Makanan-makanan Enak Tapi Mengandung Lemak Trans

Makanan-makanan Enak Tapi Mengandung Lemak Trans

BIBLIOTIKA - Makanan sehat akan membantu tubuh tetap sehat. Susahnya, kadang kita kesulitan membedakan “makanan sehat” dengan “makanan enak”. Di sekeliling kita, terdapat banyak makanan enak, namun ternyata tidak sehat, karena mengandung lemak trans yang tidak baik untuk tubuh kita.

Lemak trans adalah lemak berbahaya yang terkandung dalam makanan tertentu. Saat masuk ke dalam tubuh, lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam darah, meningkatkan risiko peradangan pada tubuh, serta menurunkan jumlah kolesterol baik dalam tubuh kita.

Karenanya, lemak trans berpotensi besar membahayakan kesehatan jantung. Menghindari berbagai makanan yang mengandung lemak trans bukan hanya akan menyehatkan tubuh, tapi juga dapat menyelamatkan jiwa secara lebih dini.

Berikut ini beberapa makanan yang tampak enak, namun berpotensi mengandung lemak trans.

Makanan yang digoreng

Banyak orang menyukai gorongan, karena kenyataannya memang enak. Sayangnya, makanan-makanan yang digoreng berpotensi mengandung lemak trans. Jika Anda kebetulan juga penyuka gorengan, sebaiknya membuat makanan gorengan sendiri.

Ketika menggoreng, usahakan untuk tidak menggunakan minyak goreng yang sama berkali-kali. Karena penggunaan minyak goreng yang sama berkali-kali untuk menggoreng makanan akan mengakibatkan terbentuknya lemak trans.

Es krim

Sama seperti gorengan yang menggoda banyak orang, es krim juga sama menggodanya. Kelezatan es krim sering menjadikan orang tertarik untuk menikmatinya. Namun, sayangnya, es krim ternyata mengandung lemak trans mencapai 0,5 gram per porsinya. Karenanya, jika Anda kebetulan penyuka es krim, sebaiknya batasi konsumsinya.

Makanan berbahan pokok daging sapi

Daging sapi memiliki sejumlah kandungan lemak trans di dalamnya. Karenanya, membatasi konsumsi daging sapi atau berbagai makanan yang berbahan dasar daging sapi akan menghindarkan bahaya lemak trans yang masuk ke tubuh Anda.
 
Makanan panggang yang dibekukan

Ada cukup banyak makanan yang melalui proses pemanggangan, yang kemudian dibekukan agar lebih tahan lama. Makanan semacam itu juga memiliki kandungan lemak trans yang berbahaya bagi tubuh Anda. 

Aneka biskuit

Beberapa jenis makanan yang berbentuk biskuit diketahui mengandung sejumlah lemak trans di dalamnya. Meski begitu, tidak semua produk makanan biskuit mengandung lemak trans. Karenanya, sebelum mengonsumsinya, bacalah dengan cermat label pada kemasannya.

Popcorn dalam kemasan

Popcorn dibuat dari jagung. Sebagai makanan berbahan dasar jagung, tentunya menyehatkan bagi tubuh Anda. Namun, sayangnya, popcorn yang telah tersaji dalam bentuk kemasan ternyata juga mengandung sejumlah lemak trans yang tidak baik untuk kesehatan.

Margarin dan mentega

Margarin dan mentega sering dijadikan sebagai bahan pelezat masakan. Sayangnya, dua jenis makanan itu—margarin dan mentega—telah diketahui mengandung sejumlah lemak trans. Karenanya, jika memang ingin menggunakannya, sebaiknya batasi dalam jumlah sedikit. Meski tentu akan lebih baik jika Anda menghindarinya sama sekali, demi menjaga kesehatan.

Baca juga: Makanan-makanan yang Bisa Menyebabkan Bau Mulut