Elon Musk, di Antara Thomas Edison dan Nikola Tesla

Elon Musk, di Antara Thomas Edison dan Nikola Tesla

BIBLIOTIKA - Elon Musk adalah sosok mengagumkan di abad ke-21. Selain usianya yang masih relatif muda, dia mampu menghasilkan penemuan-penemuan yang mengagumkan, mencakup otomotif sampai penjelajahan antariksa. Dia juga masuk dalam daftar 100 orang terkaya di dunia.

Menyaksikan sosok Elon Musk saat ini, dunia kembali mengenang sosok hebat di zaman sebelumnya, yaitu Thomas Alva Edison dan Nikola Tesla. Apalagi, Elon Musk juga menggunakan nama Tesla sebagai nama mobil ciptaannya. Apakah Elon Musk memang mengidolakan Nikola Tesla?

Elon Musk adalah salah satu teknopreneur terhebat di zaman ini. Ia dikenal karena dalam waktu bersamaan membangun berbagai industri revolusioner di dunia: SpaceX, Hyperloop, Tesla, Solar City, dan lainnya.

Siapa yang ia idolakan, Thomas Alva Edison atau Nikola Tesla? Ternyata Elon Musk lebih mengidolakan Edison daripada Tesla.

“But on balance, I’m a bigger fan of Edison than Tesla because Edison brought his stuff to market and made those inventions accessible to the world, whereas Tesla didn’t really do that.”

“Aku lebih mengidolakan Edison daripada Tesla, karena Edison dapat mengolah temuannya untuk dapat dijual di pasar, dan membuat penemuan tersebut dapat diakses oleh dunia, sementar Tesla tidak melakukan itu.”

Musk melanjutkan,

“As far as role models, I think there’s obviously somebody, the obvious role models. I think Edison was certainly a role model probably one of the biggest role models.”

“Menurutku Edison adalah role model (panutan) terbesar.”

Dengan semua kehebatannya, Elon Musk pun disebut-sebut sebagai Edison di abad 21. Bukan hal yang sulit untuk melihat persamaan antara keduanya. Terutama dalam hal bagaimana Musk atau Edison mengorganisir timnya untuk dapat menghasilkan banyak penemuan dan gebrakan baru.

Tapi lebih dari itu, Elon Musk pun menghormati Tesla, dan menggunakan namanya untuk mobil listrik yang ia kembangkan. Dan… karakter Elon Musk mewakili kehebatan dari masing-masing Edison dan Tesla.

Elon Musk adalah seorang pemimpin, penemu, pebisnis andal macam Edison. Dia juga sering larut dalam proses engineering dan punya visi kuat untuk kemanusiaan, macam Tesla.

Baca juga: Benarkah Nikola Tesla Mempercayai Bumi Datar?