dari 10 orang yang makan permen sebelum tidur lebih mudah mengalami mimpi buruk. Hal itu dipengaruhi oleh kadar gula dalam permen yang dapat memicu gelombang mimpi buruk pada otak.

Sereal

Sereal mengandung banyak gula dan karbohidrat, yang dapat menambah kadar gula dalam darah jika dikonsumsi saat akan tidur. Jika Anda menginginkan sereal sebelum tidur, ada baiknya memilih sereal sehat dengan gandum utuh dan kadar gula yang rendah.

Bawang putih

Bawang putih menyebabkan napas berbau kurang sedap. Jika Anda tidur bersama pasangan, sebaiknya hindari konsumsi bawang putih sebelum tidur, karena bisa membuat tidak nyaman. Selain itu, bawang putih juga dikenal sebagai tanaman herba pedas yang dapat menyebabkan mulas.

Baca juga: Makanan dan Minuman yang Dapat Merusak Mood